Tips Dan Cara Mempertahankan Nafsu Makan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu masalah yang sering dialami sebagian besar kita adalah turunnya nafsu makan pada waktu-waktu tertentu. Ada orang yang tidak menganggap serius masalah ini tapi ada juga orang yang sangat memperhatikan dan peduli dengan masalah menurun atau menghilangnya nafsu makan.

Bagaimanapun harus diingat bahwa kehilangan nafsu makan dalam jangka waktu lama bisa membahayakan tubuh sendiri. Tak mustahil kemudian seseorang jatuh sakit bahkan sampai dirawat di rumah sakit. Mengapa demikian? Makan dimaksudkan untuk mensuplai zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh tetap sehat bugar dan siap untuk beraktivitas.

Bila aktivitas makan tersebut kemudian berhenti, secara otomatis tubuh tidak mendapatkan zat-zat yang dibutuhkan. Terjadilah kekurangan nutrisi sehingga kemudian metabolisme tubuh akan terganggu. Tidak hanya akan membuat seseorang kurang nyaman, menurutkan nafsu makan yang berkurang juga bisa membuat seseorang lemah tak berdaya.

Nah, bila keadaan seseorang demikian, tidak hanya sakit yang dirasakan, semua aktivitas pun terpaksan harus dihentikan. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi kan? So, agar nafsu makan Anda bisa meningkat kembali dan tetap terjaga, yuk disimak tips berikut ini :

Kenali penyebab masalah

Menurunnya nafsu makan disebabkan oleh berbagai faktor dan faktor penyebab tersebut kadang berbeda pada setiap orang. Masalah nafsu makan ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan, usia, penyakit, efek samping mengkonsumsi obat, masalah psikis serta kondisi kejiwaan dan sebagainya.

Terkait kebiasaan misalnya kegemaran suka minum dan makanan junk food, kebiasaan yang tidak menjaga pola makan dan sebagainya. Bagi sebagian orang tua, menurunnya nafsu makan disebabkan oleh faktor usianya. Selain itu, mengkonsumsi obat tertentu seperti obat pilek, obat diet dan lainnya juga mungkin berpengaruh pada nafsu makan.

Kehilangan nafsu makan juga disebabkan karena menderita penyakit terutama penyakit yang berhubungan dengan alat pencernaan seperti lambung. Kadang demam juga bisa menyebabkan kurangnya selera makan. Pikiran yang tidak tenang, terganggu serta diri yang stress maupun depresi juga memicu turunnya nafsu makan. Kenali mengapa Anda mengalami masalah penurunanan nafsu makan terlebih dahulu sebelum memutuskan upaya yang akan ditempuh untuk menanggulanginya.

Minum suplemen

Meminum suplemen baik berupa sirup atau pil penambah nafsu makan juga bisa dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan kembali nafsu makan. Akan tetapi, harus dicatat bahwa karena terbuat dari campuran zat kimia tentu saja juga mengandung efek samping tertentu.

Air putih, sayur dan buah-buahan

Ketika badan lemah dan nafsu makan sangat menurun sebaiknya perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah-buahan. Cara ini dalam keadaan tertentu jauh lebih baik karena minim efek samping, hanya saja bukan cara instant. Jus tomat, jus jeruk dan memakan pisang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Begitu juga dengan sayur-sayuran seperti bayam, daun singkong juga bisa membantu asupan gizi dan vitamin.

Sediakan makanan kesukaan

Menjemput kembali nafsu makan yang hilang juga bisa dengan menyediakan makanan kesukaan. Coba dipikir apa saja daftar makanan yang disukai, cobalah secara bertahap mulai dari yang paling disukai agar lebih menggugah selera makan.

Buat daftar menu yang berbeda

Menu yang sama dalam jangka waktu yang panjang tidak bisa membantu dalam mengembalikan nafsu makan karena membuat bosan, eneg dan sebagainya. Variasikan menu makanan atau cobalah makanan jenis baru sehingga sedikit lebih tertantang untuk makan.

Perhatikan tampilan hidangan

Kadang selera makan itu tidak muncul karena tampilan makanan baik wadah atau pun penyajian yang kurang menarik. Perhatikanlah tampilan hidangan dan pilihlah yang kira-kira membuat Anda semangat makan.

Dorongan psikologis

Salah satu penyebab mengapa nafsu makan turun adalah gangguan psikologis. Cobalah untuk menenangkan pikiran dan hati. Percayalah bahwa semua masalah akan selesai dan ditemukan solusinya selama terus berusaha. Perbanyaklah berdoa agar jiwa semakin tentram. Jika masalah pikiran dan kejiwaan ini sedikit berkurang maka nafsu makan akan muncul lagi.

Sedikit demi sedikit

Dalam mengembalikan nafsu makan, sebaiknya tidak mengambil porsi besar karena kadang bagi sebagian orang itu malah menakutkan dan menyurutkan keinginan untuk makan. Belum apa-apa sudah merasa tidak mampu makan. Makanlah secara bertahap. Kalau bisa tetap diusahakan makan sedikit demi sedikit meskipun kurang suka dan terasa pahit.

Konsultasi pada dokter

Jika sudah melakukan berbagai cara dalam jangka waktu tertentu tapi nafsu makan tetap hilang, maka sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter mana tahu Anda membutuhkan pertolongan khusus.

***

Nafsu makan memang sebuah masalah yang terkadang terjadi secara alami. Kendati demikian, agar tetap sehat kita juga tidak boleh membiarkannya menguasai kita dalam jangka waktu lama. Ingat ya, kalau kita kurang makan maka kita bisa sakit. Kalau kita sakit semua harapan kita juga tertunda. So, gapailah energi Anda kembali.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *