Tips dan Cara Mencegah Osteopororis

OsteopororisOsteoporosis adalah penyakit tulang yang bisa beresiko patah tulang karena disebabkan oleh perubahan struktural jaringan tulang sehingga kekuatan tulang menurun. Osteoporosis biasa juga disebut pengeroposan tulang.

Pengoroposan tulang lebih banyak terjadi pada wanita. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena wanita cenderung lebih sering mengalami kekurangan nutrisi tulang.

Yang lebih sering terjadi adalah osteoporosis primer, yaitu terhentinya produksi hormon akibat faktor usia, hal ini banyak dialami oleh para manula dan kaum perempuan.

Osteoporosis primer terdiri dari dua tipe yaitu osteoporosis primer tipe 1 yang erat kaitannya pada hormon dan masa menopause pada perempuan, dan osteoporosis primer tipe 2 yang berkaitan dengan proses penuaan pada tulang.

Secara umum, osteoporosis disebabkan oleh kekurangan beberapa nutrisi penting untuk tulang, diantaranya:

  • Kekurangan vitamin D
  • Kekurangan vitamin K
  • Kekurangan vitamin C
  • Kekurangan Kalsium
  • Kekurangan Magmesium
  • Kekurangan Kalium
  • Kekurangan Mineral

Cara Mencegah Osteoporosis

Salah satu cara untuk mencegah terjadinya osteoporosis adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium tinggi. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium adalah susu, keju, yoghurt, ikan kering, ikan sarden, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, osteoporosis juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi obat dan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral penguat tulang. Berolahraga secukupnya dengan teratur juga akan membantu Anda mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Demikianlah beberapa tips dan cara mencegah osteoporosis yang dapat Anda coba lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, pencegahan lebih dini untuk terhindar dari osteoporosis adalah hal yang lebih bijaksana, daripada menunggu datangnya osteoporosis lalu mengobatinya.