Khasiat Ampuh Strawberry Untuk Ibu Hamil

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Selain bentuknya yang sangat unik dan cantik, strawberry ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk kesehatan ibu hamil.Ibu hamil memerlukan komsumsi buah untuk ikut menjaga kesehatan bayi didalam rahimnya dan salah satu buah yang menjadi pertimbangan ibu hamil untuk dikomsumsi adalah buah strawbery ini.

Banyak sekali kandungan yang ampuh untuk menjaga kesehatan ibu hamil dalam buah imut ini. Lalu apa saja khasiat strawberry tersebut?

Menjaga Kesehatan Kulit

Selama masa kehamilan ataupun sebelum melahirkan, ibu banyak mengalami masalah kesehatan seperti misalnya hiperpigmentasi, stretchmark, linea nigra, selulit dan beberapa masalah kulit lainnya. Asam ellagic yang terdapat dalam buah yang termasuk dalam genus fragaria ini menjadi antioksidan yang baik untuk menyehatkan kulit.

Ibu hamil biasanya juga mengalami masalah jerawat karena perubahan hormon. Nah, kandungan asam salisilat, flavoid, dan vitamin C dalam buah ini juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat dan minyak berlebih pada ibu hamil.

Daya Tahan Tubuh Ibu

Ibu hamil membutuhkan daya tahan tubuh yang lebih besar daripada biasanya, karena terdapat bayi dalam rahimnya. Jika daya tahan tubuhnya rendah, maka tidak hanya ibu yang mendapat dampak buruknya tetapi bayinya juga akan mendapatkan dampak buruk.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda, vitamin C yang melimpah dalam strawberry bisa Anda manfaatkan. Sajian 255 gram buah stroberi saja dapat memenuhi lebih dari 150% asupan harian vitamin C. Karena itu, mulailah untuk mengkomsumsi buah merah ini.

Mengurangi Resiko Bayi Lahir Dengan Premature

Kandungan asam folat yang terdapat dalam buah strawberry sangat bermanfaat dalam perkembangan bayi dan mencegah bayi lahir dengan keadaan premature atau cacat. Asam folat ini juga penting dalam membantu perkembangan system syaraf dan pembentukan sel-sel darah merah.

Selain itu, asam folat juga bisa mencegah janin lahir dengan berat badan rendah saat dilahirkan. Kekurangan asam folat ini justru akan menimbulkan diare, anemia, sariawan hingga resiko bayi lahir cacat.

Membantu Perkembangan Otak Bayi

Setidaknya ibu hamil membutuhkan asam folat (vitamin B9) ini 400 mcg setiap harinya. Kandungan asam folat yang lumayan banyak dalam buah strawberry bisa membantu Anda melengkapi asupan asam folat ini. Dilengkapinya asupan asam folat, maka secara langsung atau tidak langsung ikut membantu perkembangan otak bayi.

Jenis cacat tabung saraf yang banyak terjadi pada bayi seperti pina bifide, anencephaly, dan encephalocele bisa diatasi dengan memenuhi asupan asam folat. Selain strawberry, buah lain yang juga mengandung asam folat yang tinggi adalah sereal, hati sapi, bayam, jeruk, alpukat, biji bunga matahari, brokoli, kubis, dan beberapa jenis makanan lainnya.

Mencegah Terjadinya Anemia

Pada saat kehamilan ibu cendrung mengalami anemia yaitu kondisi dimana menurunnya sel darah merah atau hemoglobin. Hal ini bisa disebabkan karena kurang gizi, kekurangan zat besi, atau kehilangan darah saat persalinan ataupun mengalami pendarahan pada masa kehamilan.

Kekurangan darah merah ini akan menyebabkan ibu hamil mengalami kelelahan, pucat hingga mudah pingsan. Kandungan zat besi dalam buah strawberry akan membantu mencegah terjadinya anemia karena buah ini berkhasiat meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

**

Nah, itulah beberapa khasiat buah strawberry untuk ibu hamil. Untuk memanfaatkannya Anda bisa langsung memakan buah strawberry ataupun diolah menjadi jus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *