6 Cara Alami Agar Terbebas Dari Komedo

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain jerawat, komedo merupakan salah satu hal yang dibenci oleh sebagian orang. Mengapa demikian? Karena komedo memperburuk penampilan dan memberikan kesan kalau wajah tidak bersih serta kotor.

Tak hanya itu, bagi sebagian orang, komedo susah sekali hilangnya. Bahkan ada yang memakai pore pack dan scrub pembasmi komedo setiap hari tapi komedo malah tidak pergi-pergi. Bukannya berkurang tapi malah makin subur.

Jika Anda termasuk bagian yang mengalami hal tersebut, tidak ada salahnya mencoba cara-cara yang lebih alami untuk mengatasinya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips terbebas dari komedo dengan cara yang alami dan mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda.

Rajin membersihkan wajah

Perlu diketahui bahwa komedo merupakan kotoran dan minyak yang bersembunyi di balik pori-pori kita. Oleh karena itu, langkah utama memerangi komedo adalah dengan rajin membersihkan wajah. Jika kotoran dan minyak terangkat, otomatis wajah menjadi lebih bersih.

Aktivitas yang padat setiap hari dimana seseorang harus berhubungan dengan dunia luar, disadari atau tidak hal tersebut mempengaruhi kebersihan kulit. Udara yang penuh polusi dan debu tak mustahil menempel di wajah. Apabila kita lupa mencuci wajah, bayangkan saja berapa debu yang menumpuk.

Pembersihan wajah haruslah rutin. Jika tidak, komedo akan muncul lagi. Dianjurkan maksimal mencuci wajah 3 kali sehari. Selain bisa menggunakan sabun dengan PH yang seimbang, juga bisa sesekali menggunakan uap air. Uap air dipercaya bisa membuka pori-pori yang tersumbat akibat debu dan minyak.

Perhatikan makanan

Hubungan makanan dengan komedo mungkin tidak terlalu terlihat. Akan tetapi, jangan salah, kulit kita juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari lho. Hindarilah memakan makanan yang berlemak. Selain itu, seringlah minum air putih agar metabolisme tubuh lancar.

Mengatur penggunaan kosmetik

Komedo bisa jadi tidak disebabkan oleh debu dan minyak yang terdapat di kulit tapi karena kurang hati-hati dalam memilih kosmetik.

Pertama, gunakanlah kosmetik yang terdaftar dan sehat serta sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan memakai kosmetik untuk kulit berminyak jika kulit Anda tidak berminyak. Kedua, jangan lupa membersihkan kosmetik setelah beraktivitas. Perhatikan secara detail dan bersihkan berulangkali agar tidak ada sisa kosmetik di wajah.

Memencet dan memijat komedo

Pijatan dengan jari atau menggunakan alat khusus seperti ekstraktor komedo. Namun, terkait memencet dengan tangan itu sebaiknya dibatasi. Kalau terlalu sering bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Kulit akan semakin buruk apabila tangan tidak dalam keadaan bersih.

Menggunakan masker alami

Di alam banyak tersedia tanaman dan buah-buahan yang bisa membantu dalam perawatan kulit wajah. Beberapa buah yang sering digunakan untuk menghaluskan dan membersihkan wajah yaitu pepaya, lidah buaya, pisang, jeruk nipis, kentang, kacang kedelai dan sebagainya.

Nah, pemakaian masker buah tersebut hampir sama yaitu dengan dihaluskan dan kemudian dioleskan ke wajah. Kalau bisa waktu pemasangan wajah dimassage ringan sebentar. Selain buah-buah tersebut, masker alami yang diyakini bisa mengusir komedo adalah putih telur, es batu, susu, yogurt dan madu.

Konsultasilah dengan ahlinya

Jika komedo tetap tidak mau hilang, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang ahli masalah komedo. Mungkin saja komedo Anda tidak bisa ditanggulangi secara biasa tapi membutuhkan perawatan khusus dan esktra.

***

Untuk mewujudkan wajah terbebas komedo secara alami, hal utama yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ketekunan Anda. So, jangan menyerah ya sampai komedo minggat.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “6 Cara Alami Agar Terbebas Dari Komedo

  1. Apa yah solusi… kalau habis memakai Pembersih Maxi Feel agar muka tidak Rusak dan muncul jerawat2 kecil dan besar di seluruh wajah.. dan mencegah Muncul.a Flek hitam dari dalam Kulit…
    setelah aku sebulan berentih meakai Maxi feel…sekarang mukaq jadi kusam dan berjerawat berminyak dan kering.

    View Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *