Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Flu merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi pada saat pergantian musim kemarau ke musim hujan dan pada saat musim hujan itu sendiri. Penyakit ini bisa disebabkan karena virus RNA dari familia Orthomyxoviridae (virus influenza) menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, saluran bronkial dan paru-paru. Virus Influenza bersifat menular dari sehingga tidak heran jika ruang tunggu dokter akan mulai penuh pada saat musim hujan.

Flu hampir sama dengan pilek dengan ciri-ciri seperti hidung mengeluarkan cairan atau lendir, sakit tenggorokan, pilek, demam, sakit kepala, hidung tersumbat, hilangnya nafsu makan dan beberapa gejala lainnya. Jika dilihat secara sekilas, penyakit ini mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya jika flu dibiarkan begitu saja, maka akan menimbulkan kondisi lebih parah seperti mual dan muntah bahkan berujung pada kematian.

Karena itu, untuk mencegah terjadinya flu saat musim hujan, beberapa kiat berikut akan berguna.

Gunakan Masker

Diawal sudah dikatakan bahwa virus penyebab flu sangat mudah berpindah dan meluar, karena itu usahakanlah pakai masker jika Anda hendak keluar. Hal ini dilakukan agar flu yang terjadi pada orang didekat Anda tidak tertular kepada tubuh Anda sendiri.

Selain itu, penggunaan masker ini juga berfungsi agar Anda tidak mudah terserang virus ataupun bakteri yang tengah bertebangan di udara. Jika terlalu ribet, Anda bisa membawa sapu tangan dan tutup hidung saat orang didekat Anda flu atau bersin.

Perbanyak komsumsi Vitamin C

Vitamin C terbukti berkhasiat dalam meningkatkan sitem kekebalan tubuh dari penyakit dan radikal bebas. Dengan mengkomsumsi vitamin C, maka antibody akan terbentuk untuk membentengi diri Anda dari penyakit, termasuk juga dari virus penyebab flu ini. Sumber vitamin C terbaik bisa Anda dapatkan dari jambu, jeruk, pepaya dan beberapa jenis buah lainnya.

Mandi setelah badan kuyup karena kehujanan

Jika Anda hendak keluar rumah, upayakanlah selalu membawa perlengkapan seperti mantel ataupun payung agar Anda tidak kehujanan. Tapi, jika Anda sudah terlanjut kehujanan, jangan lupa untuk keramas dan mandi setelahnya. Banyak orang beranggapan bahwa jika sudah mandi dengan air hujan, maka tidak masalah jika tidak mandi lagi.

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena tidak mustahil jika air hujan tercemar dan mengandung partikel polusi, kuman, virus dan bakteri yang menjadi sumber utama penyakit. Biasanya penyakit juga akan mudah berkembang saat tubuh mengalami perubahan suhu yang drastis. Karena itu, meskipun Anda sudah basah kuyup dengan air hujan, Anda tetap harus mandi dan mengganti baju agar tubuh Anda kembali fit dan hangat.

Hindari Merokok

Pada kondisi normalpun, Anda juga dianjurkan untuk tidak merokok, apalagi saat musim hujan. Asap rokok akan melemahkan system pernapasan dan membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga virus influenza akan lebih mudah menyerang pada system pernapasan tersebut.

Komsumsi yang hangat-hangat

Sup, teh, ataupun jeruk hangat sangat cocok dikomsumsi pada musim hujan. Hal ini dikarenakan sup ataupun teh hangat berperan dalam mempertahankan suhu tubuh agar tetap hangat selama hujan. Selain itu, komsumsi air hangat atau sup ini juga akan membantu melancarkan alat pernapasan dan meredakan sakit di bagian tenggorokan.

Sehingga tidak heran, jika orang yang tengah flu memilih untuk mengkomsumsi teh hangat agar hidung dan tengorokannya menjadi lebih nyaman dan lega.

**

Nah, itulah beberapa tips untuk mencegah terjadinya penyakit flu pada musim hujan. Selain itu, ada baiknya Anda rajin mencuci tangan karena tangan merupakan media yang beresiko menularkan virus influenza sehabis bersalaman.

Kiat tersebut sebenarnya juga bisa Anda lakukan untuk pencegahan flu pada musim apapun. Karena sejatinya, flu tidak mustahil juga terjadi pada musim-musim lainnya. Semoga artikel ini berguna.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *