Faktor Penyebab Payudara Kendur

Loading...

Faktor Penyebab Payudara Kendur

DOKTERCANTIK.COM – Payudara adalah salah satu bagian tubuh seorang wanita yang menjadi daya tarik dan kebanggaan bagi kaum wanita, apalagi jika payudara terlihat kencang dan indah.

Namun tidak sedikit dari kaum wanita yang memiliki masalah pada payudaranya, seperti payudara kendur atau tidak kencang, tidak berisi dan lain sebagainya.

Payudara kendur dapat menjadikan banyak wanita menjadi kehilangan rasa percaya dirinya. Penyebab payudara kendur biasanya banyak terjadi pada wanita yang telah menikah atau berumah tangga.

Ttidak menutup kemungkinan juga masalah payudara kendur terjadi pada wanita yang belum menikah. Karena banyak faktor penyebab payudara menjadi kendur dan tidak menarik. Berikut dibahas mengenai penyebab-penyebabnya.

Usia

Seiring dengan berjalannya waktu, payudara seorang wanita memang tidak akan kencang dan padat untuk selamanya.

Seiring dengan bertambahnya usia seorang wanita, payudara semakin lama akan semakin kendur apalagi jika wanita sudah menyusui dan mengalami menopause. Maka pada usia muda rawatlah payudara Anda dengan sebaik mungkin agar kekencangannya tetap terjaga.

Pemakaian Bra

Pemakaian bra merupakan salah satu penyebab payudara seorang wanita menjadi kendur dan tidak kencang. Masalah pemakaian bra kadang dianggap seeale bagi sebagian orang.

Bra pada wanita

Padahal perlu Anda ketahui bahwa pemakaian bra yang sembarangan dapat menyebabkan payudara kendur dan tidak kencang. Untuk itu, pilihlah bra yang benar-benar nyaman dan pas untuk menjaga payudara Anda.

Masalah Berat Badan

Masalah berat badan juga merupakan salah satu penyebab payudara kendur dan tidak kencang. Karena, saat berat badan bertambah dapat membuat ligament tubuh berada tidak pada tempatnya.

Akibatnya jaringan payudara juga akan berpindah yang mengakibatkan payudara menjadi kendur dan tidak kencang lagi. Dan disaat berat badan turun maka payudara juga akan berubah menjadi kecil karena berkurangnya lemak.

Setelah Melahirkan dan Menyusui

Wanita melahirkan dan menyusui merupakan penyebab utama dari terjadinya payudara kendur dan tidak kencang lagi. Hal ini memang proses secara alami, tapi ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi payudara kendur setelah menyusui tentu saja dengan perawatan payudara secara rutin.

Menyusui adalah Salah Satu Faktor Penyebab Kendurnya Payudara

Penyakit Tertentu

Payudara akan menjadi kendur dan tidak kencang lagi apabila mengidap penyakit seperti kanker payudara. Wanita yang terserang penyakit kanker payudara biasanya akan membuat payudara berubah menjadi kecil sehingga menjadi kehilangan kekencangan dan kekenyalannya.

Gravitasi

Seorang insinyur pesawat terbang kelahiran Newport, Texas, Amerika Serikat, Ir. N.O. Brantly menyatakan, seperti pesawat terbang, tubuh manusia juga terkena hukum gravitasi.

Bagian tubuh itu terutama yang menonjol dan tidak disangga, misalnya oleh otot atau tulang. Tonjolan yang dimaksud adalah payudara. Pendapat tersebut dibenarkan Dr. Melissa S. Luwia, MHA, dari Yayasan Kanker Indonesia.

Karena menonjol dan tidak punya otot, payudara sangat terpengaruh gaya gravitasi. Itu sebabnya, menggantungnya (suspensi) organ ini mesti disangga oleh alat tertentu. Alat itu biasa kita sebut bra, kutang, penyangga payudara, atau BH (breast holder).

Bra berfungsi menyangga payudara dari pengaruh medan gravitasi

Nah, untuk kembali mengencangkan payudara dan mengatasi payudara yang kendur, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Mulai melakukan perawatan payudara sejak usia muda secara teratur. Pilihlah bra yang pas dengan ukuran payudara sehingga tidak kebesaran ataupun kekecilan.
  2. Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung protein nabati sehingga baik untuk menjaga kesehatan payudara dan mengencangkan payudara.
  3. Rajin melakukan olahraga secara teratur untuk mengencangkan payudara dan menjaga payudara tetap padat dan berisi.

Demikianlah pembahasan seputar faktor penyebab payudara mengendur dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Faktor Penyebab Payudara Kendur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *