5 Tips Penting Dalam Membeli Baju

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Saat ini berbagai macam model dan merk baju sudah mendominasi pasar fashion di Indonesia. Bahkan sepertinya tidak hanya di Indonesia saja, melainkan di seluruh dunia. Bagaimana tidak, merek-merek asing pun sudah mulai masuk ke pasar fashion Indonesia. Ini menandakan bahwa minat dan perilaku  konsumtif terhadap fashion di Indonesia sudah semakin berkembang.

Anda mungkin mengenal beberapa merk baju seperti Polo, Crocodile, Cole, dan beberapa merek pakaian ternama lainnya yang sering terpampang di toko-toko fashion atau pakaian di sekeliling kita. Tidak mengherankan memang jika merek-merek tersebut masih berada di pasar fashion Indonesia mengingat minat pasar yang ramai terhadap pakaian-pakaian tersebut.

Meskipun demikian, ramainya pasar fashion di Indonesia ini tidak menjamin bahwa pakaian yang dijual di pasaran akan selalu awet ketika dikenakan. Bahkan tidak hanya itu, baju bermerk pun seringkali tidak atau kurang cocok dikenakan oleh beberapa orang. Ini berarti bahwa baju bermerk sekalipun tetap membutuhkan kejelian kita dalam membelinya.

Apa saja yang perlu kita perhatikan sebagai pertimbangan ketika membeli baju? Berikut akan kami bagikan informasi dan beberapa tips yang mestinya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika anda akan membeli baju.

1. Baju yang nyaman

Jika anda termasuk orang yang selalu mengutamakan merk di atas segalanya, anda bisa memilih merk yang biasanya menjadi langganan anda dalam memilih dan membeli pakaian. Mengapa demikian? Kenyamanan dalam mengenakan baju adalah prioritas utama bagi seseorang.

Anda akan merasa canggung ketika anda mengenakan baju yang anda rasa kurang nyaman, bukan? Bagi beberapa orang, mengenakan merk pakaian yang tidak biasanya dikenakan akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berpakaian. Ini terjadi pada beberapa orang yang merasa canggung ketika mengenakan pakaian dengan merk yang pasaran.

Namun jangan lupa bahwa pakaian bermerk tidak menjamin anda cocok mengenakannya. Anda tetap perlu memerhatikan warna dan model baju tersebut. Belilah baju dengan model dan ukuran yang benar-benar cocok untuk anda.

Anda bisa mengajak saudara, rekan, atau suami/ istri anda ketika membelinya, sehingga anda bisa meminta saran kepada mereka ketika mencoba. Tidak semua yang kita lihat bagus, akan tampak bagus pula oleh orang lain.

Ingat, penampilan anda tentunya akan dilihat oleh orang lain, sehingga menanyakan saran kepada orang lain terkait dengan baju yang anda kenakan bisa menjadi salah satu faktor penting apakah anda cocok atau tidak mengenakan pakaian tersebut.

2. Lupakan merk baju

Jika anda termasuk orang yang tidak terlalu memerhatikan merek, anda bisa membeli baju dengan merek-merek biasa yang tentunya tidak kalah bagusnya dengan baju-baju bermerek.

Baju-baju yang dijual di luar sana bahkan biasanya memiliki model dan bahan yang lebih bagus dibanding dengan baju-baju bermerk yang dijual di butik atau di mall. Tidak heran jika kita sering melihat orang berbondong-bondong untuk membeli baju di toko-toko pakaian atau distro yang ada di pasaran.

3. Bahan baju

Tidak kalah pentingnya bagi anda untuk memerhatikan bahan baju yang digunakan pada baju yang akan anda beli. Bagi banyak orang, bahan pakaian menjadi prioritas utama dalam memilih baju. Ada yang beranggapan bahwa percuma kita beli baju bermerk jika bahan bajunya tidak nyaman ketika dikenakan.

Dalam hal ini, anda harus tahu bahan-bahan baju apa saja yang cocok untuk anda kenakan. Beberapa orang bahkan ada yang alergi ketika mengenakan baju dengan bahan tertentu. Inilah mengapa bahan pakaian penting untuk diperhatikan.

4. Perawatan baju

Hal penting ke-empat yang harus diperhatikan ketika membeli baju adalah cara perawatan baju tersebut. Pada baju-baju bermerk, biasanya akan terpampang cara perawatan baju tersebut. Biasanya peringatan ini diletakkan di bagian dalam pakaian di sisi kerah dengan simbol-simbol tertentu. Ini bertujuan agar anda bisa merawat pakaian anda dengan baik.

Contohnya adalah gambar setrika yang dicoret yang berarti anda tidak boleh menyetrika pakaian tersebut dengan suhu yang terlalu panas atau bahkan anda tidak boleh meyetrikanya. Pada intinya, jangan sampai anda mengabaikan hal ini.

Banyak orang yang menganggap ini sebagai hal sepele, namun pada akhirnya mereka akan mendapati pakaian mereka rusak hanya karena tidak memerhatikan cara perawatannya. Perawatan pakaian penting agar awet dan tahan lama dikenakan.

5. Harga baju

Kelima dan yang terakhir adalah harga yang ditawarkan. Ketika membeli baju, coba anda lihat harga yang tertera di baju tersebut. Dengan catatan, anda jangan membelinya dahulu. Jika anda memiliki waktu yang longgar, anda bisa mencoba untuk membandingkan harga di toko yang satu dengan toko yang lainnya.

Umumnya harga di toko yang satu dengan di toko yang lain itu berbeda. Bahkan perbedaannya tidak sedikit dan lumayan bagi anda yang ingin lebih berhemat dalam berbelanja.

**

Kelima tips di atas bisa menjadi bahan pertimbangan sekaligus referensi bagi anda dalam anda memilih dan membeli baju. Harapannya adalah agar anda tidak kecewa ketika anda membeli baju dan mengenakannya. Yang perlu anda ketahui adalah bahwa tidak semua baju cocok dan nyaman untuk kita kenakan. Perhatikan model, bahan dan harga yang ditawarkan sehingga kita tidak kecewa dan bisa mendapatkan pakaian yang awet untuk kita kenakan.

Selamat berbelanja baju!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *