8 Cara Ampuh Mencegah Stress

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tidak ada orang yang steril dari stress baik stress tingkat tinggi maupun ringan. Stress bisa datang kapan saja, kepada siapa saja dan dimana saja. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah stress bisa menganggu kesehatan anda baik itu kesehatan fisik maupun mental.

Selain membuat tidak nyaman, stress juga bisa merusak kehidupan anda. Oleh karena itu, sebelum terjangkit stress sebaiknya anda harus mengupayakan pencegahan. Bagaimanapun mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati. Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari stress :

Menjalin hubungan yang baik dengan sesama

Hubungan yang tidak harmonis dan penuh pertengkaran akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Tidak hanya itu, anda juga akan kehilangan orang-orang yang sangat dicintai. Hal ini menyebabkan anda kesepian, merasa tidak dicintai, dimusuhi, dikucilkan dan sebagainya. Jalinlah hubungan yang baik dengan siapa saja terutama dengan orang-orang terdekat sehingga stress itu jauh dari kehidupan Anda.

Miliki investasi dan tabungan

Salah satu penyebab stress adalah masalah uang. Pemasukan yang kurang sementara pengeluaran terus bertambah bisa membuat anda stress apalagi kalau kehilangan pekerjaan. Berusahalah untuk menabung dan berinvestasi seberapapun kecilnya karena mungkin suatu waktu bisa membantu mengurangi beban Anda.

Atur masalah pekerjaan

Sebagai orang yang bekerja setiap harinya, kita dituntut untuk memenuhi target-target tertentu. Inilah yang kadang membuat anda stress. Begitu juga dengan kenyamanan di tempat kerja. Memiliki pekerjaan yang disukai akan membuat bekerja lebih menyenangkan.

Tubuh yang sehat

Stress juga bisa muncul karena tubuh yang kurang sehat. Berbagai penyakit yang terus datang silih berganti bisa membuat anda menjadi putus asa serta stress. Sebelum ini terjadi, sebaiknya jaga kesehatan agar kehidupan menjadi normal dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Manajemen waktu yang baik

Terkadang stress muncul karena pengaturan waktu yang berantakan. Bila waktu tidak diatur sedemikian rupa, beberapa pekerjaan jadi tertunda sementara pekerjaan tersebut mau tidak mau harus selesai. Akhirnya, anda harus kehilangan waktu untuk urusan pribadi dan istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan. Jika ini terjadi terus menerus, tak mustahil stress akan menyerang.

Lapangkan hati dan pikiran

Hati dan pikiran yang sempit, tidak sabar, mudah emosi, berpikiran buruk dan sebagainya bisa membuat anda stress sendiri. Orang yang tidak mengontrol hati dan pikirannya akan mudah terjatuh dalam situasi dan kondiri yang rentan stress.Hal diakibatkan oleh sifat-sifat buruk yang selalu menetap dalam dirinya.

Jangan memaksakan diri

Stress juga terjadi karena ambisi yang berlebihan terhadap sesuatu. Lakukan sesuatu sesuai dengan kemampuan diri. Begitu juga, impikan sesuatu yang kira-kira bisa diraih. Jangan terkesan memaksakan diri untuk memiliki sesuatu yang belum bisa kita miliki. Bersabarlah dan berusahalah untuk rendah hati.

Selalu Ingat kepadaNya

Stress bisa terjadi tidak hanya karena tubuh yang sakit tapi juga karena jiwa yang bermasalah. Jiwa  yang berpenyakit lebih mudah terserang stress karena kedamaian, ketenteraman dan keikhlasan  itu tidak ada dalam jiwa mereka. Orang yang selalu dekat dengan Tuhan tidak gampang stress karena mereka orang yang bersyukur, sabar, tidak putus asa dari rahmatNya serta mau merelakan sesuatu.

***

Nah, demikianlah beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menghindarkan diri dari stress. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *