5 Tips Merawat Pakaian Sutra Agar Awet

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Pakaian yang menggunakan bahan kain sutra tentu saja merupakan pilihan yang tepat. Hal ini jelas dikarenakan jenis pakaian tersebut sangat indah, elegan membalut tubuh dan membuat anda nyaman memakainya. Selain itu, kain sutra populer sebagai salah satu kain terbaik di dunia, dengan tekstur kain yang mulus, lembut dan tidak licin.

Akan tetapi, anda harus menyadari bahwa jenis pakaian yang satu ini tentu saja tidak murah harganya. Sangat disayangkan apabila tidak mampu untuk merawat pakaian sutra tersebut. Melakukan kesalahan dalam perawatan pakaian berbahan sutra akan menjadikan rusak dan tidak istimewa lagi.

Menjaganya supaya tetap awet sangat wajib untuk anda lakukan. Berbeda dengan jenis kain lainnya, merawat kain sutra tentunya memerlukan perawatan spesial. Inilah beberapa langkah yang harus anda lakukan.

Jangan Gunakan Mesin Cuci

Pertama, langkah awal yang harus anda lakukan adalah tidak menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian yang satu ini. Cobalah untuk melihat pada bagian kerah pakaian berbahan kain sutra tersebut. Biasanya akan terdapat tulisan Dry Clean Only. Artinya adalah anda harus menggunakan jasa binatu untuk mencuci pakaian anda yang berbahan sutra tersebut. Pastikan untuk memilih jasa binatu yang akan memberikan anda layanan pencucian Dry Clean.

Jika ingin mencucinya sendiri, pastikan bahwa anda mencucinya secara manual supaya anda bisa mengira-ngira bagaimana teknik mencuci yang benar untuk pakaian kain sutra ini. Yang perlu anda ingat adalah jangan sampai ada bagian yang terlipat pada saat anda merendam baju sutra ini. Apabila ada bagian yang kotor dan perlu dikucek maka kuceklah dengan perlahan dan jangan sampai merusak pakaian tersebut.

Cuci Dengan Air Hangat

Kedua, pada saat anda mencuci pakaian sutra ini maka sebaiknya anda mencucinya dengan air hangat. Mencuci dengan air hangat terbukti mampu untuk membuat kain sutra anda tidak mudah rusak saat anda mencucinya nanti. Temperatur yang anda butuhkan untuk mencuci pakaian tersebut cukup hanya 30 derajat celcius saja.

Mengapa anda harus menggunakan air hangat? Dengan menggunakan air hangat, maka hal tersebut dipercaya akan membuat pelapis kain sutra anda menjadi bersinar dan indah. Setelah itu, segera bilas kain sutra anda tersebut sampai bersih. Jumlah bilasan yang bisa anda lakukan adalah 2 sampai dengan 3 kali banyaknya.

Gunakan Sabun Cair atau Shampo

Ketiga, pastikan untuk tidak sembarangan dalam menggunakan deterjen pada saat anda mencuci baju anda yang berbahan sutra tersebut. Gunakanlah sabun cair untuk mencucinya. Mengapa anda tidak boleh menggunakan deterjen? Hal ini jelas dikarenakan kain sutra yang anda miliki sangat sensitif dengan deterjen yang mengandung senyawa alkali, akan memudarkan warna dan merusak serat kain sutra. Ini jelas akan mengurangi kualitas kain sutra.

Jangan Diperas

Keempat, banyak orang yang melakukan kesalahan ini. Saat anda mencuci kain sutra tersebut, jangan sekali-kali anda memerasnya. Hal ini ditakutkan akan membuat pakaian sutra anda tersebut akan rusak serat kainnya akibat anda peras tadi. Maka dari itu, tidak perlu diperas.

Untuk mengeringkannya, cukup diangin-anginkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Bisa juga dikeringkan dengan melapisi kain sutra dengan handuk sehingga air akan terserap oleh handuk, barulah dianginkan. Paparan sinar matahari langsung pada kain sutra akan menyebabkan warnanya memudar.

Gunakan Cuka untuk Bersihkan Noda Membandel

Kelima, terkadang ada noda yang akan sangat sulit sekali dibersihkan di pakaian sutra anda tersebut. Anda bisa menggunakan cuka untuk membersihkan bagian pakaian sutra yang terkena noda tersebut. Setelah itu, gosokkan secara perlahan dengan menggunakan jari anda hingga noda tersebut hilang. Ingat ya, jangan sekali-kali menggunakan pemutih!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *