Cara Menurunkan Berat Badan

Wanita KegemukanMemiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang namun seringkali dambaan tersebut hanya menjadi impian semata. Untuk mewujudkan impian tersebut kadang terasa sangat sulit.

Kegemukan biasanya sulit dihindari apalagi jika pada usia di atas 20 tahun. Hal ini biasanya dipicu oleh perubahan aktivitas pada usia tersebut yang mengakibatkan terjadinya penumpukan lemak yang memicu peningkatan berat badan yang tak ideal lagi dengan tinggi badan anda.

Jika hal ini terjadi pada anda, saran yang baik untuk anda lakukan adalah mencari cara menurunkan berat badan anda dengan segera. Jika anda tidak segera mengatasinya dikhawatirkan akan memicu munculnya beberapa penyakit karena hal ini.

Nah, setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang beberapa cara agar cepat gemuk dan tips untuk menambah berat badan secara alami, kali ini kita akan membahas seputar cara menurunkan berat badan yang aman.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Diet yang Seimbang

Yang dimaksud diet seimbang di sini adalah bagaimana cara kita memenuhi kebutuhan gizi secara ideal yang dibutuhkan oleh tubuh dengan proporsi yang tepat.

Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, karbohidrat, protein serat, kalsium dan lemak secara seimbang dan tidak berlebihan akan membantu menurunkan berat badan Anda.

Lemak dan Protein

Beberapa sumber protein tinggi seperti ikan,  daging, telur, brokoli harus di penuhi untuk nutrisi tubuh.  Fungsi protein untuk membangun dan membentuk otot yang di hasilkan oleh lemak sehingga bentuk badan anda tidak terlihat gemuk dan juga dapat menurunkan berat badan.

Minyak zaitun (Olive oil) merupakan sumber lemak yang baik. Mengkonsumsi makanan dari minyak zaitun sangat baik dalam menurunkan berat badan anda.

Karbohidrat

Banyak yang beranggapan akan dapat menurunkan berat badan dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Padahal pendapat ini sebenarnya sangat keliru. Karbohidrat adalah sumber energi yang sangat penting untuk aktifitas kita sehari-hari. Jika asupan karbohidrat sangat kurang atau dihentikan, maka tubuh akan menjadi lemas dan kurang tenaga.

Untuk menurunkan berat badan, batasi saja konsumsi karbohidrat, tapi bukan dihentikan sama sekali.

Hindari Makanan Pemicu Kegemukan

Beberapa makanan yang memicu kegemukan seperti makanan tepat saji, makanan berlemak tinggi, minuman berkarbonat, semua jenis alkohol dan makanan berkalori tinggi.

Banyak Minum Air Putih

Air putih adalah salah satu penetralisir dalam tubuh kita. Dengan melakukan diet air putih secara tepat, Anda akan bisa menurunkan berat badan hingga ke angka yang ideal.

************

Sebelum anda melakukan berbagai upaya untuk menurunkan berat badan, sangat penting ada perencanaan seberapa banyak anda ingin menurunkan berat badan agar mendapatkan berat badan yang ideal.

Untuk mengetahui berat badan yang ideal anda dapat lihat rumusannya di bawah ini:

Berat badan ideal untuk dewasa maupun remaja:

Berat Badan Ideal  = (Tinggi Badan – 100) x 90%

Berat badan ideal anak 1-10 tahun:

BBI = (umur x 2 ) + 8

************

Cara menurunkan berat badan dan untuk mendapatkan berat badan yang ideal di atas bisa anda praktekkan sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Dengan ketekunan dan disiplin yang tinggi terutama dalam menjaga asupan makanan yang Anda konsumsi, berat badan ideal yang Anda inginkan akan segera tercapai.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!


3 Komentar

Berikan Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *