Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam dan Berminyak

Loading...

Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam dan Berminyak

DOKTERCANTIK.COM – Kulit wajah yang kelihatan kusam dan berminyak dapat memperburuk penampilan Anda. Akibatnya Anda akan merasa tidak percaya diri untuk bergaul dengan orang lain.

Kulit wajah kusam dan berminyak sendiri diakibatkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor genetik, pola hidup dan makan yang tidak sehat, serta faktor lingkungan eksternal. Masih banyak faktor lain yang turut berkontribusi atas munculnya kulit kusam dan berminyak.

Untuk dapat mengatasi persoalan kulit kusam dan berminyak yang menimpa Anda, perlu dimengerti benar penyebabnya karena apa. Kesalahan penanganan kulit kusam dan berminyak bisa mengakibatkan kegagalan perawatan kulit wajah Anda.

Penyebab Kulit Wajah Kusam dan Berminyak

Berikut ini adalah penjelasan tentang faktor penyebab timbulnya kulit wajah yang kusam dan berminyak:

Faktor genetik (keturunan)

Faktor genetik yaitu faktor bawaan atau turunan dari orangtua. Misalnya, jika ayah atau ibu kamu memiliki kulit yang kusam dan berminyak, maka ada kemungkinan kamu sebagai anaknyapun akan memiliki jenis kulit wajah yang sama.

Pola hidup

Pola hidup yang baik tentu akan berdampak baik pula terhadap kesehatan, begitupun sebaliknya pola hidup yang buruk maka akan berdampak buruk pula pada kesehatan kita. Misalnya, jarang mandi, jarang berolahraga, tidur tidak teratur dan sebagainya.

Pola makan

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak seperti, junk food, gorengan, makanan yang mengandung banyak santan dan kurang mengkonsumsi asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Faktor lingkungan

Bila kita terbiasa berada ditempat yang kumuh dan tidak sehat maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu yang ada dilingkungan tersebut juga bisa menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat, karena debu tersebut bisa menempel di kulit wajah, sehingga pori-pori kulit wajah kita tersumbat dan menyebabkan kulit kusam dan berminyak.

Kesalahan penggunaan kosmetik

Kulit wajah kusam dan berminyak juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat,sehingga tidak cocok untuk kulit wajah kita dan akibatnya kulit wajah kita pun menjadi kusam dan berminyak.

Tidur tidak teratur

Sering tidur larut malam juga dapat menyebabkan kulit kusam dan berminyak, karena darah menjadi berkurang maka dari itu, kurangilah tidur terlalu malam.

Kurang mengkonsumsi air putih

Kurang mengkonsumsi air putih bisa mneyebabkankamu dehidrasi dan menyebabkan kulit menjadi kusam dan berminyak.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kusam dan Berminyak

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi kulit wajah kusam dan berminyak yang bisa Anda coba, antara lain:

Perbanyak minum air putih

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa air putih sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh kita termasuk dalam merawat kesehatan kulit. Air putih dapat mencegah dehidrasi dan menjaga kebersihan tubuh.

Orang yang banyak minum air putih biasanyamemiliki kulit wajah yang terlihat segar dan sehat. Maka dari itu usahakan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Bersihkan tubuh secara teratur

Usahakan mandi secara teratur sehari 3 kali. Jika kamu seorang muslim maka kamu sudah tidak usah khawatir dengan masalah ini, karena dalam islam kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat, dalam sehari kita diwajibkan untuk melaksanakan sholat sebanyak 5 waktu.

Nah sebelum kita melaksanakan ibadah sholat tersebut, kita diwajibkan untuk berwudhu, yaitu membersihkan diri sebelum sholat. Jadi bila dalam 1 hari kita melaksanakan sholat 5 waktu, maka hal itu sama artinya dengan kita sudah membersihkan tubuh kita sebanyak 5 kali sehari.

Pakai lotion pelembab

Pakailah lotion pelembab untuk melembabkan kulit wajah kamu. Tapi berhati-hatilah dalam memilih lotion pelembab yang akan kamu gunakan. Oleh sebab itu mintalah saran dari dokter spesialis kulit langganan kamu.

Kurangi tidur larut malam

Tidur larut malam merupakan salah satu penyebab kulit wajah kusam dan berminyak. Karena itu hindarilah tidur terlalu larut malam jika tidak ada hal yang terlalu penting. Normalnya waktu tidur yang bagus yaitu 7 hingga 8 jam.

****

Itulah beberapa tips mengatasi kulit wajah kusam dan berminyak yang dapat Anda aplikasikan di rumah. Semoga tips mengatasi kulit wajah kusam dan berminyak ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam cantik!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *