Junk Food dan Resiko Penuaan Dini

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Junk food merupakan jenis makanan yang sudah jelas tidak sehat. Akan tetapi masih banyak saja orang yang mengonsumsinya dengan alasan jenis makanan yang satu ini tidak merepotkan saat disajikan dan juga memiliki rasa yang lezat. Tapi, tahukah anda bahwa makanan tersebut ternyata berpotensi besar untuk membuat tubuh anda mengalami penuaan dini?

Hasil temuan terbaru dari para ahli di Amerika membuktikan bahwa jenis makanan yang satu ini akan membuat kulit anda cepat keriput dengan presentase 35%. Itu artinya, makan junk food sama dengan memperpendek usia anda. Sekaligus membuat anda terlihat lebih tua di usia yang bahkan masih 25 – 35 tahun.

Apa yang memicu timbulnya penuaan dini pada makanan cepat saji tersebut? Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai junk food dan  zat yang terkandung dalam junk food yang membuat anda cepat tua.

Zat Rhodamin

Makanan olahan yang tidak mengandung nutrisi sama sekali seperti kentang goreng, hamburger, sosis, pizza, waffle, dan lain sebagainya ternyata sebagian besar menggunakan bahan kimia yang bernama Rhodamin! Bahan yang satu ini sangat berpotensi untuk membuat tubuh anda mengalami masalah kerusakan kulit.

Faktanya, Rhodamin merupakan pewarna sintesis yang banyak digunakan pada industry kertas dan juga tekstil. Penggunaan bahan tersebut sebenarnya dilarang digunakan kepada makanan, akan tetapi masih banyak industri makanan yang pada kenyataanya menggunakan bahan tersebut. Selain itu, Rhodamin juga akan berakibat pada kerusakan mata, kerusakan kulit dan juga masalah lainnya.

Pewarna Kuning Metanil dan Formalin

Para peneliti dari Amerika melakukan penelitian terhadap beberapa jenis makanan cepat saji yang ada di restoran di Amerika. Hasilnya, mereka menemukan bahwa terdapat kandung formalin dengan presentase sebesar 30% pada produk makanan cepat saji berupa hamburger, kentang goreng, dan pizza tersebut.

Di dalamnya juga terdapat kandungan berupa pewarna kuning metanil dengan presentase 15% banyaknya. Padahal zat formalin tersebut berfungsi untuk bahan perekat kayu. Ditambah lagi formalin juga merupakan bahan yang digunakan di rumah sakit untuk mengawetkan mayat!

Jika anda masih terus membiasakan makanan yang mengandung formalin dan metanil ini, sudah pasti tubuh anda lama-lama akan mengalami penurunan kualitas. Kulit anda lama kelamaan akan keriput. Kemudian, banyak penyakit berbahaya yang menyerang tubuh anda, semisal kanker dan penyakit jantung.

Rhodamin B

Zat yang satu ini memiliki bahaya yang lebih parah dibandingkan dengan membuat anda cepat tua. Bahan kimia yang satu ini akan membuat iritasi pada bagian kulit, mata, dan juga saluran pencernaan. Ditambah lagi, dalam jangka panjang akan memicu timbulnya kerusakaan pada bagian hati.

**

Oleh karena itu, mulai dari sekarang anda harus berpikir dua kali sebelum anda mengkonsumsi makanan cepat saji. Bisa jadi jenis makanan tersebut nantinya malah akan berpotensi membunuh anda lebih cepat dibandingkan dengan penyakit jantung.

Menurut observasi yang dilakukan beberapa peneliti, banyak penjual makanan cepat saji yang tega melakukan hal tersebut (menambahkan bahan pengawet formalin, rhodamin, dan pewarna) supaya bisa mendapatkan uang lebih banyak.

Jadi, masih mau mengonsumsi junk food?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *