Cara Cepat Mengatasi Perut Kembung

Cara Cepat Mengatasi Perut Kembung
Cara Cepat Mengatasi Perut Kembung

DOKTERCANTIK.COM – Setiap orang mungkin pernah mengalami yang namanya perut kembung. Perut kembung sendiri adalah sebuah proses pengusiran melalui rektum dari campuran gas yang merupakan produk sampingan dari proses pencernaan manusia. Campuran gas ini dekenal dengan flatus dalam bahasa medisnya.

Dengan kata lain, kembung adalah pembengkakan abnormal atau peningkatan diameter pada daerah perut sehingga perut terasa sangat terasa penuh oleh gas, yang dapat menyebabkan sakit perut.

 

Ada banyak sekali penyebab perut kembung. Diantaranya adalah karena faktor diet, sindrom iritasi usus, intoleransi laktosa, refluks, dan juga sembelit. Masih banyak faktor lain yang menjadi pencetus terjadinya perut kembung.

Apabila perut kembung terus menjadi masalah rutin bagi Anda, maka ada beberapa tips untuk mengatasi perut kembung dengan cepat yang akan kami jelaskan pada kesempatan kali ini.

TERKAIT:  Cara Alami Melembabkan Bibir

Jaga Asupan Air

Kembung adalah tanda bahwa makanan yang Anda makan tersebut tidak dicerna dengan baik oleh tubuh. Karena kurangnya asupan air akan menyebabkan perut Anda menjadi kembung yang berlebihan. Dengan meminum beberapa gelas air putih akan membantu Anda menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh Anda.

Tetapi Anda juga harus memastikan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang bersoda sebagai pengganti asupan air tersebut. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba untuk menambahkan sedikit jeruk limau dan lada hitam ke dalam air minum yang Anda konsumsi.

Kurangi asupan garam

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi asupan garam dalam tubuh. Yang pertama, coba utamakan untuk mengonsumsi makanan segar ketimbang yang diproses.

Banyak sekali produk makanan dan buah segar yang rendah kandungan garam, seperti halnya daging segar jauh lebih rendah kandungan garamnya apabila dibandingkan dengan versi olahan seperti ham, sosis dan hot dog.

TERKAIT:  8 Cara Ampuh Mencegah Stress

Yang kedua, cobalah Anda periksa label makanan dan pilih produk yang memiliki kandungan garam yang rendah. Dan yang ketiga, Anda harus berhati-hati pada saat Anda memilih pengganti garam.

Hindari minumah beralkohol

Hindarilah minuman manis yang beralkohol sebanyak yang Anda bisa. Waspadailah juga konsumsi gula pengganti, seperti – sorbitol, xylitol, maltitol, isomalt, laktitol, manitol, eritritol dan hydrogenated starch hydrolysates (HSH) yang cenderung menambah rasa kembung.

Pilihlah produk susu yang tepat

Bijaklah dalam mengonsumsi susu, karena produk-produk susu ini penuh dengan kandungan gula alami, yang disebut dengan laktosa, karena laktosa dapat mengganggu proses pencernaan yang dapat menyebabkan kembung.

Apabila Anda menderita intoleransi laktosa, pastikanlah untuk menghindari keju dan yogurt, karena kedua bahan makanan ini dapat menyebabkan kram pada perut.

Batasi makan

Makan dalam porsi yang kecil tidak hanya berguna untuk membantu usaha penurunan berat badan, melainkan juga bisa menjadi cara yang terbaik untuk melawan perut kembung. Cobalah untuk makanlah 4 hingga 6 makanan kecil sehari dan pastikan untuk makan secara perlahan.

TERKAIT:  Senam Otak untuk Berbagai Usia

Aktif bergerak

Cobalah Anda bangun dari tempat duduk Anda, apabila perut terasa kembung, dan jangan pernah melewatkan waktu latihan seperti olahraga.

Apabila perut Anda terasa penuh dan tidak nyaman, maka latihan atau menggerakan badan Anda adalah solusi yang sudah terbukti ampuh untuk mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan, karena membantu untuk mengatur sistem tubuh.

Tetapi apabila Anda terus merasa kembung, maka mungkin saja Anda mengalami masalah kembung kronis dan dapat menjadi sesuatu yang bisa lebih serius seperti penyakit celiac atau obstruksi saluran cerna.

***

Demikianlah beberapa tips dan cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.