Fakta Dan Efek Samping Minyak Bulus

Loading...

Minyak bulus dipercaya dapat mengencangkan payudara

DOKTERCANTIK.COM – Selain kegandrungan dengan berbagai produk kecantikan modern, masyarakat juga masih memiliki minat khusus pada produk kecantikan traditional asli buatan Indonesia. Salah satu produk kecantikan traditional yang digemari adalah minyak bulus.

Minyak bulus ini terdiri dari 2 kata yang berasal dari bahasa Jawa yaitu minyak dan bulus yang berarti kura-kura (Oleum turfuce javanica). Minyak bulus merupakan minyak yang diambil dari tubuh binatang yang bernama bulus atau semacam penyu air tawar.

Selain terbuat dari tubuh atau daging bulus, minyak ini juga diambil dari lemak bulus kemudian diolah secara traditional. Tak hanya terbuat sari minyak bulus, minyak bulus sekarang juga ada yang dilengkapi dengan berbagai vitamin untuk mencapai hasil yang optimal.

Minyak ini telah dipercaya penggunaannya secara alami pada kecantikan turun temurun sejak ratusan tahun lalu. Ada yang dibuat dengan cara dijemur, digoreng dan dengan cara yang modern menggunakan teknologi tertentu.

Namun, pengolahan minyak bulus ini memerlukan proses yang cukup panjang sehingga kadang sulit didapat di pasaran mengingat tidak mudahnya untuk mendapatkan binatang bulus.

Bagi Anda yang masih awam dengan minyak bulus, berikut beberapa fakta, juga efek positif dan negatif yang perlu diketahui tentang minyak bulus :

Segudang manfaat minyak bulus

Minyak bulus dicari-cari karena dikenal sebagai minyak serbaguna. Beberapa manfaat yang ditawarkan minyak bulus yaitu

  • mengurangi jerawat,
  • menjaga kelembaban kulit,
  • mencegah keriput,
  • menghilangkan stretch mark atau garis-garis di perut pasca melahirkan,
  • mengatasi kulit kering, flek hitam,dan kusam,
  • menghaluskan dan mengencangkan kulit,
  • mengobati luka bakar, gatal-gatal, gigitan nyamuk dan kena air panas,
  • mengencangkan dan memadatkan payudara,
  • mengatasi eksim, kutu air, tumit pecah-pecah,
  • menguatkan alat vital pria dan sebagainya.

Hanya untuk pemakaian luar

Minyak bulus merupakan obat luar dan tidak dianjurkan untuk bagian dalam serta tidak untuk diminum. Pemakaian menyalahi aturan tentu saja akan memberikan efek buruk bagi tubuh Anda.

Teknik penggunaan yang berbeda

Untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit dan kesehatan yang disebutkan di atas, teknik penggunaan minyak bulus kadang berbeda tergantung kepada kadar dan frekuensinya. Sebagian orang menggunakan sesuka hatinya saja sehingga efeknya tidak terasa.

Untuk itu berkonsultasilah kepada teman yang sudah merasakan efek positifnya atau kepada penjual serta ahli yang lebih paham agar hasil yang diperoleh benar-benar optimal.

Dituntut kesabaran

Pemakaian minyak bulus menuntut kesabaran karena minyak ini bukanlah jenis produk instan yang menjanjikan penyembuhan dan kecantikan dalam semalam. Dibutuhkan ketekunan untuk mengoles dan memijat sekitar 1-4 minggu bahkan lebih untuk melihat hasilnya.

Hasil yang tidak sama

Meskipun merek minyak bulus yang dipakai sama tidak ada jaminan bahwa hasil yang diperoleh oleh setiap orang juga akan sama. Hasilnya tetap tergantung pada teknik dan kondisi tubuh seseorang.

Jika seseorang tidak sabar, tidak rutin dan tidak bisa menggunakan dengan tepat tentu saja hasilnya tidak cepat kelihatan. Meskipun banyak manfaatnya, terwujud atau tidaknya manfaat tersebut juga tergantung pada si pemakai.

Bau yang menyengat

Konon keaslian sebuah minyak bulus bisa diketahui dari bau yang menyengat. Minyak bulus yang benar-benar asli khas bulusnya sangat kuat dan sangat menyengat hidung.

Bagi Anda yang sedang hamil atau tidak tahan dengan bau yang menyengat bisa mencari alternatif minyak bulus lain yang tidak berbau. Bau yang menyengat ini bagi sebagian orang bisa menyebabkan muntah-muntah.

**

Demikianlah fakta dan beberapa efek dari minyak bulus. Oleh karena pada dasarnya minyak bulus terbuat dari bahan alami dari alam maka efek negatif minyak bulus tidak terlalu kelihatan. Tidak sama dengan pemakaian produk-produk kecantikan berbasis bahan kimia.

Meskipun demikian, efek negatif juga bisa terjadi bila pemakaiannya tidak sesuai dengan yang dianjurkan seperti iritasi, gatal-gatal dan lain sebagainya.

Begitu juga membeli minyak bulus tiruan yang dicampur dengan zat kimia berbahaya  juga akan berdampak buruk bagi kecantikan dan kesehatan Anda. Walaupun notabene produk tradisional tetap harus hati-hati dalam penggunaannya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *