Tips dan Cara Membuat Masker Rambut dari Mentega

Loading...

Tips dan Cara Membuat Masker Rambut dari Mentega

DOKTERCANTIK.COM – Rambut sebagai mahkota memang merupakan aset berharga bagi wanita. Rambut juga dilambangkan sebagai simbol kecantikan dan keindahan diri.

Sebelumnya, sebagian besar wanita menginginkan bentuk rambut lurus jatuh seperti papan karena memang perawatan yang perlu diberikan tidaklah sulit. Rambut hitam lurus merupakan pedoman dan tujuan pandang utama bagi wanita.

Akan tetapi, di era modern ini, wanita lebih banyak berkreasi dengan model rambut yang mereka inginkan. Mereka sekarang lebih menyesuaikan dengan bentuk wajah yang dimilki. Tidak hanya bentuk, mereka juga berkreasi dengan warna rambut serta tampilan dari rambut.

Penggunaan cat, hairspray, dan hal-hal lainnya secara rutin pada rambut dapat menghilangkan sifat-sifat rambut alami yang dapat menimbulkan kerusakan. Lebih baiknya lagi, mereka sudah menemukan cara jitu untuk tetap menjaga kesehatan rambut, salah satunya dengan masker.

Masker Rambut dari Mentega

Di kalangan wanita, bahan seperti lidah buaya sudahlah tidak asing untuk perawatan rambut, tetapi bagaimana dengan mentega? Bahan yang tak diduga bisa menjadi masker rambut ini ternyata sudah dipraktikkan oleh sebuah suku di Ethiopia.

Para perempuan dari suku tersebut mengoleskan mentega pada rambut mereka sehingga mudah diatur. Alasan lain, suhu di Ethiopia yang tinggi juga menyebabkan mereka menggunakan mentega untuk memproteksi rambut mereka. Dan tidak hanya untuk perempuan, para lelaki di suku tersebut juga melakukan hal yang sama.

Meskipun akan terlihat berminyak dan menjijikkan, tapi khasiat dari mentega ini memang benar adanya untuk rambut.

Mentega dapat membuat rambut menjadi berkilau. Mengutip dari pemikiran suku di Ethiopia tersebut, pemakian rutin dari mentega dengan sendirinya akan melindungi rambut indah dari paparan sinar matahari.

Membuat Masker Rambut dari Mentega

Selanjutnya, ada sejumlah trik untuk pembuatan dan pemakaian masker rambut dari mentega ini yang bermanfaat untuk rambut, antara lain:

  • Campur dua sendok mentega dengan dua sendok blue clay ke dalam wadah.
  • Aduk kedua bahan tersebut hingga merata sampai terbentuk adonan krim yang kental dan lembut.
  • Oleskan masker tersebut dimulai dari akar rambut terlebih dahulu. Mengapa demikian, karena akar rambut membutuhkan lebih banyak perawatan disebabkan akar rambutlah titik mula dimana rambut akan tumbuh.
  • Lanjutkan ke seluruh bagian rambut secara merata.
  • Bungkus rambut dengan handuk lalu tunggu selama kurang lebih 90 menit.
  • Setelah itu, bilas rambut hingga bersih. Gunakan shampoo dan conditioner untuk memastikan rambut benar-benar bersih.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Selain cara-cara pokok yang tersebut di atas, sedikit tambahan untuk pengaplikasian masker rambut dari mentega ini seperti:

  • Bila rambut menjadi terlalu berminyak, kurangi takaran mentega yang dicampurkan.
  • Untuk hasil yang efektif, gunakan masker ini setiap seminggu sekali.
  • Agar mentega benar-benar meresap, Anda bisa melakukan pemakaian masker pada malam hari sebelum tidur, lalu biarkan masker itu selama Anda tidur. Esoknya, bilas sampai benar-benar bersih.

Loading...

3 Komentar Pembaca untuk “Tips dan Cara Membuat Masker Rambut dari Mentega

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *