Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah Anda malas untuk makan atau tidak memiliki nafsu makan? Hal ini banyak dialami oleh orang – orang karena berbagai faktor baik faktor fisik maupun psikologis.

Seseorang yang sedang sakit atau mengalami masalah kesehatan terkait dengan pencernaannya biasanya memiliki nafsu makan yang kurang. Dari faktor psikologis, seseorang yang sedih, stress, atau sedang depresi biasanya juga malas untuk makan.

Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Nafsu makan yang rendah tentu tidak boleh dibiarkan jika berlangsung lama karena tubuh memerlukan asupan makanan untuk berkembang dan menyediakan energi untuk beraktivitas. Apalagi semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh juga masuk melalui makanan yang dikonsumsi sehari – hari.

Jika nafsu makan Anda saat ini sedang menurun, berikut ini beberapa cara menambah nafsu makan yang dapat dicoba:

Mengkonsumsi Buah Pepaya

Buah dan daun pepaya sudah sejak lama digunakan untuk menambah nafsu makan. Anda dapat mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang secara teratur.

Jika dibandingkan dengan buahnya, daun pepaya sebenarnya jauh lebih ampuh untuk menambah nafsu makan. Daun tersebut dapat diolah menjadi berbagai masakan dan dipadukan dengan bahan lainnya. Hal ini dapat menjadi salah satu alternatif jika Anda tidak suka daun pepaya.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menumbuk daun pepaya mentah kemudian diberi air dan diperas airnya. Saring daun pepaya tersebut dan minum airnya.

Manfaat daun pepaya sendiri mampu untuk menyegarkan tubuh, menambah nafsu makan, dan membasmi cacing  yang ada di dalam pencernaan. Cacing – cacing inilah yang sebenarnya menyebabkan tubuh menjadi kurus.

Mengkonsumsi Pisang Ambon

Selain bergizi, pisang ambon ternyata juga efektif untuk membantu menambah nafsu makan. Cara menambah nafsu makan dengan pisang ambon, sisir pisang ambon menggunakan sendok.

Setelah itu letakkan sendok tersebut pada mangkok dan tambahkan madu sekitar 2 sendok. Aduk sampai rata dan makan pisang tersebut.

Lakukan cara ini setiap hari. Dalam waktu satu bulan tentu sudah akan terlihat hasilnya. Agar hasilnya bisa terlihat lebih cepat, sebaiknya hal ini juga diimbangi dengan minum susu putih full cream menjelang tidur di malam hari.

Sering Tertawa

Cobalah cari sesuatu yang dapat membuat Anda tertawa. Tertawa dapat mempengaruhi tingkat nafsu makan seseorang. Saat tertawa tubuh menjadi lebih rileks dan bebas dari rasa stress yang mengganggu pikiran.

Saat sedang stress, orang tentu enggan untuk makan karena terlanjur hanyut dalam suasana hati yang kurang bersahabat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin sebaiknya menghindari stress agar nafsu makan Anda tidak terganggu.

Mengkonsumsi Buah Jeruk

Jeruk mengandung banyak vitamin C. Buah dengan rasa asam dan manis ini telah terbukti mampu membantu meningkatkan nafsu makan dan dapat menjaga daya tahan tubuh. Jadi jika Anda saat ini sedang ingin menambah nafsu makan, Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk segar secara teratur.

Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan karena olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Olahraga sudah terbukti mampu meningkatkan detak jantung dan dapat membakar kalori. Pada saat kalori di dalam tubuh terbakar, nafsu makan secara alami akan meningkat.

Oleh sebab itu, jika Anda saat ini sedang ingin memperbaiki nafsu makan maka sebaiknya Anda berolahraga secara teratur. Untuk menambah nafsu makan dengan cara berolahraga, Anda tidak harus melakukan kegiatan olahraga yang berat. Bahkan berlari – lari kecil atau jogging secara rutin di pagi hari pun sudah mampu membantu memperbaiki nafsu makan Anda.

Selamat mencoba!

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Cara Menambah Nafsu Makan Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *