Tips dan Cara Menguatkan Akar Rambut

Loading...

Tips dan Cara Menguatkan Akar Rambut

DOKTERCANTIK.COM – Banyak kaum hawa yang mengalami kesulitan memanjangkan rambutnya, karena semakin panjang rambut seseorang maka semakin banyak pula kerontokan yang dialami.

Rambut rontok memang hal yang wajar, tapi bila jumlahnya sudah lebih dari sepuluh helai, dan setiap menyisir baik dengan sisir ataupun jari jemari rambut selalu tersisa rambut yang rontok, maka kerontokan bisa menjadi sebuah masalah serius yang perlu segera diatasi.

Jangan anggap sepele rambut rontok. Rambut rontok bisa jadi gejala awal kebotakan pada kulit kepala. Kebotakan karena rambut yang rontok dari akar rambut akan sulit untuk disembuhkan, malah pada kasus-kasus tertentu kebotokan ini sama sekali tidak dapat diperbaiki dan menjadi kebotakan permanen. Kerontokan paling awal disebabkan oleh akar rambut.

Akar rambut yang rapuh tidak akan mampu menahan beban rambut yang terlalu berat, belum lagi bila disisir sama dengan ditarik. Cara terbaik mengurangi kerontokan adalah dengan mencari cara menguatkan akar rambut.

Sebenarnya cara menguatkan akar rambut dapat saja diperoleh secara alami, yaitu dengan menggunakan aneka bahan-bahan alami yang terdapat di sekitar kita. Apa saja bahan-bahan alami itu? Ayo simak pembahasannya berikut ini.

Alpukat

Buah hijau yang satu ini sangat baik untuk menguatkan akar rambut. Kandungan lemak nabati yang terdapat didalamnya dapat dijadikan masker untuk dijadikan bahan creambath alami.

Pilih buah alpukat yang sudah matang, ambil setengah kepala buah alpukat dan hancurkan hingga halus. Jangan menambahkan air sewaktu menghaluskannya.

Bilas rambut dengan air hangat agar pori-pori rambut terbuka, dan balurkan halusan buah alpukat ke seluruh kepala hingga semua bagian rambut terbalur sempurna. Bungkus rambut dengan handuk hangat selama lima belas menit, dan bilas hingga bersih.

Teh

Cara menguatkan akar rambut paling mudah adalah dengan menggunakan teh. Teh yang dibutuhkan untuk perawatan akar rambut bukanlah teh kantung, sebaiknya daun teh yang langsung diseduh.

Seduhlah daun teh sedikit kental dan biarkan selama satu malam untuk mengembun dan membasi. Di pagi hari, air teh basi tersebut kemudian digunakan untuk membilas rambut dan kulit kepala sambil melakukan pijatan yang melingkar. Pijatan membantu pengaliran darah kulit kepala agar lebih lancar. Gunakan air teh basi setiap hari di pagi hari.

Kelapa

Sari kelapa yaitu santan ternyata sangat bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan menghilangkan ketombe di kulit kepala. Jenis kelapa paling baik untuk dijadikan penyubur akar rambut adalah kelapa hijau yang memiliki banyak santan kental.

Parutlah daging buah kelapa yang sudah tua, kemudian parut dan ambil santannya untuk dimasak dan dijadikan minyak. Minyak kelapa murni sangat sulit untuk didapatkan, bilapun ada harganya cukup mahal. Dengan cara pemanasan sendiri seperti ini, minyak kelapa murni lebih mudah didapatkan.

Gunakan minyak kelapa murni untuk diurut ke kulit kepala dari pangkal hingga ujung rambut untuk memberi nutrisi pada rambut yang kering dan bercabang. Biarkan selama beberapa kurang lebih satu jam, setiap hari sebelum mandi dan mencuci rambut.

Urang Aring

Bagi anda yang dulu sering dipaksakan menggunakan urang aring oleh sang ibu pasti telah mengenal khasiat dari daun yang satu ini. Manfaat urang aring selain untuk menghitamkan rambut ternyata sangat bermanfaat untuk menguatkan akar rambut.

Penggunaan urang aring alami sangatlah baik untuk rambut yang sedang mengalami kerontokan. Ambil urang-aring secukup panjang rambut kemudian tumbuk hingga halus. Setelah ditumbuk, saring dengan air sebanyak dua gelas dan peras. Biarkan larutan urang aring mengendap semalaman, kemudian gunakan air untuk membasahi kepala hingga merata sambil dipijat melingkar.

****

Demikianlah beberapa cara dan bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menguatkan akar rambut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *