Bagaimana Cara Membuat Kapur Sirih

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kapur sirih selain digunakan untuk beragam resep juga bisa digunakan untuk berbagai tujuan dalam termasuk perawatan kulit.

Kapur sirih bukanlah kapur yang dicampur dengan sirih seperti anggapan dari segelintir orang. Kapur sirih adalah bahan yang menyerupai kapur yang digunakan oleh orang-orang zaman dulu untuk makan sirih.

Bagaimana Cara Membuat Kapur Sirih

Lalu bagaimana cara membuat kapur sirih yang sebenarnya? Kapur sirih  terbuat dari batuan karang yang dibakar membentuk abu berwarna putih. Abu berwarna putih inilah yang bisa kita temukan ditoko-toko.

Pembuatan kapur sirih cukup rumit, karena alasan itulah informasi mengenai bagaimana cara membuat kapur sirih sulit untuk didapatkan. Untuk mengetahui proses pembuatannya kita harus menemui pembuat kapur sirih secara langsung.

Namun, pada intinya pembuatan kapur sirih ini melibatkan pembakaran bahan baku, perendaman dan penyaringan. Pembuat kapur sirih umumnya bisa kita temui di daerah pesisir pantai, sebab bahan bakunya juga banyak ditemukan di daerah pantai.

Manfaat Kapur Sirih Untuk Kulit

Lalu bagaimana cara membuat kapur sirih bermanfaat untuk perawatan kulit? Kapur sirih memiliki banyak sekali manfaat untuk merawat kecantikan kulit.

Manfaat yang bisa kita ambil dari penggunaan kapur sirih adalah untuk mencerahkan kulit pada siku, lutut maupun ketiak yang menghitam. Caranya yaitu dengan mencampur 1 sendok makan kapur sirih dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon, kemudian usapkan air campuran kapur sirih dan jeruk nipis ini pada daerah lutut, siku atau ketiak.

Selain mencerahkan ketiak, cara ini juga bisa membantu masalah bau badan. Namun, sebelum mengaplikasikannya, pastikan bahwa pada daerah yang akan diusapkan air campuran ini tidak sedang terluka atau iritasi, sebab jika tidak tentunya air ini bisa membuat kulit anda tersa pedih.

Selain itu kita juga bisa memanfaatkan kapur sirih untuk menghilangkan kutil dan mengatasi kapalan. Untuk menghilangkan kutil dengan kapur kapur sirih, kita cukup menempelkan kapur sirih dengan menggunakan plester. Kemudian biarkan semalaman, lakukan berulang hingga kutil hilang.

Lalu bagaimana cara membuat kapur sirih bisa menghilangkan kapalan? Caranya adalah dengan mencampur kapur sirih dengan sedikit sabun colek. Campuran tersebut kemudian ditempelkan pada bagian yang kapalan. Campuran ini akan melunakkan kulit yang kapalan sehingga bisa digosok. Namun hati-hati ketika menggosok, jangan terlalu keras karena bisa menimbulkan iritasi.

Tips selanjutnya adalah menggunakan kapur sirih untuk mengobati encok. Caranya sangat mudah, kita cukup menghaluskan daun singkong dan kapur sirih. Kemudian gunakan hasil tumbukan untuk mengolesi bagian yang terasa sakit.

Kapur Sirih Untuk Memasak

Kapur sirih juga biasa dimanfaatkan untuk memasak, karenanya kapur sirih juga disebut kapur makan. Kapur sirih bisa digunakan untuk membersihkan jeroan sapi sebelum diolah menjadi masakan, selain itu juga bisa membuat gorengan menjadi renyah dan warnanya lebih menarik.

Dalam pembuatan kue pun kapur sirih biasa digunakan, hal ini dimaksudkan untuk membuat lebih cepat kalis dan tidak lengket di tangan. Biasanya yang digunakan untuk keperluan memasak adalah air kapur sirih. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara membuat kapur sirih bisa digunakan untuk memasak:

  1. Siapkan kapur sirih dan air bersih dengan perbandingan 1:2, misalnya jika kapur sirihnya 100 gram maka airnya 200 gram.
  2. Campurkan kedua bahan dalam mangkuk atau gelas transparan, aduk sampai rata.
  3. Diamkan selama satu malam. Keseokan harinya anda akan melihat bahwa kapur sirih mengendap sempurna didasar wadah dan lapisan atasnya adalah air yang bening.
  4. Ambil lapisan atas yang bening.

Air bening di permukaan inilah yang digunakan untuk memasak dan kita sebut dengan nama air kapur sirih. Saat mengambil air kapur sirih yang bening di lapisan atas, lakukanlah dengan sangat hati-hati.

Jangan sampai kapur sirih yang sudah mengendap ikut naik kepermukaan. Sebab jika endapan kapur sirih ikut terbawa dan kemudian anda gunakan air tersebut untuk memasak, maka masakan anda akan terasa agak pahit.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Bagaimana Cara Membuat Kapur Sirih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *