Tips Sehat Selama Menstruasi

Loading...

Tips Sehat Selama Menstruasi

DOKTERCANTIK.COM – Menstruasi atau datang bulan merupakan hal alami yang harus dihadapi setiap orang wanita di dunia ini. Setiap satu bulan sekali, para wanita harus berhadapan dengan masalah menstruasi.

Datangnya menstruasi setiap bulan sebenarnya mengindikasikan hal baik, yaitu bahwa tubuh wanita yang mengalaminya berada dalam kondisi yang sehat.

Menstruasi secara sederhana adalah proses peluruhan sel telur yang tidak dibuahi didalam rahim. Proses peluruhan ini sangatlah penting terjadi agar sel telur yang mati beserta darah kotor tidak terperangkap didalam rahim dan dapat menjadi bibit penyakit baru seperti kanker rahim.

Proses menstruasi biasanya memiliki efek yang berbeda-beda bagi setiap wanita. Ada yang tidak merasakan efek apapun, namun yang sering dijumpai adalah rasa nyeri pinggang dan perut melilit ketika proses menstruasi ini datang menghampiri.

Rasa nyeri saat menstruasi sangat mengganggu

Rasa nyeri akibat menstruasi tidak mengindikasikan masalah yang serius, namun perubahan hormon yang mendampinginya akan membuat mood wanita menggebu-gebu dan lebih sensitif.

Untuk membantu meminimalisir efek buruk dari menstruasi, berikut beberapa tips sehat selama menstruasi yang bisa Anda praktekkan saat sedang mengalami menstruasi:

Buat tubuh tetap nyaman

Proses menstruasi membuat tubuh seseorang berada dalam titik yang sangat sensitif. Bahkan kulit pun menjadi lebih mudah mengalami iritasi dan berjerawat.

Agar menstruasi tidak mempengaruhi dan menggangu aktivitas keseharian, ada baiknya anda lebih memperhatikan kenyamanan tubuh dibandingkan penampilan.

Gunakanlah pakaian yang longgar agar terdapat sirkulasi udara dan hentikan pemakaian baju ketat untuk beberapa waktu

Perbanyak istirahat

Ketika menstruasi, tubuh akan lebih sering merasa lelah dimana energi serasa terkuras lebih cepat. Hal ini wajar dirasakan karena pada dasarnya sedang terjadi pendarahan didalam tubuh dan dibutuhkan istirahat yang lebih banyak agar pendarahan ini dapat terkontrol secara alami. Memasukan jadwal tidur siang merupakan pilihan yang baik agar kesehatan tubuh selama menstruasi dapat terus terjaga.

Mandi air hangat

Air hangat adalah tips sehat selama menstruasi yang harus dilakukan oleh para wanita yang sedang mengalami kepenatan. Mandi dengan air hangat dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang selama menstruasi. Selain itu, dengan mandi air hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diderita.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Selama mestruasi, tubuh mengeluarkan darah dalam jumlah yang cukup banyak. Sehingga asupan tambahan zat besi sangatlah dibutuhkan.

Salah satu tips sehat selama menstruasi adalah dengan meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayuran agar cairan tubuh selalu terpenuhi. Ada baiknya bila mengurangi konsumsi lemak dan protein yang terlalu banyak, terutama dari jeroan dan daging merah.

Kurangi konsumsi garam

Garam dapat membuat darah menjadi lebih mengental, sehingga efek sakit menstruasi akan lebih terasa. Lakukanlah diet garam setahap demi setahap, dengan mengurangi jumlahnya agar perut tidak mengalami kembung ketika menstruasi.

Olahraga

Rasa sakit saat menstruasi memang sangat tak tertahankan, bahkan dalam beberapa kasus sampai ada yang tidak dapat bergerak karena mengalami keram perut.

Meskipun demikian, cobalah menggerakan beberapa bagian tubuh, dan jangan menghabiskan waktu seharian tidur diranjang. Menghabiskan waktu dengan tidur dan tidak melakukan aktivitas apapun dapat menyebabkan proses menstruasi terganggu karena darah kotor tidak keluar hingga bersih dan hal ini dapat menyebabkan penyakit.

Usahakanlah melakukan olahraga ringan atau sekedar membersihkan rumah selama beberapa menit agar darah kotor terbuang hingga bersih dan dapat membuat tubuh lebih nyaman.

****

Demikianlah beberapa tips sehat selama menstruasi yang bisa kami jelaskan di sini. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat selama masa menstruasi Anda. Salam sehat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *