Cara Pintar Mengatasi Anak Bandel

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Dalam menjaga keharmonisan dengan anak, seorang ibu perlu pintar dalam mengatasi berbagai problem terkait anak. Salah satu masalah yang sering ditemui oleh para ibu adalah sikap anak yang bandel. Banyak para ibu yang tidak bisa menyikapi anak bandel sehingga hubungannya dan anak akan menjadi retak dan kurang harmonis, bahkan banyak ibu yang melakukan cara-cara kasar dalam menghadapi kebandelan anaknya.

Cara ini bukan hanya menambah kebandelan dan kenakalan anak, tapi juga akan berpengaruh buruk bagi psikologi ataupun perkembangan si anak. Sementara, jika seorang ibu bisa menyikapinya dengan baik, maka ia turut mengubah sikap negatif anak menjadi sikap yang positif. Kebandelan anak pun bisa dihilangkan.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasi anak bandel tersebut?

Perhatikan Alasannya

Sama halnya dengan menyikapi seseorang yang alergi, maka si dokter biasanya akan mencari apa penyebab alergi tersebut. Begitu juga langkah pertama dalam mengatasi anak Bandel. Anak menjadi bandel pasti ada penyebabnya, karena itu coba Anda cari tau apa sebenarnya penyebab Anak Anda menjadi bandel.

Apakah karena ia tengah mengantuk, kelaparan, menginginkan sesuatu atau tengah marah dan kecewa. Hal-hal tersebut kadangkala bisa membuat anak menjadi bandel. Nah, jika Anda tau penyebabnya, maka Anda akan mudah dalam mengatasinya.

Intropeksi diri

Penyebab anak menjadi bandel kadangkala bisa juga disebabkan karena kurangnya perhatian dari Anda atau karena Anda terlalu memanjakannya. Kesibukan Anda terhadap pekerjaan, teman atau kegiatan lainnya hingga melupakan sang anak akan menjadi resep bagi anak untuk menjadi bandel.

Kondisi ini bisa terjadi lantaran sang anak melampiaskan rasa kekesalan dan kesepiannya dengan melakukan apapun yang dia suka dan menjadi seenaknya sendiri. Sebaliknya, sikap terlalu memanjakan anak juga akan membuat anak menjadi bandel dan nakal saat keinginannya tidak dipenuhi. Karena itu, sayangilah anak Anda dan beri dia perhatian tapi bukan dengan jalan memanjakannya.

Ubah Cara Anda Menasehati

Anak akan menjadi tambah bandel jika Anda menasehatinya dengan cara yang salah. Cara salah yang dimaksud disini adalah seperti membentak, memarahi atau bahkan memukulnya. Ini tidak hanya membuatnya semakin membangkang tapi juga akan membuat psikologinya terganggu.

Cara yang tepat dalam menasehati adalah dengan posisi duduk yang lebih rendah seperti menjongkok. Setelah itu ucapkan keluhan dan nasehat Anda dengan tenang dan lemah lembut. Biasanya anak akan lebih memahami sikap seperti ini dibandingkan dengan cara dan ucapan yang kasar.

Hindari Sebutan Anak Bandel

Kata-kata seperti “Dasar anak bandel” dalam menasehati anak akan menjadikan anak tersebut bertambah bandel. Yang anehnya adalah banyak orang tua yang sengaja memanggil anaknya dengan sebutan “si Bandel” apakah karena terbiasa atau karena hal lainnya. Kondisi ini, meskipun terlihat kecil tapi akan berdampak besar bagi sikap anak.

Jangan salah, ia akan benar-benar bersikap bandel seperti yang Anda katakan. Hal ini dikarenakan ucapan tersebut akan memberikan pikiran negatif kepada anak bahwa dia memang anak bandel, maka sikapnya akan semakin menjadi-jadi.

**

Nah, itulah beberapa cara dalam menghadapi anak bandel agar anak tidak bertambah bandel ke depannya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *