Sehat dan Cantik dengan Mengelola Emosi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Berbicara tentang kiat mencapai sehat, selama ini yang terbayang di pikiran sebagian besar kita adalah dengan makanan dan minuman yang mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Begitu juga usaha mencapai cantik, selain mengandalkan makanan dan minuman, juga disibukkan dengan pemakaian kosmetik serta berbagai operasi kecantikan.

Sebenarnya ada satu hal yang sering dilupakan dalam usaha mencapai sehat dan cantik yaitu mengelola emosi. Tidak banyak orang diantara kita yang mengetahui dan menyadari bahwa emosi ternyata memiliki kaitan penting dengan kesehatan dan kecantikan. Emosi memang bukan sesuatu yang tidak tampak tapi sebenarnya berpengaruh terhadap jiwa manusia. Sudah banyak lho penelitian para ahli di Inggris dan Amerika tentang pengaruh emosi terhadap kesehatan.

Sementara itu, pengaruh kesehatan jiwa terhadap kesehatan raga tidak diragukan lagi. Jika jiwa sakit, raga juga bisa sakit dan keinginan untuk tampil cantik itu harus tertunda. Tentu saja Anda tidak mengharapkan hal itu terjadi bukan?

Nah, untuk mencapai sehat dan cantik, tips mengelola emosi berikut ini mungkin akan sangat berguna :

Tidak gengsi dengan emosi

Ketika emosi negatif seperti marah, kecewa, sedih dan sebagainya muncul, kebanyak dari kita tidak mau menerima kenyataan kalau kita memang sedang marah dan kecewa. Kita malu mengakui emosi yang kita rasakan karena takut harga diri kita turun di depan orang lain.

Mengakui kita emosi tidak selalu harus disampaikan kepada orang lain tapi yang ditekankan adalah menerima kenyataan bahwa kita adalah makhluk yang tidak sempurna dan memiliki emosi negatif adalah wajar. Dengan penerimaan ini, kita akan sedikit lebih tenang dan dengan rendah hati mau introspeksi diri serta tidak membabi buta menurutkan emosi yang berapi-api.

Cobalah selingi dengan aktivitas lain

Agar tidak terkena resiko sakit jantung, susah tidur dan sebagainya karena marah yang meledak-ledak, sebaiknya ketika marah berusahalah menjauhi orang yang kita marahi sementara waktu.

Keluar rumahlah dan sedikit jalan-jalan atau berolahraga, ke tempat karoke, mendengarkan musik, menari dan sebagainya. Ini merupakan penglihan emosi negatif pada aktivitas lain. Dengan ini dimungkinkan emosi negatif akan turun secara perlahan.

Kalau bisa, berbagilah

Banyak orang yang kecewa, marah dan sakit hati tapi mereka memendamkan perasaan yang tidak enak tersebut sendiri. Menyampaikan kepada orang yang bersangkutan mungkin memang tidak tepat. Namun, sampaikanlah isi hati Anda kepada orang yang Anda percaya. Menyampaikan curahan hati bisa mengurangi dan meringankan penderitaan sehingga hidup terasa lebih baik dan sehat.

Menyendiri sementara waktu

Selain berbagi dan menyalurkan hobi, ketika sedang dikuasai oleh emosi negatif tidak ada salahnya Anda menyendiri dulu sementara waktu agar emosi turun.  Dalam menyendiri ini evaluasilah diri sendiri. Ingat bahwa bisa jadi orang tidak salah tapi kita yang terlalu sensitif.

Tanya hati kecil Anda

Emosi negatif sering muncul karena kekecewaan kita pada orang lain. Walaupun orang yang salah, ingat juga bahwa setiap orang pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin pada suatu waktu Anda sendiri juga menimbulkan emosi negatif pada mereka.

Tuhan saja selalu memaafkan hambanya. Apa salahnya berusaha memaafkan karena sebenarnya memaafkan itu justru membuat jiwa dan raga kita semakin sehat. Seorang ahli dari Stanford University, Amerika menemukan bahwa orang yang belajar memaafkan akan terhindar dari dari gejala kejiwaan dan fisik seperti sakit punggung akibat stres, susah tidur dan sakit perut.

Terus menabung  emosi positif

Teruslah isi jiwa Anda dengan emosi positif seperti memaafkan, ikhlas, rendah hati, tenang, cinta dan sebagainya. Emosi positif tersebut tanpa disadari akan membuat hidup Anda lebih indah dan lebih sehat. Semakin banyak emosi positif yang ditabung, semakin sehat pula jiwa Anda. Begitu juga dengan raga.

**

Nah, demikianlah beberapa tips untuk mengelola emosi Anda. Emosi memang  tidak berbentuk seperti makanan atau minuman yang dikonsumsi untuk nutrisi sehat tubuh Anda tapi emosi sangat berperan penting dalam kesehatan dan kecantikan Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *