Fakta Menarik Tentang Senyawa Citric Acid

Loading...

Buah-Buahan Sumber Asam Sitrat atau Citric Acid

DOKTERCANTIK.COM – Bagi orang awam, istilah Citric Acid tentu saja jarang sekali terdengar. Tetapi kalau “asam nitrat” mungkin sudah tidak asing lahi, meskipun mereka tidak tahu secara detail apa dan bagaimana kandungannya.

Nah, masih ingatkah Anda dengan beberapa mata pelajaran saat SMA khususnya pelajaran kimia? Yah, dalam pelajaran kimia seringkali nama Citric Acid ini diperbincangkan dan menjadi pembahasan. Lalu apa sebenarnya pengertian Citric Acid (asam sitrat) itu?

Citric Acid (asam sitrat) adalah senyawa asam organik lemah. Biasanya senyawa ini ditemukan pada daun atau buah pada tumbuh-tumbuhan. Jenis tumbuhan yang mengandung asam sitrat cukup tinggi adalah jeruk lemon, jeruk purut dan jeruk nipis.

Memang senyawa ini tidak begitu diperhatikan masyarakat awam, tapi bagi mereka ahli kimia tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk mengetahui pengertian dan beberapa fakta menarik tentang asam sitrat. Namun sebenarnya semua orang harus tahu betul tentang asam sitrat, bukan hanya pengertiannya tapi juga beberapa manfaat untuk kehidupan manusia.

Jika kita sudah membahas mengenai pengertian Citric Acid (asam sitrat), kini saatnya kita mengetahui beberapa kegunaan dari senyawa ini.

Manfaat dan Kegunaan Citric Acid

Sebenarnya banyak sekali manfaat dan kegunaan dari asam sitrat, namun sayangnya tidak banyak orang tahu dan faham mengenai hal ini. Senyawa ini biasanya digunakan untuk bahan pengawet makanan yang sangat baik dan alami. Wah, pasti hal ini sangat membantu kegiatan manusia.

Selain itu senyawa ini juga bisa digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan atau minuman ringan. Tidak sedikit orang yang terkadang menginginkan makanan yang berasa masam dan segar, apalagi para ibu-ibu hamil yang menyukai rasa ini.

Penambahan asam sitrat adalah cara paling mudah dan aman untuk memberi kesan rasa masam dan segar. Masih ada lagi lho manfaat dari senyawa ini. Khusus untuk kegiatan biokimia asam sitrat ini juga terjadi dalam mitokondria yang sangat berguna untuk perkembangan metabolisme tubuh.

Tidak hanya itu senyawa ini juga dapat digunakan untuk zat pembersih yang sangat ramah lingkungan. Yang terakhir adalah dapat digunakan sebagai bahan antikoksidan. Wah, ternyata banyak sekali manfaat dari senyawa ini. Tentunya ini fakta menarik yang harus diketahui banyak orang.

Apakah Citric Acid Aman Dikonsumsi?

Lalu bagaimana dengan masalah keamanannya? Mungkin kebanyakan orang selalu bertanya tingkat keamanan dalam menggunakan bahan tertentu. Hal ini tentu saja merujuk pada hasil maupun efek yang nantinya akan ditimbulkan.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, senyawa Citric Acid adalah bahan yang sangat alami dan aman untuk digunakan. Asam sitrat juga dikategorikan sebagai bahan yang aman untuk berbagai jenis makanan maupun minuman. Bahkan badan pengawas makanan nasional dan internasional sudah mengatakannya dengan jelas.

Sebenarnya tak hanya tumbuhan saja yang memiliki kandungan senyawa ini, manusia dan hewan juga ternyata memiliki senyawa ini dalam tubuhnya. Bagi manusia yang biasanya mengalami kelebihan asam sitrat akan dengan mudah di metabolisme dan dihilangkan oleh tubuh.

Tidak hanya dalam bentuk tumbuhan atau tanaman, kini asam sitrat juga sudah banyak dijual dalam bentuk bubuk sehingga mudah sekali kita dapatkan. Biasanya untuk pembuatannya sendiri diperoleh dari bahan-bahan alami seperti jeruk, mangga, nanas, lemon, dan beberapa buah jenis berry.

***

Nah, demikianlah beberapa ulasan dan fakta menarik mengenai Citric Acid atau yang biasa dikenal dengan Asam sitrat. Jika Anda sudah tahu pengertian Citric Acid, kegunaan beserta masalah keamanannya kini tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsinya.

Loading...

2 Komentar Pembaca untuk “Fakta Menarik Tentang Senyawa Citric Acid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *