Khasiat Kenanga Untuk Atasi Sesak Nafas

Loading...

Sesak Nafas Pada Wanita

DOKTERCANTIK.COM – Sesak nafas adalah satu jenis penyakit yang menyerang pernafasan. Bagi kamu yang menderita penyakit ini pasti cukup menderita bila penyakit tersebut kambuh.

Seseorang yang mengalami penyakit sesak nafas harus segera ditangani dan diberi pengobatan dengan cepat dan tepat. Jika terlambat, maka nyawalah taruhannya.

Salah satu solusi untuk mengobati penyakit sesak nafas adalah dengan menggunakan tanaman-tanaman herbal yang berada di sekitar kamu. Salah satunya adalah tanaman bunga kenanga. Simak ulasan berikut ini jika kamu ingin mengetahui khasiat dari bunga tersebut.

Tanaman bunga Kenanga memiliki bahasa latin Cananga Odorata. Bunga kenanga adalah salah satu tanaman perdu yang memiliki bunga yang harum aromanya. Di dalam masyarakat asli Indonesia, tanaman tersebut bisa dibilang adalah tanaman yang paling popular.

Rata-rata, pohon Kenanga memiliki tinggi hingga mencapai 12 meter. Bahkan, meskipun ukuran batangnya tidak terlalu besar, batang dari pohon tanaman ini memiliki kayu yang cukup keras.

Bunga Kenanga dapat digunakan untuk mengobati sesak nafas

Agar bisa tumbuh dengan baik, sebaiknya tanaman tersebut ditanam didaerah yang memiliki tanah yang subur dan air yang cukup. Misalnya saja di hutan. Tanamank kenanga bisa tumbuh di daerah-daerah yang seperti itu. Bahkan, bisa memiliki ketinggaian hingga 1200 meter di atas permukaan air laut.

Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal bunga dari tanaman Kenanga dibandingkan dengan tanaman atau pohonnya, Dalam dunia pengobatan, bunga kenanga juga bisa digunakan sebagai pengobatan, khususnya pengobatan dalam dunia herbal.

Bunga ini memiliki berbagai macam senyawa aktif yang berguna seperti flavonoid, saponin, polifenol, minyak atsiri, eugenol, dan geraniol.

Dengan berbagai macam senyawa aktif di dalamnya, bunga tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan segala jenis penyakit seperti pusing, demam, mual, nyeri sendi, sesak nafas, hingga bahkan dapat digunakan sebagai pengusir serangga.

Mengatasi Sesak Nafas dengan Kenanga

Bagaimana cara mengobati penyakit sesak nafas dengan menggunakan tanaman bunga kenanga? Nah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, kamu harus menyiapkan bunga kenangan yang masih segar sebanyak segenggam tangan kemudian cuci hingga bersih. Setelah dicuci hingga bersih, kamu harus merebusnya dalam satu gelas air panas (250 cc) hingga mendidih, setelah mendidih, tunggu hingga air rebusan tersebut berkurnag hingga setengahnya.
  • Setelah berkurang hingga setengahnya, matikan api tersebut dan tunggu hingga air rebusan tersebut menjadi agak dingin. Setelah agak dingin, kamu bisa meminum air rebusan tersebut dengan menyaring ampasnya terlebih dahulu.
  • Apabila air rebusan dirasa terlalu pahit, kamu bisa mengurangi rasa pahit tersebut dengan menambahkan madu ataupun gula, baik gula putih maupun gula jawa. Agar proses penyembuhan berjalan secara optimal, kamu disarankan untuk meminumnya setiap pagi dan sore secara rutin.

Cukup mudah, bukan?

Bunga kenanga yang dijadikan bahan obat sebaiknya adalah bunga kenanga yang masih segar. Dalam proses penyembuhannya, usahakan untuk tidak terlambat meminum ramuan bunga kenanga ini setiap pagi dan sore hari.

Demikianlah tips dan cara mengobati sesak nafas dengan memanfaatkan bunga kenanga. Semoga bermanfaat dan semoga penyakit sesak nafas yang Anda derita lekas sembuh.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *