Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips dan Cara Menghilangkan Bau Kaki

Cara Menghilangkan Bau KakiMenjaga kebersihan dan kesehatan pada kaki tidak kalah pentingnya dengan menjaga kebersihan anggota tubuh lainnya.

Masalah yang biasa paling sering timbul akibat kurang memperhatikan kebersihan kaki yang paling umum adalah munculnya bau atau aroma yang tidak sedap, terutama setelah memakai sepatu atau alas kaki lainnya.

Masalah bau kaki membuat kita kurang percaya diri terutama jika berada di tempat umum. Jujur, bau kaki bisa membuat harga diri kita jatuh ke tingkatan paling rendah.

Mereka yang ketahuan memiliki kaki yang berbau tidak sedap akan dipandang sebagai orang yang jorok dan tidak menjaga kebersihan dirinya sendiri. Padahal, belum tentu hal itu benar.

Kadang kala kita sudah berusaha maksimal menjaga kebersihan kaki kita, tetapi bau tetap saja muncul. Jika hal ini juga terjadi pada anda, bagaimana cara mengatasinya?

Sebelum lebih jauh membahas tentang tata cara menghilangkan bau kaki, hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa bau kaki bukan hanya disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan dipengaruhi oleh berbagai hal, baik yang berhubungan dengan perawatan kebersihan kaki itu sendiri, maupun yang berkaitan dengan jenis sepatu/sendal dan kaos kaki yang sering kita gunakan.

Nah, pada artikel ini tim redaksi DokterCantik.com akan membahas sejumlah tips dan cara menghilangkan bau kaki yang mungkin dapat membantu anda.

Obati dengan Cara Herbal

Bau pada kaki dapat diatasi dengan menggunakan ramuan herbal yaitu campuran daun sirih dan garam dapur. Caranya adalah dengan merebus 20-40 lembar daun sirih yang sudah tua dengan air kira-kira 2.000 ml lalu tuangkan garam dapur sebanyak 4 sdm.

Biarkan ramuan mendidih selama 15 menit kemudian aduk hingga rata. Setelah hangat air ramuan tersebut dijadikan rendaman untuk kedua kaki dan menggenanginya hingga mata kaki. Lakukan cara ini selama kaki Anda anda masih mengeluarkan aroma yang berbau tidak sedap.

Jaga Kebersihan Kaos Kaki

Jangan pernah menggunakan sepatu tanpa kaos kaki, menggunakan kaos kaki paling lama 2 hari kemudian cuci lagi. Menggunakan sepatu tanpa kaos kaki sangat rawan menimbulkan bau pada kaki.

Gunakan Sepatu Berbahan Kulit

Memilh sepatu bukan sebaiknya bukan hanya berdasarkan harga, melainkan pilihlah sepatu yang bahannya terbuat dari kulit. Sepatu dari bahan kulit memiliki cukup pori-pori bagi kaki untuk mendapatkan oksigen. Jika kaki mendapatkan cukup oksigen dan udara segar, maka bau kaki bisa kita hindari.

Jaga Kebersihan Sepatu

Mencuci sepatu minimal seminggu sekali, paling tidak selalu menjemur sepatu di bawah terik matahari dapat menghindarkan Anda dari bau kaki yang tidak sedap. Selain itu, jagalah sepatu Anda dari kelembaban untuk mencegah hidupnya bakteri di dalamnya. Bakteri di dalam sepatu akan menjadi salah satu penyebab munculnya bau kaki.

Rawatlah Kaki dengan Baik

Rawatlah kaki Anda dengan selalu menjaga kebersihannya. Lakukan pedikur secara teratur, gunting kuku yang panjang dan jangan biarkan kotoran menempel. Gunakanlah buah belimbing untuk membersihkan dan memutihkan kuku anda. Jika dilakukan secara konsisten, semua hal ini akan menghindarkan Anda dari terjadinya bau busuk pada kaki.

************

Demikianlah beberapa tips dan cara menghilangkan bau kaki, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Jika Anda sudah mencoba sejumlah cara di atas dan belum dapat membantu memerangi bau kaki, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Bisa saja terdapat bakteri atau virus tertentu yang menyebabkan bau kaki Anda sulit diobati hanya dengan cara-cara sederhana di atas.

Salam sehat!