Ciri-Ciri Makanan Mengandung Nitrosamine

Loading...

Daging Bakar yang Tidak Sempurna Rentan Mengandung Nitrosamine

DOKTERCANTIK.COM – Tahukah sebenarnya tanpa kita sadari beberapa jenis makanan yang kita konsumsi sebenarnya mengandung zat-zat kimia beracun yang salah satunya adalah Nitrosamine?

Memang bahan-bahan berbahaya tidak hanya itu saja, banyak sekali jenisnya mulai dari pewarna makanan, penyedap rasa hingga bahan-bahan campuran lainnya. Bahan-bahan berbahaya ini nantinya akan merusak kesehatan kita dan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti kanker.

Biasanya zat-zat berbahaya tersebut akan berpengaruh cepat terhadap pertumbuhan sel, sehingga kebanyakan orang baru merasakan akibat mengkonsumsi zat tersebut dalam jangka panjang.

Tidak hanya kanker saja, zat berbahaya ini juga dapat memicu kelainan genetic, cacat bawaan ketika lahir dan penyakit mengenaskan lainnya. Untuk itu banyak ahli kesehatan selalu menyarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan tidak mengandung zat-zat berbahaya tersebut.

Tapi sayangnya kita bingung membedakan mana makanan yang sehat dan mana makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut. Nitrosamine adalah senyawa yang berpotensi karsinogenik yang dibentuk oleh reaksi nitrit dengan amina atau amida biasanya hadir dalam tubuh.

Menurut Wikipedia, Nitrosamin adalah senyawa kimia dari struktur kimia R1N(R2)N=O, yang sebagian besar adalah karsinogenik. Nah, bagaimanakah ciri makanan yang mengandung Nitrosamine tersebut?

Makan Makanan Sehat Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Sebenarnya cukup sulit menentukan ciri makanan mengandung Nitrosamine dengan mata telanjang. Dan tidak ada cara untuk dapat terhindar 100% dari bahan-bahan berbahaya tersebut tapi kita dapat meminimalkan penggunaannya. Hal ini bertujuan agar kita tidak melewati ambang batas yang telah disarankan.

Zat berbahaya ini memang seringkali berada dalam makanan yang beredar di pasaran dan harga yang ditawarkan juga sangat murah. Siapapun bisa mendapatkan bahan ini dengan mudah dan bagi mereka yang ingin mendapatkan keuntungan tinggi ketika berjualan makanan maka tak tanggung-tanggung.

Mereka akan rela melakukan cara apapun untuk mendapatkan keuntungan tinggi meskipun harus menambahkan zat yang sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tersebut. Nitrosamine sendiri biasanya digunakan sebagai bahan pengawet ikan dan daging agar terhindar dari pertumbuhan bakteri.

5 Makanan Penyebab Kanker Paling Sering Ditemukan

Makanan yang mengandung pengawet ini harus segera dihindari karena dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker terutama kanker perut. Untuk mengatasinya maka gunakanlah daging segar untuk konsumsi setiap hari atau ganti dengan bahan makanan yang alami tanpa pengawet.

Nitromasine sendiri juga bisa terbentuk ketika melakukan penggorengan makanan terlalu lama. Memang dalam jangka waktu pendek tidak akan menyebabkan masalah apapun tapi dalam jangka panjang bisa jadi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Berikut ini adalah ciri makanan mengandung nitrosame yang mungkin tak banyak diketahui orang:

Dikemas dalam wadah yang tertutup

Ini adalah salah satu ciri dari makanan yang mengandung nitrosamine. Kebanyakan pedagang menambahkan zat pengawet pada makanan yang ia jual sehingga awet dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Beda lagi dengan makanan yang sekali makan atau tidak didiamkan selama berbulan-bulan dalam lemari pendingin. Apalagi jika makanan ini berbentuk lemak seperti daging, sudah pasti ada bahan pengawetnya.

Warnanya terlalu mencolok

Makanan yang memiliki warna mencolok memang menjadi salah satu ciri mengandung bahan berbahaya seperti Nitrosamine. Bahkan bagi sebagian pedagang nakal tak peduli dengan seberapa banyak mereka menggunakan bahan tersebut asalkan bisa menarik para konsumen.

Biasanya berada dalam lemari pendingin

Jika melihat bahan makanan yang terdapat di lemari pendingin maka bisa jadi makanan tersebut mengandung Nitromasine yang sangat berbahaya untuk tubuh.

Biasanya makanan ini berupa daging, ikan laut, dan keju yang sangat rentan dihinggapi bakteri. Seperti yang kita tahu bakteri sangat menyukai bahan-bahan tersebut sebagai tempat berkembang biak.

***

Nah, demikianlah pembahasan tentang ciri-ciri makanan yang mengandung Nitrosamine. Semoga info menarik yang kami berikan mengenai ciri makanan mengandung nitrosamine beserta beberapa hal tentang nitrosamine dapat bermanfaat untuk Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *