4 Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan

Loading...

Khasiat dan Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan dan Kesehatan

DOKTERCANTIK.COM – Sejak zaman dahulu, kunyit sudah digunakan untuk keperluan sehari-hari, misalnya untuk perawatan kecantikan atau diminum sebagai jamu.

Bahkan, saat ini berbagai produk kesehatan sudah banyak bermunculan dengan bentuk yang lebih modern, seperti kapsul, serbuk, tablet, minuman dan lain sebagainya.

Sebelum mengetahui khasiat kunyit yang banyak tersebut, ada baiknya untuk mengetahui klasifikasi dan kandungan yang terdapat pada kunyit.

Kunyit termasuk kedalam kelompok jahe-jahean atau Zingiberanceae. Kunyit terbagi ke dalam empat jenis, yaitu kunyit putih, kunyit merah, kunyit kuning dan kunyit hitam.

Kunyit memiliki kandungan senyawa yang berkhasiat sebagai obat atau biasa disebut dengan kurkuminoid. Kurkuminoid itu sendiri terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, minyak asiri (volatil oil), lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin dan garam-garam mineral seperti zat besi, fosfor dan kalsium.

Begitu kayanya kunyit dengan berbagai kandungan di atas membuatnya memiliki khasiat dan manfaat yang tidak sedikit, terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Diantara khasiat dan manfaat kunyit untuk kecantikan dan kesehatan adalah antara lain:

Menghilangkan Jerawat

Kunyit memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan, diantaranya ialah untuk menghilangkan jerawat. Selain membantu untuk menghilangkan jerawat, menggunakan masker wajah berbahan kunyit dapat memberikan cahaya kemudaan.

Biasanya, masker berbahan kunyit biasa digunakan oleh para pengantin sehari sebelum hari pernikahan mereka. Selain dapat mencerahkan warna kulit, masker kunyit juga berkhasiat untuk mengurangi noda pada wajah yang tidak sedap untuk dipandang.

Cara membuat masker tersebut ialah dengan cara menambahkan 2 sendok makan tepung dan 1 sendok makan susu organik yang hangat. Kemudian tambahkan 2 tetes minyak zaitun dan sejumput kunyit.

Setelah itu, blender semua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Pasta tersebut nantinya dioleskan pada wajah dan dibiarkan selama 20 menit. Sebaiknya masker digunakan sebelum mandi.

Mencegah Keriput

Selain dapat menghilangkan jerawat dan mencerahkan wajah, kunyit juga berkhasiat untuk mencegah keriput. Caranya dengan menambahkan sedikit kunyit pada dua sendok makan mentega kemudian pasta tersebut bisa diaplikasikan pada mata selama 20 menit.

Setelah itu bilas menggunakan air dingin. Krim tersebut bisa diaplikasikan seminggu dua kali. Hasilnya, selain dapat menghilangkan kerutan terutama di bagian sekitar mata, lingkaran hitam di bawah mata juga akan hilang.

Mengatasi Kulit Kering dan Berminyak

Masih untuk wajah, kunyit juga berkhasiat untuk mengatasi kulit kering dan berminyak.

  • Untuk kulit kering, gunakan satu putih telur, dua tetes minyak zaitun, jus lemon, air mawar dan tambahkan sedikit kunyit kemudian aduk rata. Setelah teraduk hingga merata, aplikasikan pada bagian pada tubuh yang kering, seperti wajah, leher, lutut atau siku. Setelah kering, bilas dengan air hangat.
  • Adapun untuk kulit yang berminyak, campurkan dua sendok makan bubuk kayu cendana, sejumput kunyit, dua sendo makan susu, dan dua tetes jus lemon. Kemudian aplikasikan pada wajah hingga kering. Setelah kering, bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Menghaluskan Tumit

Selain dapat mengatasi kulit kering dan berminyak, kunyit juga bermanfaat untuk menghaluskan tumit. Caranya sangat mudah.

Cukup oleskan campuran 3 tetes minyak kelapa dan 3 sendok makan kunyit. Selain menghaluskan tumit, campuran tersebut juga akan membantu dalan mencegah infeksi jamur pada jari-jari kaki.

Nah, itu dia beberapa fungsi dan manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *