Makanan Terbaik Untuk Mengeringkan Luka Jahit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Semua orang tidak menghendaki dirinya mengalami luka, baik luka ringan maupun luka berat. Pada luka yang cukup berat, biasanya diperlukan jahitan untuk mempercepat proses penyembuhan maupun mencegah terjadinya luka parut.

Hanya saja, luka bekas jahitan kadangkala sangat sulit kering dan pada beberapa kasus malah mengalami infeksi sehingga menyebabkan luka semakin parah.

Untuk menghidari hal tersebut, maka luka jahitan diusahakan selalu dalam kondisi kering. Agar luka cepat kering tentu diperlukan nutrisi yang seimbang dan dengan tetap menjaga kebersihan luka.

Makanan terbaik untuk mengeringkan luka jahit pada anggota tubuh kita adalah makanan yang mengandung antioksidan tinggi karena antioksidan bersifat mengurangi peradangan dan merangsang regenerasi kulit.

Selain itu, mengonsumsi berbagai makanan yang kaya gizi dapat mempercepat proses pemulihan luka. Beberapa ahli berpendapat bahwa makanan yang banyak mengandung lemak atau berminyak juga sangat membantu memperbaiki penampilan kulit kita dari bekas luka setelah penyembuhan.

Beberapa makanan untuk mengeringkan luka jahit yang direkomendasikan oleh dokter bedah biasanya makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Beberapa diantaranya adalah makanan yang:

Kaya Vitamin C

Vitamin C sangat penting dalam mempercepat penyembuhan luka. Vitamin C hampir terdapat pada semua buah-buahan dan sayuran.

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti blueberry, stroberi dan melon, semangka, pepaya, nanas, mangga dan dari segala jenis buah jeruk sementara sayuaran yang kaya akan vitamin C banyak bersumber dari kentang putih, brokoli, kubis dan kembang kol. Untuk sayuran adalah yang berdaun seperti kangkung dan bayam.

Mengandung Beta Karoten

Beta karoten merupakan komponen vitamin A sebagai antioksidan yang dikenal untuk membantu mempercepat mengeringkan luka jahitan sekaligus mempercepat penyembuhan. Beta karoten berfungsi sebagai zat anti-inflamasi yang baik. Beta karoten ini banyak bersumber dari sayuran wortel, paprika merah, labu, tomat dan kentang manis.

Kaya Vitamin E

Mnegkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E alamiah (Alpha tokoferol) akan membantu dalam menyembuhkan luka maupun bekas luka. Vitamin E juga sebagai antioksidan dapat ditemukan dalam tanaman sereal seperti gandum, barley, gandum dan beras merah.

Beberapa minyak nabati ang merupakan sumber lain vitamin E seperti kanola, gandum, kapas, zaitun, kacang, biji bunga matahari dan minyak lainnya yang dapat cair pada suhu kamar mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam penyembuhan luka.

Makanan Berkalori Tinggi

Makanan berkalori tinggi sangat penting di konsumsi setelah menjalani operasi ataupun yang sedang dalam proses penyembuhan luka ringan. Hal ini disebabkan karena tubuh sangat memerlukan kalori untuk mendukung proses pemulihan.

Mengkonsumsi cukup kalori dan mineral lainnya akan mencegah atau mengurangi risiko infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalori seperti nasi, jagung, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Cukup Protein

Asam amino dari protein yang terlibat langsung dalam penyembuhan luka dan regenerasi jaringan kulit sehingga sangat baik untuk mengeringkan luka jahitan kita. Beberapa sumber protein terbaik berasal dari keluarga unggas, ikan, seafood, telur, susu rendah lemak, produk kedelai dan kacang-kacangan.

***

Makanan terbaik untuk mengeringkan luka jahit sebenarnya harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Mengkonsumsi banyak vitamin, protein, karbohidrat, lemak dan beberapa unsur mineral lainnya tentu akan mempercepat kesembuhan luka, baik luka karena pasca bedah operasi maupun luka ringan lainnya.

Loading...

10 Komentar Pembaca untuk “Makanan Terbaik Untuk Mengeringkan Luka Jahit

  1. Sya mo tny dok,sya bru 3 hri kecelakaan mtor.bgian lutut sya robek pas kulit patela.sya di jahit 4.hri prtma hbs di jahit sya msh bs jln pelan2,tp knp pas hari 3,sya buat brdiri aj skt..tuh knp y dok??

    View Comment
  2. dok, kaki saya kan baru saja menjadi korban tabrakan dan itu patah serta ruka robek yang sangat lebar dan dalam. jadi mungkin kata mama saya ada sekita 20jaitan di bawah betis saya, akan tetapi karna tulang saya patah jadinya dia harus di gip dan otomatis udara di sekitar luka berkurang, dan seminggu ini baru saja dibuka untuk pengeringan tetapi jika dijumlahkan ada 1 bulan dan luka belom kering sama sekali (Hanya luka lecet saja yg udah kering) jadi obat yg cepat untuk pengeringan luka apa ya dok? trimakasih

    View Comment
  3. Dokter,anak saya kn jidat(dahi) nya di jahit kurleb 7 jahitan,gimana ya dokter biar jahitan cepat kering & tidak meninggal kan bekas jahitan yg kentara,gimana ya ?Mohon di balas ya dokter.terima kasih….

    View Comment
  4. Maf dok maunany inihkan istri saya mengalami kecelakan di sepedah motor kaki kiri atas istri saya lukanny para udah di jahit 9 jahitan supaya cepat sembuh dan lukany cepat kering gimna ea dok ,dan makana yang baik dikonsumsi apa ea dok ,makasih sebelumny dok,

    View Comment
  5. Oug ya dok.. saya habis kecelakaan jatuh đr sepeda motor.. kaki kanan bagian atas mata kaki dijahit…. knp sudah satu minggu ini masih bengkak….kalau buat jalan masih terasa sakit….
    mohon share nya dok.. biar cepat sembuh.. bisa lekas masuk kerja lagi

    View Comment
  6. maaf sebelumya ini saya mau tanya pada dokter atau suster saya habis oprasi hernia trus jaitanya gak kering2 malah keluar nanah dan cairan putihya
    cara pengobatanya gmna ya dokter ??
    soalya saya juga udah habis uang banyak untuk penyakit ini mohon di balas pak dokter . bu suster .. ????

    View Comment
  7. TOLONG UNTUK PARAMEDIS DOKTER SUSTER SAYA IRFAN B.C. INGIN SEKALI CEPAT LEKAS SEMBUH DARI LUKA JAHIT DI BIBIR SAYA KARENA JATUH DARI KECELAKAAN BERMOTOR TOLONG BALAS PESAN SAYA INI IYA DOK SUS TERIMA KASIH SALAM SEHAT DARI SAYA.

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *