Cara Mengobati Kolesterol Tinggi Secara Alami

Loading...

Kolesterol Tinggi Sangat Rentan Menyebabkan Penyakit Jantung

DOKTERCANTIK.COM – Kolesterol tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius tapi sering dianggap remeh oleh banyak orang.

Banyak dampak serta pengaruh kolesterol tinggi yang berakibat fatal bagi tubuh. Bahkan kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti, stroke dan serangan jantung.

Masalah kesehatan tersebut bisa diobati dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, bahkan kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok bisa mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh.

Oleh sebab itu sangat penting untuk mengendalikan kadar kolesterol. Berikut ini adalah ulasan singkat yang berisi cara megobati kolesterol tinggi secara alami yang bisa Anda lakukan secara rutin setiap hari.

Mengobati kolesterol dengan kubis

Kubis atau yang biasa juga disebut kol yaitu jenis sayuran yang mengandung air, lemak, serat, protein, karbohidrat, kalsium, tinamide, fosfor, dan betakaroten. Selain itu kubis juga mempunyai kandungan senyawa Ciano Hidroksi Butena (CHB), iberin dan sulforafan yang merangsang pembentukan glutation.

Cukup dengan menyiapkan 1 buah kubis yang dicuci sampai bersih, kemudian bilas dengan air matang. Potong-potong lalu dijus. Selanjutnya minum sampai habis lakukan cara ini setiap hari.

Mengobati kolesterol tinggi dengan belimbing manis

Kandungan serat tinggi yang terkandung dalam belimbing dapat mencegah penyerapan lemak, sekaligus dapat mengobati kolesterol tinggi. Sementara kandungan vitamin Cyang terkandung dalam belimbing baik untuk antikanker.

Caranya adalah dengan menyiapkan 2 buah belimbing manis ukuran besar. Buah belimbing dimakan setelah makan pagi dan makan malam, masing-masing 2 buah.

Mengobati kolesterol tinggi dengan bawang putih

Bawang putih mengandung bahan aktif S-Allyl cysteine serta komponen Thioallyl yang memiliki khasiat hipolipidemik dan antitrombotik.

Studi di Munich University Jerman mengungkapkan bahwa menambahkan bawang putih ke dalam menu diet akan menurunkan kolesterol sekitar 10% dalam empat bulan. Mengkonsumsi bawang putih segar sering jadi masalah bagi sebagian orang karena rasanya yang tidak enak serta aromanya yang menyengat.

Bahan: 1 hingga 2 siung bawang putih. Cara pemanfaatannya adalah bawang putih diiris tipis kemudian dibuat menjadi bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

Mengobati kolesterol tinggi dengan alpukat

Dalam buah alpukat dapat ditemukan kandungan asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan mengobati kolesterol tinggi.

Bahan: 1 buah alpukat matang. Cara pemanfaatan: buah alpukat dimakan langsung tanpa campuran apapun. Lakukan secara rutin setiap hari.

Menurunkan berat badan berlebih

Salah satu cara lain untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu dengan menurunkan berat badan. Obesitas merupakan salah satu alasan di balik tingginya kolesterol dalam tubuh.

Berhenti merokok

Bila Anda menderita tekanan darah atau memiliki kadar kolesterol tinggi, berhenti merokok merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi kolesterol tinggi dalam darah. Merokok bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Rajin berolahraga

Olahraga setiap hari bisa mengurangi kolesterol tinggi dan tekanan darah. Ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga jantung tetap sehat dan mengobati kolesterol tinggi.

Check up rutin

Check up secara rutin adalah salah satu cara untuk mengobati kolesterol tinggi dalam tubuh. Check up rutin bisa memberi Anda gambaran tentang berapa rata-rata kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

Makan makanan rendah kalori

Ada beberapa makanan yang dipercayai ampuh untukmengobati kolesterol tinggi dalam darah. Misalnya, beras merah, ikan sarden, pistachio, gandum, apel dan sebagainya.

Minum teh hijau

Minum teh hijau adalah salah satu cara alami untuk mengobati kadar kolesterol tinggi dalam darah. Teh hijau bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh serta menyeimbangkan kadar kolesterol yang tinggi.

***

Demikian beberapa cara mengobati kolesterol tinggi secara alami yang bisa Anda aplikasikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda. Salam sehat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *