3 Vitamin Pencegah Laju Penuaan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Penuaan merupakan kondisi alami yang mesti terjadi pada setiap orang seiring berjalannya waktu. Penuaan dini pertama kali bisa terlihat pada kuli, yaitu dengan timbulnya garis-garis halus, keriput, kerutan, kasar dan kusam, pori-pori besar, kulit tidak elastis dan kering. Meskipun penuaan pasti terjadi, tapi paling tidak Anda bisa memperlambat “kehadirannya” dan menghindari terjadinya penuaan dini.

Karena dipungkiri atau tidak, banyak wanita yang justru mengalami penuaan sebelum waktunya. Satu orang yang memiliki umur yang sama (umur kronologi) belum tentu memiliki umur fisiologis (umur berdasarkan kondisi fisik) yang sama. Anggap saja mereka sama-sama berumur 50 tahun. Tapi jika Anda perhatikan, yang satunya masih terlihat berumur 30 sementara yang satunya terlihat berumur 60 tahun.

Yah, hal ini bisa saja terjadi karena karena gaya hidup yang kurang baik atau karena faktor luar lainnya. Gaya hidup ini bisa seperti stres, polusi udara, kurang berolahraga, pola makan yang tidak baik, dan beberapa contoh lainnya. Yang pasti, gaya hidup yang kurang baik dan tidak sehat memberi andil terbesar bagi terpicunya penuaan dini.

Sebagai wanita normal, tentu saja kita ingin terhindar dari penuaan dini dan bisa tampil awet muda. Salah satu yang bisa Anda andalkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini yaitu dengan mengomsumi vitamin. Beberapa jenis vitamin dipercaya mampu mencegah laju penuaan, dan beberapa jenis vitamin tersebut yaitu:

Vitamin C

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang baik untuk melawan zat radikal bebas penyebab penuaan dalam tubuh. Vitamin C merupakan vitamin yang berkhasiat dalam menyembuhkan luka pada kulit dan melindungi perubahan warna kulit.

Selain itu, C juga membantu produksi kolagen yaitu komponen hydroxyproline dan hydroxylysine yang membuat kulit tampak kencang. Sementara, kekurang kolagen akan membuat kulit kusam dan tidak bercahaya.Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari jambu merah, jeruk, pepaya, tomat, bayam, kentang, paprika dan beberapa jenis buah dan sayuran lainnya.

Vitamin E (tokoferol)

Selain vitamin C, vitamin lain yang bisa mencegah laju penuaan pada kulit adalah vitamin E. Ada dua jenis vitamin E yang paling dikenal yaitu Tocoferol dan Tocotrienol, tapi diantara dua tersebut, tokoferol merupakan jenis yang paling aktif dalam mengatasi beberapa masalah pada kulit.

Vitamin E berfungsi meningkatkan daya tahan kulit terhadap kerusakan akibat sinar UV dan bertindak sebagai antioksidan yang membantu melawan racun berbahaya dan radikal bebas.

Selain itu, vitamin juga memperkuat sel jaringan kulit, mengurangi infeksi peradangan dan menghilangkan kusam dan kekeringan pada kulit. Sumber vitamin E bisa Anda temukan pada almond, biji-bijian, anggur, stroberi, bayam, blueberry, teh hijau, dan beberapa makanan lainnya.

Vitamin B

Jenis Vitamin B yang dikenal berkhasiat terhadap kecantikan kulit adalah B1, B2, B5 (asam pantotenik), B6, B3 (niasin) serta vitamin B12. Vitamin ini banyak digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit.  Vitamin B kompleks ini bias Anda temukan dalam daging, ikan, susu, kacang, sereal, telur, udang, keju dan sayuran hijau.

**

Nah, itulah beberapa jenis vitamin yang berfungsi menekan laju penuaan pada kulit. Tapi Anda tidak bisa hanya mengandalkan vitamin saja, Anda juga harus mendukungnya dengan menjauhi gaya hidup yang tidak sehat. Perbanyak minum air putih, banyak mengkomsumsi sayur dan buah, berolahraga dan atur bagaimana pola makan Anda. Semoga Anda berhasil mendapatkan kulit yang awet muda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *