Tips Mengatasi Ketombe Yang Gak Mau Hilang

Loading...

DOKTERCANTIK.COM Nah, masalah yang satu ini tentunya sudah tidak asing ya bagi pembaca semua. Ketombe adalah masalah yang umum terjadi dan tak sedikit orang yang kewalahan dalam mengatasinya. Mengapa orang begitu peduli pada ketombe ini? Tentu karena terkait dengan kepercayaan diri seseorang.

Setiap waktu seseorang akan bertemu dengan orang lain di lingkungannya baik di sekolah, kampus, tempat kerja, di acara arisan warga dan sebagainya. Bila rambut berketombe dan ketombe tersebut terus jatuh serta kelihatan, bayangkan seseorang bisa jadi malu karena khawatir dirinya dianggap tidak bisa menjaga kebersihan diri.

Ketombe sebenarnya bukan hanya terkait dengan kurangnya perawatan rambut dan kepala tapi juga secara alami merupakan proses pengelupasan kulit mati. Sel kulit mati yang terkelupas secara berlebihan tersebut yang kemudian dikenal dengan ketombe.

Bagi kamu yang mengalami ketombe, tidak ada salahnya mengikuti tips di bawah ini. Mana tahu kamu terbantu dalam mengatasi masalah ketombe. Begitu juga kamu yang ingin melakukan usaha pencegahan agar tidak terkena ketombe. Yuk, intip tipsnya :

3 hal terkait shampo

Untuk mengatasi ketombe langkah utama kita adalah berkaitan dengan shampo. Bagaimanapun, hampir setiap harinya kita keramas dan menggunakan shampo. 3 hal terkait shampo yang harus diperhatikan adalah jangan suka gonta ganti shampo, sesuaikan shampo dengan jenis kulit dan gunakanlah shampo anti ketombe kalau sedang ketombe saja.

Terus menerus berganti shampo juga bisa berakibat fatal. Setiap merek shampo pada umumnya memiliki kandungan yang berbeda. Bila sudah ketemu shampo yang sesuai sebaiknya tidak mengganti lagi dengan yang lain.

Juga usahakan menggunakan shampo yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak terjadi iritasi, kulit kepala lembab dan sebagainya. Begitu juga, gunakanlah shampo anti ketombe sewajarnya saja. Kalau tidak sedang mengalami ketombe tidak apa-apa tidak memakai shampo anti ketombe.

Waspadai produk kecantikan rambut

Selain memperhatikan shampo, hal yang tak kalah pentingnya adalah mewaspadai produk kecantikan rambut lainnya yang Anda gunakan.

Beberapa produk seperti pewarna rambut, styling rambut, wig dan lainnya bisa saja menjadi pemicu munculnya ketombe. Perhatikanlah kebersihan dan zat-zat yang dikandungnya.

Merawat rambut dengan benar

Salah satu penyebab yang mungkin saja menyebabkan ketombe adalah kurang tepatnya perawatan rambut. Umpamanya setelah keramas rambut tidak diberi cahaya matahari. Belum kering tapi sudah ditutup dengan hijab, kupluk, topi dan sebagainya.

Cara membilas dan keramas juga bisa berpengaruh. Bila bilasan rambut tidak bersih dan sisa-sisa shampo tertinggal di kepala, maka bisa jadi akan membuat kulit kepala bermasalah.  Juga sebaiknya gunakan kondisioner dan shampo sesuai petunjuk penggunaan.

Hindari menggaruk kepala secara berlebihan

Salah satu alasan mengapa ketombe tidak hilang-hilang bahkan makin parah dati hari ke hari adalah kebiasaan yang suka menggaruk kepala secara berlebihan.

Tahukah Anda hal ini hanya akan memperparah kerusakan kulit. Dengan begitu ketombe tidak akan  serta dikhawatirkan akan menimbulkan penyakit lainnya seperti infeksi.

Ramuan alami

Di pasaran memang sudah banyak beredar shampo anti ketombe serta obat dan ramuan herbal yang bisa membantu mengurangi ketombe. Kendati begitu, bagi kamu yang ingin mengobati ketombe sendiri secara alami juga tidak ada salahnya.

Selain praktis juga hemat biaya. Beberapa ramuan alami yang terbuat dari lidah buaya dan lemon sering digunakan untuk mengatasi ketombe.

Konsultasi dengan ahlinya

Bila sudah melakukan berbagai cara tapi ketombe tetap tidak hilang, sebaiknya berkonsultasilah dengan orang yang ahli dalam masalah ini seperti dokter.

***

Nah, demikianlah tips dan rahasia mengatasi serta mencegah ketombe yang perlu kamu ketahui. Sudah siap steril dari ketombe?

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *