DOKTERCANTIK.COM – Kecantikan itu tidak melulu soal wajah. Bagian paling bawah pun mendapat perhatian lebih bagi sebagian orang. Hal ini tidak lain untuk mencapai cantik yang sempurna dari ujung kaki hingga ujung kepala. Salah satu bagian tubuh yang tidak kalah penting adalah tumit.

Memiliki kaki serta tumit yang mulus adalah impian setiap orang. Bukan semata ingin dilihat orang lain, wanita biasanya sangat memperhatikan masalah ini karena memiliki tumit yang bersih dan mulus memberikan kepuasan tersendiri. Selain itu, tumit yang kering dan pecah-pecah juga beresiko menyebabkan penyakit tertentu bila tidak segera ditanggulangi.

Tidak hanya sakit, perih dan berdarah, tumit yang pecah-pecah dan kering juga berpeluang infeksi. Sebagai bagian terbawah, bisa saja tumit bersentuhan dengan bakteri berbahaya ketika menginjak kotoran. Apalagi kalau tumit tidak dilindungi, ini sangat riskan.

5 Solusi Tumit Kering dan Pecah-Pecah

Nah, bagi kamu yang mengalami masalah tumit kering dan pecah-pecah, yuk intip tips berikut ini,

Ketahui faktor penyebab dan hindari

Tumit yang kering dan pecah-pecah disebabkan oleh berbagai faktor seperti efek dari pemakaian obat tertentu, karena cuaca yang kurang bersahabat, penyakit tertentu, berat badan berlebih, cacat kaki dan sebagainya. Kalau masalah tersebut disebabkan oleh cacat dan penyakit yang bersifat permanen, mungkin memang susah untuk mengobatinya.

Akan tetapi, jika masalah tumit kering dan pecah-pecah ditimbulkan oleh sesuatu yang masih bisa diusahakan pengobatannya, maka cobalah untuk menghindari penyebabnya. Oleh karena itu, hal utama adalah mendeteksi penyebab tumit bermasalah.

Jika kemudian diketahui kalau tumit kering dan pecah disebabkan oleh pemakaian obat, maka cobalah mengurangi pemakaian obat tersebut jika memungkinkan. Atau jika masalah tumit disebabkan oleh kelebihan berat badan, cobalah untuk diet secara sehat.

Lebih rajin merawat dan membersihkan

Apapun bagian tubuh apabila tidak diperhatikan dan dibersihkan dengan baik akan mengalami masalah. Bersikap adillah terhadap tubuh Anda. Jangan hanya sibuk mengurus wajah tapi bagian yang lain kurang mendapat perhatian. Tumit misalnya, juga membutuhkan perawatan agar tetap terjaga keindahannya. Sehabis bepergian usahakanlah untuk membersihkan tumit dengan sabun.

Upayakan kelembaban tumit

Solusi untuk tumit kering dan pecah-pecah adalah dengan mengupayakan agar tumit dalam keadaan lembab. Banyak upaya yang bisa ditempuh seperti merendam dengan air hangat, memasang kaus kaki, memakai scrub, lotion, mengoleskan minyak dan memakai beberapa pelembab alami yang berasal dari alam.

Buah-buahan seperti pisang, alpukat, lemon, pepaya, labu siam dan sebagainya dipercaya bisa membantu melembabkan tumit. Caranya adalah dengan menghaluskan seperti membuat masker dan dioleskan. Selain itu, madu, minyak kepala dan lilin parafin juga dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tumit kering dan pecah-pecah.

Menyempurnakan dengan makanan

Tumit kering dan pecah-pecah juga disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, seng, asam lemak, omega 3, dan vitamin tertentu dalam tubuh. Jangan lupa perbanyak mengonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin, zat besi dan mineral seperti kacang-kacangan, sayuran, gandum, susu dan sebagainya.

Jaga dan ubah kebiasaan

Menjaga dan mengubah beberapa kebiasaan juga harus diusahakan untuk mendapatkan tumit yang mulus dan indah. Beberapa kebiasaan seperti menggaruk, tidak pakai sendal, berdiri terlalu lama,dan  aktivitas menggunakan kaki yang berlebihan bisa memicu munculnya masalah tumit.

Begitu juga dengan pemilihan dan pemakaian sepatu serta kaus kaki. Gunakanlah sepatu dan kaus kaki yang nyaman, berbahan lembut dan tidak kasar.

**

Tumit meskipun kecil dan kadang juga tidak kelihatan ketika berjalan karena tertutup sepatu tetap harus dijaga kecantikan dan kebersihannya. Persoalan tumit ini tidak bisa dianggap sepele. Semoga tips diatas membantu Anda dalam menghadapi persoalan tumit kering dan pecah-pecah.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»