Tips dan Cara Alami Mengobati Alergi Pada Udang

Loading...

Tips dan Cara Alami Mengobati Alergi Pada Udang

DOKTERCANTIK.COM – Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalah tubuh seseorang dimana tubuhnya menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umunya antigenic atau yang bersangkutan dengan sesuatu yang sifatnya apotik.

Intinya, tubuh seseorang akan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap lingkungan atau benda-benda yang dianggap asing atau berbahaya. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut dinamakan allergen. Alergi disebabkan oleh produksi antibody berjenis IgE.

Alergi bisa disebabkan oleh salah satu makanan yang berasal dari laut, yaitu udang. Biasanya alergi disebabkan oleh ebi atau udang kecil. Biasanya, setelah makan ebi alergi tersebut akan muncul berupa rasa gatal, ruam-ruam pada kulit dan bintik-bintik merah.

Selain itu, gejala-gejala lainnya juga misalnya batuk, jantung berdebar-debar dan sesak nafas. Bagaimana cara mengobati alergi pada udang? Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar alergi tersebut bisa terobati. Berikut pemaparannya.

Gunakan Jeruk Nipis atau Lemon

Cara yang pertama bisa menggunakan jeruk nipis. Semua jenis alergi bisa diobati dengan menggunakan jeruk nipis, termasuk alergi udang. Ruam-ruam pada kulit bisa berkurang dengan mengonsumsi jeruk nipis.

Caranya dengan meminum segelas air hangat yang dicampur dengan air jeruk nipis. Jika tidak ada jeruk nipis, Anda bisa menggunakan lemon. Minuman ini sebaiknya dikonsumsi ketika gejala-gejala alergi seperti gatal-gatal muncul.

Gunakan Madu

Jika keduanya juga tidak bisa Anda dapatkan, maka Anda bisa menggunakan madu. Caranya pun sama. Cukup meminum segelas air hangat yang dicampur dengan madu sebanyak satu sendok.

Madu dapat meringankan gatal karena mengandung beberapa jenis vitamin. Minuman ini juga sebaiknya dikonsumsi ketika gejala-gejala gatal sudah terasa.

Gunakan Biji Jarak

Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan biji jarak. Biji jarak dipercaya sebagai obat terbaik untuk alergi. Caranyapun sama dengan yang sebelumnya yaitu dengan dilarutkan menggunakan air hangat. Meskipun sudah sembuh, sebaiknya larutan ini tetap diminum.

Gunakan Jahe

Secangkir jahe hangat juga bisa menyebabkan alergi karena udang atau makanan laut lainnya. Ruam-ruam merah dan gatal-gatal bisa berkurang dengan meminum jahe hangat.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin E

Cara yang terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E. makanan yang mengandung vitamin E dapat membantu menyingkirkan dan mencegah berbagai macam jenis alergi yang disebabkan oleh makanan.

Vitamin E bisa didapat dari kacang tanah, pistachio dan acar zaitun. Konsumsi juga jus sayuran seperti wortel yang dicampur dengan mentimun untuk membantu menyembuhkan alergi. Selain wortel dan mentimun, Anda bisa memilih bayam yang dijus dengan akar bit.

Nah, jadi meskipun udang adalah makanan yang lezat dan kaya nutrisi tapi jika Anda mengidap alergi terhadap udang tentu Anda harus bisa menahan diri untuk tidak mengkonsumsinya.

Semoga bermanfaat. Silahkan share artikel ini jika Anda rasa bermanfaat untuk teman-teman Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *