Cara Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami
Cara Mengobati Penyakit Ginjal Secara Alami

DOKTERCANTIK.COM – Mengobati penyakit ginjal secara alami merupakan salah satu cara yang paling tepat. Dengan menggunakan cara alami, ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Selain tidak memerlukan biaya yang mahal seperti pengobatan dengan bahan kimia, kemungkinan terkena efek samping pun bisa diminimalisir.

 

Fungsi ginjal sendiri adalah untuk bekerja melakukan pembuangan sampah atau sisa metabolisme yang terjadi pada tubuh manusia, juga secara sistematis membuang cairan yang berlebih dari dalam tubuh sebanyak 750 ml hingga 1500 ml perharinya

Apabila ginjal tersebut tidak berfungsi dengan baik atau gagal ginjal, maka sisa metabolisme yang tidak dikeluarkan akan menjadi racun dalam tubuh kita.

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Untuk mengobati penyakit ginjal secara alami ini harus mengetahui gejala penyakit ginjal yang dideritanya. Gagal ginjal sendiri terbagi menjadi dua yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik.

TERKAIT:  Khasiat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Gagal ginjal akut ini timbul secara tiba-tiba bisa dan bisa dilihat dengan beberapa hari atau minggu bisa cepat disembuhkan sedangkan gagal ginjal kronik ini timbul secara perlahan sehingga pengobatannya pun menahun atau seumur hidup.

Sakit Pada Pinggang Belakang Adalah Salah Satu Tanda Gangguan Ginjal
Sakit Pada Pinggang Belakang Adalah Salah Satu Tanda Gangguan Ginjal

Tanda-tanda dari gagal ginjal akut ini seperti nyeri pinggang yang sangat terasa nyeri hingga tidak tertahankan, adanya pembengkakan pada mata, bengkak pada kaki, nyeri saat buang air kecil dan sedikit merah atau keluar darah, sering buang air kecil.

Tanda-tanda gagal ginjal kronik ini seperti sering merasa mual, muntah-muntah, badan bengkak-bengkak, lemas tidak ada tenaga, nafsu makanpun berkurang, rasa gatal, sesak nafas, wajah menjadi pucat atau anemia, kejang pada otot dan mudah memar-memar.

Faktor Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal disebabkan oleh berbagai macam penyakit yang mendasari gangguan atau kondisi yang menyebabkan kerusakan pada ginjal seperti obstruksi, infeksi, peradangan, kelainan bentuk, menelan racun, suplai darah yang berkurang ke ginjal.

TERKAIT:  Manfaat Dahsyat Tanaman Lidah Buaya

Ada juga penyebab lain seperti hipertensi, diabetes yang dapat merusak ginjal dari waktu ke waktu, kanker ginjal, penyalahgunaan obat, over dosis obat. Selain itu, alkohol dan rokok juga meningkatkan faktor resiko terkena penyakit ginjal..

Cara Alami Mengobati Sakit Ginjal

Berikut ini adalah cara untuk mengobati penyakit ginjal dengan cara alami yang bisa anda lakukan:

Alang-alang

Ambillah 120 gram alang-alang segar lalu rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa sekitar 1 gelas dan bagilah menjadi 3, minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

Daun sukun

Ambillah Daun sukun yang kering sebanyak 15 gram lalu seduh dengan air mendidih sebanyak 1 gelas, lalu diamkan sekitar 15 menit lalu saring atau bisa juga menambahkan madu secukupnya, lalu minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari selama 10 hari.

TERKAIT:  5 Tanaman Ampuh Untuk Mengusir Nyamuk

Selama anda melakukan pengobatan cara ini janganlah Anda menkonsumsi bayam, daun singkong, daun dan buah pepaya, daging merah, jeroan ataupun kangkung.

Daun kumis kucing, daun sendok dan rumput mutiara

Ambillah 60 gram daun kumis kucing, lalu tambahkan 30 gram daun sendok segar, 30 gram rumput mutiara segar, lalu rebus semuanya dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas lalu saring dan minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

Semangka

Hal ini merupakan cara yang paling mudah, anda hanyak perlu memperbanyak makan buah semangka terutama yang bagian putihnya dan minum air putih minimal sehari 8-10 gelas.

***

Nah, demikianlah beberapa cara mengobati penyakit ginjal dengan bahan-bahan alami yang bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Semoga bermanfaat.