Tips dan Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Loading...

Tips dan Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

DOKTERCANTIK.COM – Seringkali banyak wanita yang selalu sirik dan bertanya-tanya tentang apa rahasia di balik rambut indah berkilau para artis yang ada di TV, atau bahkan teman di lingkungan sekitarnya.

Mengapa rambut mereka lebih halus dan mudah disisir dibanding rambut sendiri yang selalu mengembang bagaikan singa terutama di pagi hari dan sangat sulit diatur?

Tenryata untuk mendapatkan rambut indah yang mudah diatur, seperti hasil dari salon, tidaklah sesulit yang dibayangkan selama ini.

Tips dan cara agar rambut tidak mengembang terutama saat pagi hari baru bangun tidur hanya membutuhkan empat langkah perawatan untuk mengatasinya.

Faktor Penyebab Rambut Kaku

Tetapi sebelum masuk pada tips dan cara agar rambut tidak mengembang ada baiknya diperhatikan terlebih dahulu penyebab rambut mengembang tidak karuan seperti rambut singa.

Faktor Penyebab Rambut Kaku

Rambut mengembang disebabkan oleh kondisi rambut yang terlalu kering dan tidak memiliki nutrisi, sehingga rambut menjadi lebih sulit diatur, dan beterbangan kemana saja.

Kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan oleh para wanita untuk mengatasi rambut kering adalah dengan langsung memilih jalan instan yaitu dengan mengikatnya atau lebih parah lagi, menggunakan produk pelurusan rambut dengan harapan rambut menjadi “jatuh” kembali.

Padahal penggunaan pelurusan rambut pada rambut kering malah menjadikan rambut semakin tidak karuan dan kaku.

Tips dan Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Setelah mengetahui tentang penyebabnya, maka berikut adalah beberapa tips dan cara agar rambut tidak mengembang yang bisa langsung Anda praktekkan di rumah:

Jaga selalu kelembapan rambut

Karena penyebab rambut kering adalah rambut yang mengembang, maka haruslah diperbaiki terlebih dahulu penyebab utama rambut mengembang. Rambut kering biasanya terjadi karena kelembapan dan kandungan minyak alami didalamnya hilang.

Oleh karena itu, biasakan untuk mencuci rambut sejarang mungkin, minimal dua hingga tiga kali dalam seminggu agar minyak alami rambut kembali muncul. Juga jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner yang berfungsi untuk mengembalikan kekuatan dan kelembapan rambut.

Berilah nutrisi pada rambut

Selain menjaga kelembapan dengan menjaga kandungan minyak alami rambut, rambut yang mengembang dapat lebih cepat diperbaiki bila akar rambut memiliki nutrisi. Jangan hanya memperhatikan nutrisi pada kulit, tapi juga perhatikan nutrisi rambut anda.

Pemberian vitamin rambut dan hair tonic terutama yang memiliki kandungan protein, vitamin E, dan zinc sangatlah baik untuk membantu rambut memperbaiki kekeringan dari akar hingga batangnya. Selain memberikan nutrisi secara langsung, ada baiknya diberikan juga nutrisi dari dalam dengan memakan banyak sayur dan buah-buahan.

Proses pengeringan rambut

Rambut yang mengembang karena kering sebenarnya lebih baik menghindari alat pengering rambut dalam bentuk apapun. Biarkan rambut mengering dengan sendirinya setelah mencuci.

Akan tetapi, banyak dari kaum hawa yang tidak tahan bila rambutnya basah terlalu lama, apalagi bagi wanita yang memiliki waktu sibuk, tidak mungkin masuk kerja dengan rambut yang masih basah dan belum diatur sedikit pun.

Oleh karena itu, perhatikan proses pengeringan rambut yang benar. Bungkuslah rambut yang baru dicuci dengan handuk agar air terserap sebagian. Jangan menggosok rambut dengan handuk karena dapat merusak kutikula. Cukup menekan-nekannya secara perlahan.

Persiapkan alat pengering, namun tunggu hingga rambut setengah kering. Jangan lupa oleskan rambut terlebih dahulu dengan pelembab tanpa bilas agar rambut tidak terbakar ketika dikeringkan.

Barulah gunakan hair dryer dengan panas yang medium agar rambut tetap kering dengan sempurna. Jangan menggunakan alat pelurus untuk mengeringkan rambut karena dapat membakar lapisan rambut.

Rajin merawat rambut

Selalu berikan perawatan rambut lebih intensif seperti creambath, masker, atau hair spa setidaknya dua minggu sekali agar rambut dapat lebih cepat beregenerasi dan mengembalikan rambut mengembang anda menjadi lebih teratur.

**

Demikianlah pembahasan kita mengenai faktor penyebab serta bagaimana cara mengatasi rambut yang selalu mengembang dan sulit diatur. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat. Salam cantik selalu!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *