Obat Alami Untuk Mengobati Bisulan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bisul merupakan salah satu peradangan di bawah kulit yang bisa terjadi akibat adanya kuman atau bakteri yang masuk ke dalam jaringan kulit.

Bisul merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh yang bereaksi atas masuknya benda asing seperti kuman, bakteri, parasit dan lain sebagainya.

Bisul biasanya mengandung cairan seperti nanah, yang dimana nanah itu sendiri merupakan jaringan-jaringan kulit mati. Bisul tidak akan berbahaya selama tidak timbul pada bagian organ vital.

Walaupun tidak berbahaya, bisul ini menimbulkan rasa nyeri yang berlebihan apabila tertekan atau bahkan tersentuh.

Walaupun bukan termasuk salah satu penyakit mematikan, namun hadirnya bisul di bagian tertentu dari tubuh tentu saja dapat mengganggu seluruh aktivitas anda. Hal tersebut terjadi lantaran bisul ini memberikan efek rasa sakit yang berlebih bila disentuh.

Berikut ini adalah cara mengobati bisulan dengan bahan-bahan alami yang bisa Anda lakukan:

Daun Ubi Jalar

Daun ubi jalar bisa kita manfaatkan untuk mengobati bisul. Caranya ambillah beberapa lembar daun ubi jalar, lalu dekatkan dengan api hingga menjadi layu dan jangan sampai daunnya terbakar. Setelah daun tersebut layu, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul lalu perban untuk menutup daerah tersebut.

Parutan Mentimun

Anda juga bisa menanfaatkan mentimun untuk mengobati bisul ini. Caranya ambil satu buah mentimun segar dan biji buah pala. Kemudian kedua bahan tersebut diparut lalu campurkan kedalam satu wadah.

Setelah itu parutan mentimun dan biji pala tersebut dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dipanggang hingga terasa hangat. Kemudian letakan ramuan tersebut selagi hangat pada bagian yang bisul lalu dibungkus dengan menggunakan kain perban. Ganti perban dan ganti ramuannya 2 kali sehari.

Bawang putih

Bawang putih ini dikenal memiliki sifat antibiotik yang sangat baik yang dapat dijadiakan obat herbal alami yang luar biasa untuk mengatasi bekas luka kecil atau bahkan bisulan.

Tetapi Anda harus mengetahui bahwa sifat antibiotik pada bawang putih ini hanya bisa digunakan apabila Anda menkonsumsinya dalam bentuk segar. Caranya, ambil satu siung bawang putih, lalau tumbuk hingga halus, dan tempelkan pada daerah yang terkena bisul.

Daun Kangkung

Daun kangkung juga ternyta bisa kita manfaatkan untuk mengobati bisullan. Caranya, ambil sekitar 10 hingga 20 lembar daun kangkung kemudan cuci hingga bersihlalu ditumbuk hingga halus.

Setelah halus berikan sedikit air garam. Kemudian balurkan ramuan tersebut pada kulit yang terkena bisul lalu ditutup dengan menggunakan kain perban. Ganti perban dan ramuannya dua kali sehari.

Daun Sirih

Daun sirih ini biasa digunakan sebagai obat untuk mengobati keputihan. Namun ternyata daun sirih ini juga bermanfaat untuk dijadikan obat bisul secara tradisional.

Caranya menggunakannya, ambil sekitar 7 lembar daun sirih, kemudian dicuci hingga bersih lalu ditumbuk hingga halus, kemudian tempelkan tumbukan daun sirih tersebut pada sekitar bisul dan balut menggunakan perban.

Kentang

Kentang ini sering sekali digunakan untuk melakukan perawatan kecantikan bagi banyak kaum wanita. Seperti halnya dengan membuat sebuah masker kentang yang memiliki khasiat untuk memutihkan wajah. Kentang ini selain bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit, kentang juga bisa kita gunakan untuk mengobati bisul.

Caranya hanya dengan menempelkan parutan kentang diatas bisul tersebut lalu diamkan hingga mengering. Setelah kering ganti dengan yang baru dan lakukanlah secara rutin, maka bisul pun akan menghilang.

***

Demikianlah beberapa cara mengobati bisulan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *