Cara Menghitamkan Rambut dengan Kemiri

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Setiap wanita pada umumnya sangat mendambakan rambut panjang, lebat dan hitam berkilau. Tetapi beberapa dari Anda mungkin memilih untuk mewarnai rambut. Padahal pewarnaan yang keliru bisa merusak kilau rambut hitam anda.

Sebenarnya da cara instan dan cepat menghitamkan rambut, yaitu dengan menggunakan pewarna rambut warna hitam. Tetapi hal ini tentu berdampak tidak baik bagi kesehatan rambut. Jika salah atau tidak cocok, rambut anda akan semakin rusak dengan gejala rambut bercabang, kusam, patah, dan kering.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Kemiri

Selain itu, masih banyak sekali cara untuk menghitamkan rambut baik dengan menggunakan shampo yang dijual di pasaran, dengan cara melakukan perawatan di salon kecantikan dan lain sebagainya. Akan tetapi semua itu tentunya harus mengeluarkan uang yang cukup mahal.

Nah, ada cara alami yang lebih murah dan tentunya juga sehat untuk menghitamkan rambut, yaitu dengan menggunakan kemiri. Kemiri yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur sudah sejak lama dikenal sebagai bahan untuk menghitamkan dan menebalkan rambut.

Dalam sebutir kemiri terkandung gliserida, palmitat, asam linoleat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zat lemak. Selain itu kemiri juga mengandung mineral seperti magnesium dan fosfor yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut. Manfaat yang cukup dikenal oleh masyarakat dari buah kemiri adalah memperkuat dan menyuburkan rambut.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Kemiri

Untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut, Anda bisa menyiapkan tujuh biji kemiri ditumbuk halus lalu ditambah air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak.

Selanjutnya minyak tersebut digosokkan pada kulit kepala, tiga kali untuk seminggu. Bisa juga Anda melakukannya dengan ramuan 10 gram kemiri, dua lembar daun pandan wangi, enam lembar daun mangko, enam lembar daun urang aring, 50 cc minyak wijen, dua kuntum bunga mawar, 50 cc minyak kelapa, 14 kuntum bunga melati lalu direbus dengan 2.000 cc air hingga tersisa 1.000 cc.

Selanjutnya rebusan disaring dan kemudian oleskan pada kulit kepala setelah dingin sambil dipijat-pijat. Lakukan setiap dua kali dalam sehari.

Biji Kemiri Untuk Perawatan Rambut

Ada juga cara lainnya Anda siapkan beberapa butir kemiri yang kondisinya bagus kemudian tumbuk sampai halus. Lalu Goreng tumbukan kemiri tersebut tanpa menggunakan minyak yaitu cara disangrai.

Selanjutnya aduk secara konstan hingga mengeluarkan minyak. Kemudian siapkan wadah untuk menampung minyak tersebut dan setelah itu oleskan minyak kemiri tersebut pada bagian kuit rambut secara merata sambil dilakukan pijatan. Terakhir, diamkan sejenak kurang lebih sekitar 20 menit dan bilas dengan menggunakan air hangat.

Adapun cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan kemiri tersebut yaitu dengan cara, menumbuk 400 gram kemiri kemudian rebus bersama segelas air. Lalu saring untuk memisahkan ampas dengan airnya. Kemudian  airnya dingin dan menjadi kental. Terakhir usapkan pada rambut anda secara rutin setiap hari ketika Anda hendak mandi.

Dan cara untuk mengatasi rambut rontok, sediakan 60 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, 40gram daun mangkokan, dan 40 gram daun waru muda dihaluskan. Selanjutnya tambahkan 50 cc minyak kemiri hangat. Kemudian aduk, lalu dioleskan pada kulit rambut hingga merata, dan yang terakhir diamkan beberapa saat lalu bilas rambut hingga bersih.

***

Bagaimana, sangat mudah bukan? Itulah beberapa obat atau ramuan alami minyak kemiri yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut dan juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Cara Menghitamkan Rambut dengan Kemiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *