Jenis Penyakit yang Sering Menyerang Lambung

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Lambung merupakan organ yang berperan penting dalam pencernaan makananan. Ia menjadi tempat mencerna makanan setelah turun dari mulut kemudian mencampur makanan dengan asam dan enzim sehingga bisa dengan mudah melepaskan chyme (bubur makanan) ke usus kecil.

Melihat manfaat lambung yang luar biasa tersebut tentu kita perlu menjaga agar lambung tetap sehat dan tidak mendapatkan malasah. Karena dipercaya atau tidak, banyak sekali jenis penyakit yang bisa menyerang lambung yang jika dibiarkan saja akan menimbulkan kondisi parah. Beberapa di antara banyak jenis penyakit yang sering menyerang lambung yaitu:

Gastro Esophageal Reflux Disease

Salah satu penyakit yang sering menyerang lambung adalah GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease yaitu sejenis penyakit lambung akibat refluks asam lambung. Penyakit ini berlangsung saat asam lambung atau empedu membali ke kerongkongan (esofagus). Gejala yang sering dirasakan hampir mirip dengan gejala pada maag.

Selain itu, penderita biasanya juga kesulitan dan sakit saat menelan, rasa asam di mulut, sering terserang radang tenggorokan dan sering bersendawa. Untuk mencegahnya Anda bisa menghindari kecemasan dan depresi yang berlebihan, jangan langsung tidur setelah makan, jauhi alkohol, banyak berolahraga dan kurangi kebiasaan merokok Anda.

Gastritis (Maag)

Gastritis atau yang akrab dengan sebutan maag ini merupakan peradangan pada lambung karena terjadinya infeksi pada lapisan dinding lambung seperti infeksi oleh bakteri helicobacter pylori. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka akan muncul jenis gastritis atrofikans yang bisa menghancurkan sel-sel pada lapisan lambung yang bermanfaat dalam menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan.

Selain itu, dalam jangka panjang penyakit ini juga akan menyebabkan kanker lambung. Gejala yang sering dialami penderita adalah mual, nyeri perut, sering muntah, kembung dan sesak pada bagian perut,wajah pucat, kepala pusing, dan biasanya juga merasa penuh atau sakit dibagian perut sebelah atas setelah makan.

Untuk mencegahnya, Anda bisa memulai pola makan yang sehat, tidak mengkomsumsi alkohol, hindari stres dan terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit. Untuk pengobatannya sendiri, dokter biasanya menggunakan jenis bahan obat seperti Antasida, Ranitidin, simetidin, pompa proton, Agen cytoprotektif dan antisekretorik.

Gastric Cancer (Kanker Lambung)

Gastric cancer lebih akrab dengan sebutan kanker lambung. Diantara beberapa jenis penyakit lambung, gastric cancer menjadi penyakit yang paling berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Gejala yang sering muncul adalah kehilangan selera makan, kehilangan berat badan, muntah, BAB berwarna hitam dan sakit kronis pada perut.

Hanya saja, kebanyakan penderita baru tau penyakitnya setelah kanker lambung berada di stadium lanjut, karena pada awal terbentuk, kanker lambung tidak menimbulkan gejala yang begitu berarti. Karena itu, pengobatan akan semakin sulit untuk dilakukan. Beberapa pengobatan yang biasa dilakukan untuk mengatasinya adalah bedah, radioterapi, dan kemoterapi.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menjauhi segala faktor resiko seperti merokok, jarang mengkomsumsi buah dan sayuran, alkohol, terlalu banyak mengkomsumsi makanan yang diasinkan atau diasapi, dan beberapa faktor lainnya.

Gastroparesis

Penyakit lain yang sering menyerang lambung adalah gastroparesis atau dikenal juga dengan kelumpuhan lambung. Penyakit ini bisa disebabkan karena kelainan atau tidak adanya kontraksi lambung.

Selain itu, penyebab lain adalah rusaknya saraf vegus yang bertugas mengontrol pergerakan makanan dari perut melalui saluran pencernaan, sehingga otot-otot perut dan usus tidak bekerja normal. Gejala yang sering dirasakan adalah kembung, mual, nyeri di perut bagian atas dan cepat kenyang sewaktu makan. Penyebab paling umum penyakit ini adalah diabetes, sehingga untuk mencegahnya Anda bisa menjauhi diabetes.

**

Nah, itulah beberapa masalah yang sering menyerang lambung. Jika lambung telah terserang penyakit, maka proses pencernaan akan bermasalah. Tidak hanya itu saja, sebagian besar penyakit lambung juga akan berakibat buruk dan menimbulkan gejala pada organ lainnya. Alasan inilah kenapa Anda harus benar-benar menjaga kesehatan lambung dari penyakit-penyakit berbahaya tersebut.

Semoga artikel ini berguna.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *