Cara Alami Mengatasi Gigi Kuning

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ada banyak orang mengalami masalah gigi kuning meskipun ia rajin menggosok gigi setiap harinya. Perlu diketahui bahwa, gigi kuning tidak hanya disebabkan karena malasnya Anda menggosok gigi, tetapi juga banyak penyebab lain seperti karena merokok, sering berenang di kolam yang mengandung banyak klorin, Anggur putih, dan beberapa penyebab lainnya.

Kondisi ini tentu akan membuat Anda merasa tidak percaya diri saat berbicara di depan teman-teman Anda. Karena itu, sebaiknya Anda berusaha untuk memutihkan gigi Anda, bukan dengan obat-obat kimia tapi dengan cara alami agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Nah, untuk itu, beberapa poin berikut akan sangat berguna untuk menghilangkan gigi yang kuning:

Biji Buah Pinang

Biji buah pinang dikenal sebagai salah satu buah yang bisa dijadikan untuk memutihkan gigi yang sudah terlanjur kuning. Biji buah pinang ini tidak hanya mampu memutihkan gigi, tetapi juga bisa membuat gigi lebih kuat dan sehat.

Cara memanfaatkannya cukup mudah yaitu dengan membakar biji buah pinang sampai hangus kemudian dihaluskan. Nah, bubuk biji buah pinang itulah yang digosokkan pada gigi dengan menggunakan kain atau sabuk pinang.

Kulit Jeruk

Selain biji buah pinang, kulit jeruk juga bisa Anda andalkan untuk memutihkan gigi kuning Anda. Caranya cukup mudah yaitu tinggal menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada gigi kurang lebih lima menit. Kandungan serat dan getah pada kulit jeruk dipercaya bisa memutihkan gigi tanpa merusak lapisan emailnya. Hanya saja, ini tidak terlalu cocok bagi penderita gigi sensitive karena kandungan vitamin C dalam kulit jeruk.

Manfaatkan Siwak

Siwak atau Miswak merupakan akar ataupun dahan dari pohon salvadora persica yang dikenal sebagai pembersih gigi dan mulut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa didalam serat pohon ini mengandung bermacam-macam zat yang bermanfaat untuk gigi seperti fluoride, abrasive, antiseptik, astringent, ataupun enzyme inhibitor.

Orang pada zaman dulu bahkan nabi telah menggunakan siwak sebagai pembersih gigi karena selain membersihkan gigi, ia juga bisa menghilangkan bau mulut dan menjaga kekuatan gigi. Belilah batang siwak yang lembut kemudian gunakan sebagai alat bersiwak. Jika Anda menggunakan bahan yang keras, justru akan membuat enfeksi di gusi dan mengikis email gigi.

Strawberry

Tidak perlu ditanya lagi bagaimana keampuhan strawberry dalam memutihkan gigi. Buah ini merupakan buah yang paling terkenal untuk memutihkan gigi dengan kandungan Asam Malatnya. Asam ini dikenal karena kemampuannya dalam mengatasi diskolorasi yang terjadi pada permukaan gigi.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkannya adalah dengan dihaluskan kemudian dilumuri ke permukaan gigi. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menambahkan sedikit baking soda ke dalam strawberry yang telah dihaluskan. Lakukan sekitar satu kali dalam seminggu.

Mengonsumsi Susu

Susu dan sejenis produk susu lainnya mengandung kalsium yang tinggi sehingga akan membantu memutihkan dan menguatkan gigi. Susu ini juga bisa mencegah kerusakan gigi berlubang. Cara memanfaatkannya sangat mudah yaitu tinggal meminumnya secara teratur. Selain mendapatkan gigi yang bersih dan sehat, Anda juga bisa mendapatkan banyak manfaat lain karena mengkomsumsi susu ini.

**

Nah, itulah beberapa kiat agar gigi Anda tampak lebih putih dan tidak kuning. Selain poin-poin diatas, Anda bisa mencegah warna kuning di gigi dengan berhenti merokok, jangan terlalu banyak mengkomsumsi teh herbal atau kopi dan hindari memakai pemutih gigi yang mengandung zat kimia keras. Dengan gigi yang putih, bersih dan sehat Anda akan lebih percaya diri untuk berbicara dan tersenyum kepada orang lain.

Semoga tips tersebut bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *