10 Manfaat dan Kegunaan Tawas

Loading...

10 Manfaat dan Kegunaan Tawas

DOKTERCANTIK.COM – Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa tawas hanya berguna sebagai bahan pengolahan air. Dimana air yang mulanya keruh seketika menjadi jernih saat dicampur dengan tawas.

Tahukah Anda, sebenarnya tawas tidak hanya memiliki 1 kegunaan tersebut, tapi ada banyak sekali kegunaan lain untuk manusia.

Tawas sendiri adalah sejenis bahan kimia yang diperoleh dari alumunia yang direaksikan dengan kalium sulfat dan jadilah tawas. Tidak hanya itu, tawas juga dapat ditemukan dalam mineral alami alunite dan kalinite.

Apa saja manfaat dan kegunaan tawas untuk kehidupan manusia? Nah, berikut ini adalah 10 manfaat dan kegunaan tawas untuk kehidupan manusia yang harus Anda ketahui:

Pengolahan air

Pasti semua orang tidak asing dengan kegunaan satu ini. Yap benar sekali, tawas memang digunakan sebagai salah satu bahan pengolahan air. Seperti yang telah kami sebutkan diawal, dimana tawas dapat berguna sebagai penjernih air yang keruh.

Pasta gigi

Siapa sangka ternyata tawas dapat digunakan sebagai pasta gigi. Tawas sendiri menjadi salah satu bahan utama pembuatan pasta gigi. Jadi pasta gigi yang biasa digunakan dirumah terbuat dari campuran tawas.

Sebagai bahan pembuatan kristal buatan

Jika Anda ingin membuat Kristal maka tawas adalah bahan yang sangat tepat untuk menumbuhkannya. Gunakan bubuk tawas untuk mendapatkan Kristal yang bagus dan sesuai keinginan.

Caranya cukup mudah, cukup tuangkan setengah cangkit air panas dalam sebuah botol yang bersih lalu tuangkan tawas kemudian aduk hingga merata. Biarkan campuran air panas dan tawas selama satu malam, lihatlah keesokan harinya. Kristal-kristal akan terlihat dibagian dasar botol.

Mencegah siput

Ternyata tawas mampu untuk mengusir siput. Jika Anda merasa terganggu dengan adanya siput maka usirlah dengan tawas. Caranya sangat mudah, cukup campurkan air 5 liter dengan 1 sendok bubuk tawas siramkan pada daerah-daerah yang seringkali dilewati oleh siput.

Penghilang rambut

Rambut pada dearah kaki dan ketiak memang sangat mengganggu penampilan. Jika Anda merasa tidak percaya diri maka bersihkan rambut-rambut tersebut dengan menggunakan tawas. Aman dan sangat mudah dilakukan.

Sebagai krim rambut

Tatanan rambut yang indah dan rapi setiap hari adalaha keinginan banyak orang. Nah, tawas juga dapat digunakan untuk krim rambut dan jadilah rambut yang rapi dan cantik setiap hari.

Mengobati sariawan

Ternyata tak hanya vitamin C saja yang dapat mengobati sariawan. Ternyata tawas juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya cukup tempelkan tawas pada daerah yang terkena sariawan.

Krim cukur

Ternyata tawas juga dapat digunakan sebagai krim cukur. Selain dapat membantu membersihkan, tawas juga dapay mencegah terjadinya pendarahan akibat pencukuran yang dilakukan.

Sebagai deodoran

Ketiak yang berkeringat memang membuat kepercayaan diri semakin berkurang. Apalagi ketika kita melakukan aktifitas diluar ruangan, hal ini akan mengganggu kesegaran kita. Gunakan tawas sebagai deodoran, bakteri ketiak akan ditekan habis oleh beberapa kandungan yang ada dalam tawas.

Bahan pengawet

Ternyata tawas juga dapat digunakan untuk bahan pengawet. Namun harus berhati-hati ketika menggunakan bahan ini karena satu ons tawas ternyata mampu menyebabkan keracunan. Untuk itu harus berhati-hati dalam menggunakan tawas.

***

Demikianlah adalah 10 kegunaan tawas yang wajib diketahui semua orang. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan diatas dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari kita.

Loading...

0 Komentar Pembaca untuk “10 Manfaat dan Kegunaan Tawas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *