9 Tips Agar Luka Cepat Sembuh

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Hampir tidak ada orang yang tidak pernah terluka kulitnya. Entah karena pisau, kayu, seng atau karena benda lain yang bisa menggores kulit. Luka ini bisa datang kapan saja, tanpa disadari dan tanpa di sengaja. Namun, tidak semua orang yang lukanya bisa cepat sembuh. Jangankan sembuh, malah bertambah parah.

Nah, jika Anda juga mengalami hal tersebut, tidak ada salahnya mencoba 10 tips agar luka cepat sembuh di bawah ini :

Jangan terlalu sering kena air

Usahakan agar luka tidak sering terkena air karena hal itu bisa membuat luka menjadi lembab sehingga luka lama kering. Selain menimbulkan rasa pedih, luka yang sering terkena air dikhawatirkan akan lama lembuh karena selalu berair dan lembek.

Perhatikan kebersihannya

Pada awal terjadinya luka, cobalah membersihkan darah yang muncul akibat luka tersebut. Bersihkanlah dengan kapas yang sedikit basah untuk menghapus sisa-sisa debu atau material kecil yang terbawa oleh benda yang menyebabkan luka tersebut.  Terlebih luka yang disebabkan oleh benda yang sudah berkarat, ini harus benar-benar dibersihkan agar karat tidak mengendap dan tertinggal dalam kulit.

Jaga jahitan agar tetap tertutup

Jika luka yang Anda alami ternyata kemudian dijahit, dalam keadaan tertentu usahakan selalu agar  jahitan tersebut  tertutup misalnya ke kamar mandi. Luka yang terbuka ketika masuk kamar mandi dikhawatirkan kuman akan mudah masuk apalagi kalau bagian yang luka berada di area yang mudah dijangkau kuman seperti telapak kaki.

Tahan dari tangan Anda

Ini salah satu yang membuat sebagian orang kurang sabar yaitu menggaruk luka. Luka bisa saja menyebabkan gatal-gatal sehingga kita selalu ingin menggaruknya.Akan tetapi, kita harus ingat bahwa dengan menggaruk maka luka bisa saja semakin dalam dan juga bisa terinfeksi oleh tangan kita yang mungkin kurang bersih.

Sesekali beri cahaya

Tidak ada salahnya sesekali dan dalam jangka waktu tertentu luka dibuka agar mendapatkan cahaya sehingga cepat kering. Namun, tidak boleh membuka luka di sembarang tempat apalagi kalau di tempat kotor dan  berdebu.

Pakai olesan alami

Sebelum menggunakan salep luka berbahan kimia sebaiknya coba dulu menggunakan olesan yang terbuat dari bahan alami seperti kunyit, daun-daun tertentu yang biasanya digunakan untuk mengeringkan luka.

Perhatikan penggunaan plester

Menggunakan plester luka adalah salah satu alternatif yang  sering digunakan oleh remaja untuk menyembuhkan luka. Selain itu, mereka juga senang menggunakan plester karena bisa menutup luka. Luka di area yang mudah kelihatan membuat mereka kurang percaya diri. Tak heran bila kemudian membeli plester yang bergambar unik dan lucu untuk menutupi luka serta menambah gaya.

Namun, haruslah bijaksana memakai plester. Jangan satu plester dipakai sampai berhari-hari. Selain dikhawatirkan kotor, plester yang berhari-hari tidak dilepas juga menyebabkan kulit pucat dan kurang mendapat cahaya matahari.

Berhenti menggunakan salep bila tidak sembuh

Terkait penggunaan salep kimia, untuk mencapai hasil maksimal sebaiknya gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang ada di kemasan. Sebelum memilih salep, juga harus cermat dan konsultasi apakah itu memang salep luka atau bukan. Jika telah lama menggunakan salep tapi tidak ada perubahan sebaiknya penggunakan salep dihentikan.

Luka serius hubungi dokter

Jika luka Anda tidak sembuh-sembuh bahkan makin parah dari hari ke hari, sebaiknya bersegeralah mengunjungi dokter yang ahli menangani masalah ini agar luka Anda mendapatkan perawatan yang maksimal. Ini merupakan pencegahan dari kemungkinan terburuk.

***

Nah, dengan tips di atas semoga Anda tidak khawatir lagi kalau suatu saat terluka serta semoga bisa membantu dalam menyembuhkan luka Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *