5 Makanan dan Minuman Pemicu Diabetes

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Diabetes menjadi salah satu masalah terbesar di dunia. Menurut International Diabetes Federation (IDF), 371 juta orang di dunia yang berumur 20-79 tahun menderita diabetes. Menurut IDF, Indonesia berada di peringkat sembilan sebagai negara penderita diabetes pada tahun 2010.

Kondisi ini setiap tahun semakin memburuk. Bahkan, diperkirakan pada tahun 2030 Indonesia akan masuk dalam top five sebagai negara penderita diabetes di dunia.

Gejala diabetes yang biasa ditemui adalah cepat haus dan lapar, banyak buang air kecil, pemulihan luka yang lama dan mudah lelah. Diabetes disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti tidak pernah olahraga, kebiasaan merokok dan pola makan yang buruk. Nah, kebiasaan dan pola makan yang buruk inilah yang paling besar menyumbang terciptanya diabetes.

Lalu, apa saja makanan dan minuman yang memicu terjadinya diabetes? Simak beberapa di antaranya berikut ini:

Gorengan emang enak sih, tapi…

Jika Anda seorang penikmat gorengan sebaiknya Anda mulai membatasi jumlah gorengan yang Anda makan karena semakin banyak Anda memakan gorengan maka semakin tinggi pula tingkat resiko terkena diabetes.

Gorengan memiliki tingkat kolesterol tinggi yang menjadi cikal bakal diabetes. Minyak yang digunakan untuk menggoreng (apalagi minyak jelantah) memiliki lemak jenuh yang kuat.

Nah, lemak jenuh inilah yang perlahan terbawa aliran darah dan mengendap di aliran darah menuju jantung. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol total, penurunan kolesterol baik, peningkatan kolesterol jahat dan trigliserida.

Alhasil, penyumbatan pembuluh darahpun akan terjadi yang menyebabkan diabetes. Bahkan tidak hanya diabetes, kondisi ini juga akan memicu penyakit jantung, stroke, dan memicu pertumbuhan kanker.

Hati-hati dengan mi instan

Selain gorengan, jenis makanan lain yang dapat memicu terjadinya diabetes adalah mi instan. Yah, mi instan yang sangat diminati oleh banyak orang karena praktis dan rasanya yang lezat.

Hati-hati dengan mi instan

Tapi tahukah Anda, mi instan kaya akan karbohidrat sederhana yang jika dikomsumsi terus-menerus akan meningkatkan kadar gula darah dengan drastis. Ini akan semakin parah jika seandainya Anda mencampurkan mi instan dengan nasi.

Karbohidrat dan kalori adalah dua kandungan yang sama-sama dimiliki oleh mi instan dan nasi. Sehingga, gabungan mi instan dan nasi akan menghasilkan jumlah karbohidrat yang berlebih. Inilah yang akan melonjakkan gula dalam darah dan resiko terkena diabetes.

Cemilan juga?

Kebiasaan ngemil sambil nonton TV tidak mustahil juga bisa menyebabkan diabetes. Pasalnya orang yang suka ngemil di depan TV akan sulit merasakan kenyang sehingga ia akan mengalami kesulitan mengontrol makanan yang masuk.

Apalagi jika cemilan yang dia makan adalah sejenis junk food dan makanan manis. Inilah yang akan beresiko tinggi melonjaknya kadar gula darah dalam tubuh.

Meskipun begitu, bukan berarti orang yang tidak ngemil di depan TV tidak memiliki resiko diabetes. Pada dasarnya cemilan yang menyebabkan diabetes adalah cemilan yang sifatnya berlebihan dan cemilan yang tidak sehat seperti makanan yang manis ataupun berminyak.

Bagi Anda yang suka ngemil tidak perlu khawatir, beberapa cemilan sehat seperti biskuit gandum, buah segar, salad, ataupun yoghurt justru akan membantu Anda jauh dari diabetes. So, intinya Anda harus bisa memilah dan memilih cemilan yang bisa menghindarkan Anda akan bahaya diabetes.

Ada apa dengan minuman soda?

Segar dan sensasi soda yang dihasilkan oleh jenis minuman ini menjadikannya sebagai minuman idola yang banyak digemari oleh banyak orang. Bahkan banyak orang yang menjadikannya sebagai minuman harian.

Tidak banyak yang tahu kalau ternyata di balik sensasi yang menyegarkan dan enak tersebut, minuman soda mengundang resiko tinggi terhadap diabetes dan beberapa penyakit lain. Hal ini disebabkan karena kandungan gula yang sangat tinggi pada minuman soda.

Peringatan buat yang doyan teh manis

Segelas teh manis mengandung kurang lebih 250-300 kalori, sementara asupan kalori wanita dewasa rata-rata adalah 1.900 kalori per hari. Jika dari teh saja sudah sekian kalori, bagaimana dengan nasi dan lauk yang Anda makan?

Bila Anda bayangkan berapa kalori yang Anda serap perhari. Selain itu, tingginya asupan gula dalam teh menyebabkan kadar gula darah akan melonjak tinggi.

Semakin manis teh yang Anda buat maka asupan gulanya akan semakin tinggi. Ujung-ujung yang ditimbulkannya adalah obesitas. Oleh karena itu, komsumsilah teh manis secara wajar dan tidak berlebihan.

***

Nah, itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa memicu diabetes. Dengan menghindari faktor pemicunya, maka Anda akan terhindar dari diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *