10 Manfaat dan Keunggulan Terapi Herbal

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Untuk mencapai sehat dan cantik, secara umum ada dua jalan yang ditempuh yaitu dengan menggunakan produk kosmetik dan obat-obatan kimia modern serta menggunakan produk traditional. Perawatan kecantikan dan kesehatan dengan menggunakan produk traditional yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam yang dioleh secara alami.

Namun, pada kenyataannya, penggunaan produk herbal jauh tertinggal dibanding kosmetik dan obat-obatan kimia. Padahal, perawatan kecantikan dan kesehatan dengan herbal memiliki kelebihan yang banyak.

Nah, berikut 10 kelebihan terapi kesehatan dan kecantikan dengan herbal yang perlu Anda ketahui.

Pelan tapi menyeluruh

Pengobatan dengan herbal mungkin dihindari sebagian orang karena dianggap lama cara kerja atau proses penyembuhannya. Berbeda dengan produk kimia yang hasilnya cepat kelihatan dan dikenal instant. Namun, ketahuilah bahwa terapi herbal ini merupakan pengobatan dan perawatan kecantikan yang pelan tapi menyeluruh.

Manfaat herbal tidak hanya sebentar dan pada bagian tubuh tertentu saja tapi dimungkinkan dalam jangka waktu lama serta bekerja pada seluruh tubuh.  Kurang lebih seperti kita memakan  buah-buahan yang kemudian disalurkan  ke seluruh tubuh dan memberi manfaat bagi banyak anggota tubuh.

Tidak merusak anggota tubuh lainnya

Sebagian dari obat-obatan dan produk kecantikan kimia yang menjanjikan hasil dalam waktu singkat memiliki bahan tertentu yang dalam jangka waktu panjang bisa merusak beberapa anggota tubuh. Bahkan ada zat-zat yang sangat berbahaya yang bisa membuat sehat dan cantik seketika tapi penggunaan jangka panjang  malah seperti membunuh diri secara pelan-pelan. Ini karena zat tersebut memang tidak seharusnya masuk ke dalam tubuh  dan ada zat yang dibolehkan tapi dibatasi penggunaannya.

Herbal secara umum tidak menimbulkan kerusakan pada anggota tubuh yang lain tapi malah membantu menyehatkan dan mempercantik anggota tubuh lainnya.

Namun, ada dua hal harus digarisbawahi yaitu herbal yang akan digunakan dan jumlah penggunaannya. Tentu tidak semua tanaman yang ada di alam bermanfaat untuk kita. Begitu juga dengan jumlah pengggunaanya. Jangan mentang-mentang karena dari alam terus kita menggunakan sesuka hati kita.

Mudah didapat

Salah satu kelebihan terapi herbal yang tidak diragukan lagi adalah mudah didapat. Herbal ada disekeliling kita bahkan di pekarangan rumah sehingga tidak perlu dicari jauh-jauh. Bagi mereka yang tinggal dikampung jauh lebih mudah lagi dalam mendapatkan herbal. Menemukan herbal di daerah yang masih asri dan belum banyak bangunan jauh lebih mudah dibanding perkotaan. Namun, di kota herbal juga banyak ditanam orang di kebun dan pot sehingga ketika memerlukan mereka tinggal memetik di depan atau belakang rumah.

Hemat biaya dan waktu

Sebagaimana yang dikatakan sebelumnya, herbal sangat mudah didapatkan. Hal ini berarti bahwa pada umumnya untuk mendapatkan herbal tidak membutuhkan biaya yang besar serta waktu yang banyak.

Penggunaan dan pemakaian yang mudah

Tak hanya itu penggunaan dan cara pemakaian herbal juga sangat mudah, simple dan praktis. Pada umumnya herbal dihaluskan atau diblender kemudian diminum atau dioleskan. Tidak menuntut banyak tenaga dan ribet.

Digunakan secara turun temurun

Kelebihan yang tak kalah pentingnya dari herbal adalah telah digunakan sejak dulu kala oleh nenek moyang kita secara turun temurun. Herbal tidak hanya digunakan oleh orang tua kita terdahulu tapi juga telah digunakan oleh orang-orang di luar negeri seperti di Cina, India dan sebagainya. Bahkan ahli-ahli pengobatan pada masa lampau seperti Ibnu Sina yang dikenal sebagai bapak kedokteran telah menggunakannya.

Minim efek samping

Obat dan produk kecantikan kimia tertentu cenderung memiliki efek samping mulai dari efek samping ringan sampai tingkatan terberat. Cobalah lihat di berbagai kemasan obat dan produk kecantikan, ada dibuat efek sampingnya. Sementara perawatan kecantikan dan kesehatan dengan bahan-bahan yang berasal dari alam diyakini banyak pihak minim efek samping. Efek samping timbulnya karena penggunaan yang kurang bijak dan berlebihan.

Mulai diminati dunia pengobatan modern

Herbal memang tergolong pengobatan dan perawatan traditional tapi akhir-akhir ini dunia pengobatan modern mulai melirik herbal karena efek samping yang minim. Tak heran bila kemudian kita mengenal banyak bermunculan produk herbal yang telah diolah dan dibuat dalam kemasan.

Rasanya yang enak dan segar

Herbal yang rasanya hambar dan pahit bisa dihitung jari. Umumnya herbal itu segar dan enak rasanya apalagi herbal yang berjenis buah-buahan. Bahkan terkadang ketika memakan herbal kita seperti memakan buah-buahan dan minum sesuatu yang biasa saja. Tidak seperti meminum obat.

Punya segudang manfaat

Baik di dalam negeri maupun di luar negeri, ilmuwan sedang gencar meneliti berbagai bahan yang terkandung dalam herbal. Banyak para ahli yang menemukan manfaat dalam herbal dan hal itu membuat mereka mengambil fokus dalam penelitian herbal untuk kecantikan dan kesehatan.

***

Nah, bagaimana? Semoga setelah mengetahui kelebihan-kelebihan  diatas sekarang Anda sudah semakin mantap dan tidak meragukan terapi herbal lagi.  Semoga informasi tersebut memperkaya pengetahuan Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *