Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

Loading...

Ilustrasi Daya Ingat Otak

DOKTERCANTIK.COM – Otak adalah salah satu organ tubuh yang membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja dan menjalankan fungsinya secara normal. Sama seperti organ tubuh lainnya, fungsi otak dapat terganggu dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, agar fungsi otak berjalan dengan optimal, maka Anda harus menjalani gaya hidup yang sehat dan pola makan yang benar. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang menyedakan suplai nutrisi pada otak.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memberikan nutrisi pada otak. Apa saja makanan tersebut? Simak pemaparannya berikut ini:

Ikan Laut

Makanan yang pertama adalah ikan laut. Ikan laut mengandung asam lemak Omega 3 yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol darah dan menurunkan tekanan darah.

Seseorang yang mengonsumsi ikan laut seperti ikan salmon, tuna dan ikan haring akan mampun untuk menyimpan informasi baru dan mengingat informasi lama dalam otaknya karena kandungan omega 3 pada ikan yang memberi otak lebih banyak oksigen.

Sayuran

Makanan yang kedua adalah sayuran. Sayuran sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua umur, dari anak-anak hingga dewasa. Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mengandung asam folat dan vitamin E yang sangat baik untuk otak.

Selain itu, sayuran yang mengandung vitamin B12 dan vitaim B6 dapat memecahkan kadar homosistenin yang bisa menyebabkan lupa dan penyakit Alzheimer sehingga bisa mempertahankan memori dalam otak.

Buah Alpukat

Makanan selanjutnya adalah buah alpukat. Buah alpukat dapat menurunkan resiko terkena Alzheimer karena kaya akan sumber antioksidan vitamin E.

Buah Beri

Makanan selanjutnya adalah buah beri. Berbagai macam buah beri seperti buah strawberyy, blueberry dan raspberry adalah makanan yang mengangung banyak anti oksidan.

Anti oksidan sangat dibutuhkan bagi otak untuk meningkatkan fungsi otak. Dengan meningkatnya fungsi pada otak, maka penuaan pada otak akan berjalan lebih lambat sehingga memori otak akan jauh lebih meningkat.

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Selain buah-buahan, biji-bijian juga sangat dianjurkan. Contohnya adalah biji bunga matahari. Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang baik untuk tubuh.

Kacang-kacangan juga baik untuk meningkatkan daya ingat otak. Meskipun mengandung lemak, kacang-kacangan seperti kacang tanah dan selai kacang adalah sumber lemak sehat dan mengandung vitamin E. Kacang tanah dan selai kacang bermanfaat untuk menjaga otak dan jantung sehingga keduanya tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Gambaran Memory Otak

Gandum

Makanan yang terakhir adalah gandum. Menurut penelitian, gandum sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan karena sirkulasi darah pada otak menjadi lancar sehingga fungsi otak memiliki kualitas yang sangat baik.

Beberapa makanan yang mengandung gandum ialah roti gandum, beras merah dan havermut. Nah, itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi agar otak bisa berfungsi secara optimal. Sediakan makanan tersebut dalam menu harian Anda dan biasakan untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *