Cara Menambah Berat Badan

Badan yang KurusMemiliki tubuh yang tinggi memang baik tetapi jika tidak dibarengi dengan berat badan yang ideal tentu saja tidak baik, apalagi jika dilihat dari sisi penampilan maupun dari segi kesehatan. Demikian juga halnya terhadap orang yang memiliki postur badan yang pendek.

Masalah berat badan memang sangat penting diperhatikan. Sebagaimana diketahui, mereka yang memiliki badan yang terlalu kurus kerapkali mencari cara agar cepat gemuk.

Sebaliknya mereka yang sudah terlalu gemuk (berat badan berlebih), cenderung akan mencari cara untuk menurunkan berat badannya. Intinya, setiap orang selalu berkeinginan memiliki berat badan yang ideal.

Nah, kali ini kami akan membahas beberapa tips dan cara menambah berat badan yang ideal dan menyehatkan untuk Anda.

Cara Menambah Berat Badan

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan, antara lain:

Menambah Porsi Makan

Meningkatkan porsi makan dari porsi biasanya adalah hal yang wajib. Namun demikian, kita juga perlu memperhatikan kualitas yang kita konsumsi. Menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang dapat merugikan kesehatan.

Pola Makan Sehat

Menjaga pola makan dengan selalu memperhatikan jadwal makan dengan menu yang sesuai. Usahakan makan dengan teratur 3 kali sehari semalam.

Kalori dan Protein

Usahakan menambah porsi makanan yang mengandung protein dan kalori tinggi yang bersumber dari daging, ikan, telur, sayuran dan susu.

Lemak Tak Jenuh

Mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan berat badan Anda. Lemak tak jenuh dapat diperoleh dari minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang, dan alpukat.

Minuman Penambah Berat Badan

Beberapa minuman yang cepat meningkatkan berat badan dapat Anda konsumsi, misalnya shake, soda, susu,  jus, dan sebagainya.

Olah Raga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur juga sangat membantu meningkatkan berat badan. Manfaat lainnya adalah dapat menambah nafsu makan anda.

Selain usaha untuk meningkatkan atau menambah berat badan, perlu juga diketahui mengapa berat badan kurang ideal. Dalam kasus tertentu, berat badan yang kurang ideal dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor genetika dan gangguan metabolisme tubuh. Jika sistem metabolisme terganggu, maka penyerapan (absorbsi) gizi makanan kurang termanfaatkan baik untuk meningkatkan berat badan anda.

Masalah kekurangan berat badan dan bagaimana cara meningkatkan berat badan anda tergantung dari usaha anda sekarang. Semoga tips diatas dapat membantu untuk meningkatkan berat badan anda.

 




  • http://tanahabangcentral.com/Redir/Cm nadiaananda

    sangat membantu sekali.. :)

  • Ngewngew

    waduk anjing!