Kiat Ampuh Agar Berhenti Merokok

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Merokok bukan hal yang jarang lagi kita temui pada zaman sekarang, bahkan tidak hanya lelaki, tapi juga wanita dan anak-anakpun sudah mulai mencoba bagaimana nikmatnya merokok. Tanpa mereka sadari, sebenarnya merokok secara perlahan telah merusak ogan paling penting yaitu paru-paru. Dan, tidak hanya itu saja, bahaya merokok bagi kesehatan bukan menjadi rahasia lagi.

Survey Ikatan Ali Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan bahwa setiap jam sekitar 46 orang meninggal dunia karena penyakit yang berhubungan dengan merokok di Indonesia.

Bagaimana tidak? Setidaknya terdapat 7.000 zat kimia dalam satu batang rokok dan 200 jenis diantaranya bersifat karsinogenik yang memicu kanker dan penyakit dalam tubuh. Sehingga banyak sekali jenis penyakit yang bisa dihasilkan karena merokok. Penyakit ini tidak hanya berlaku bagi si perokok tapi juga orang sekitarnya yang menghirup asap rokok tersebut.

Sejatinya, orang yang merokok paham dengan bahaya merokok. Hanya saja mereka merasa kesulitan untuk menghentikan kegiatan tersebut karena sudah kecanduan. Sehingga tidak heran, perokok tersebut akan terus merokok meskipun Anda sudah mengingatkannya berkali-kali. Karena itulah, diperlukan niat dan tekad yang kuat dari si perokok sendiri untuk berhenti merokok.

Nah, jika Anda seseorang yang ingin terlepas dari merokok, maka beberapa kiat ampuh agar berhenti merokok berikut ini akan berguna:

Berniat & Menjalankannya dengan Sungguh-Sungguh

Agar bisa berhenti merokok Anda harus berniat sungguh-sungguh dalam diri Anda bahwa Anda akan berhenti merokok. Karena tanpa ada niat dari Anda, seberapapun susahnya keluarga atau teman menasehati Anda maka Anda juga tidak akan sukses untuk berhenti merokok. Niat tidak akan lengkap tanpa menjalankannya.

Jalankan niat Anda tersebut dengan sungguh-sungguh. Jangan sampai, dua hari Anda berhenti kemudian hari berikutnya Anda kembali merokok. Karena itulah, dibutuhkan niat yang kuat dan konsisten dalam menjalankannya. Nah, setelah Anda memiliki niat dan kesungguhan, maka Anda bisa meminta bantuan kepada orangtua atau teman.

Menyibukkan diri dengan kegiatan positif

Waktu yang sering digunakan oleh perokok adalah setelah makan ataupun pada saat-saat tertentu. Oleh karena itu, cobalah tandai kapan waktu-waktu yang biasanya sering Anda gunakan untuk merokok kemudian atur strategi dengan cara menyibukkan diri pada waktu-waktu tersebut.

Seperti misalnya, jika Anda terbiasa merokok setelah makan, maka sibukkan diri Anda setelah makan. Karena biasanya, tangan dan mulut Anda akan selalu tergerak untuk merokok karena sudah kebiasaan. Jenis kesibukan yang bisa Anda lakukan seperti misalnya langsung menggosok gigi, berjalan-jalan, ataupun kembali melihat pekerjaan dan kegiatan Anda.

Ganti kebiasaan merokok dengan menghisap permen

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk berhenti merokok adalah dengan mengganti kebiasaan merokok Anda dengan menghisap permen. Hal ini dilakukan karena mulut perokok sudah terbiasa untuk menghisap rokoknya sehingga ia merasa aneh jika tidak lagi merokok. Karena itu, mengganti dengan permen termasuk cara yang ampuh.

Lihat Bahaya dan kisah nyata akibat merokok

Sering-seringlah membaca buku ataupun media online yang membahas tentang bahaya merokok. Biasanya banyak sekali buku ataupun media online yang membahas tentang bahaya merokok.

Cari juga kisah nyata yang telah banyak terjadi di masyarakat karena efek buruk merokok. Atau Anda bisa lihat juga dengan jelas tulisan di bungkus rokok yang nyata-nyata menuliskan bahaya rokok tersebut. Dengan melihat itu, maka akan semakin memantapkan semangat Anda untuk segera berhenti merokok.

**

Nah, itulah beberapa kiat yang perlu Anda lakukan untuk berhenti merokok, tidak hanya untuk lelaki tapi juga untuk wanita perokok. Selain itu, karena yang menghirup asap rokok juga memiliki andil besar terkena bahaya rokok bahkan lebih besar dari perokoknya sendiri, maka yang perlu Anda lakukan untuk menyikapinya adalah dengan tidak dekat-dekat dengan orang yang tengah merokok.

Jika yang merokok itu keluarga Anda sendiri, maka peringatkan dia akan bahaya merokok dan bantu dia untuk keluar dari kebiasaan rokok tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *