Tips Menghindari Menopause Dini Pada Wanita

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Menopause merupakan kondisi dimana berhentinya siklus menstruasi secara permanen. Berhentinya siklus haid ini bisa disebabkan karena perubahan hormon pada wanita karena memasuki usia lanjut yaitu diatas 50 tahun. Hanya saja, ada juga sebagian wanita yang mengalami menopause dini yaitu mengalami pemberhentian siklus menstruasi sebelum umurnya mencapai 40 tahun.

Nah, menopause dini ini justru memberikan dampak buruk bagi kesehatannya. Seperti dilansir dari Daily Mail, peneliti dari Imperial College London menyatakan bahwa menopause dini menyebabkan wanita rentan mengalami serangan jantung, stroke dan penyakit tulang atau osteoporosis di kemudian hari.

Tidak hanya itu saja, wanita yang mengalami menopause dini secara langsung atau tidak juga telah kehilangan masa suburnya di usia dini. Karena itu, kita perlu menghindari menopause dini ini agar masa kesuburan Anda berjalan dengan baik dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Perokok Berat

Merokok memang telah dikenal luas akan bahayanya bagi kesahatan, hanya saja tidak banyak yang tau bahwa rokok ternyata juga menjadi faktor resiko terjadinya menopause dini pada wanita. Beberapa peneliti percaya bahwa rokok mengandung zat yang bisa membunuh sel telur yang dihasilkan ovarium.

Jennie Kline, seorang ahli epidemiologi dari New York mengungkapkan bahwa rokok bisa mempengaruhi suatu sistem yang bertugas mengatur hormon estrogen di dalam tubuh wanita. Biasanya, wanita perokok akan mengalami masa menopause dua sampai tiga tahun lebih cepat dari yang seharusnya.

Pola Makan dan Obesitas

Pola makan seseorang juga bisa menimbulkan menopause dini. Diantara pola makan yang bisa menyebabkan menopause dini adalah memakan makanan yang mengandung pestisida ataupun kandungan beracun lainnya. Kandungan beracun inilah yang membuat tubuh perempuan mengalami perubahan hormon termasuk juga hormon kesuburannya.

Tidak hanya itu saja, banyak makan berlemak dan berkolesterol tinggi akan menyebabkan obesitas dimana obesitas inilah yang sering dikaitkan dengan terjadinya menopause dini. Karena itu, disarankan kepada perempuan untuk mulai memperhatikan makanan yang ia makan dan menjalani diet sehat.

Pemakaian Kosmetik secara Berlebihan

Menopause dini juga sering dikaitkan dengan penggunaan kosmetik yang berlebihan apalagi kosmetik tersebut mengandung zat kimia yang berbahaya. Kondisi ini bisa terjadi karena kelompok bahan kimia yang dikenal dengan pthalates yang sering ditemui pada kosmetik bisa menganggu sistem reproduksi wanita termasuk indung telur. Pthalates ini juga meningkatkan diabetes dan obesitas sehingga resiko terserang menopause semakin tinggi.

Stres dan Depresi

Stres yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan menopause dini karena stres dan depresi bisa menganggu keseimbangan hormon. Gangguan keseimbangan hormon inilah yang akhirnya bisa membuat wanita mengalami menopause lebih cepat dari seharusnya. Meskipun stres dan depresi ini menjadi penyebab dominan, tapi ia memberikan andil akan menopause dini karena stres bisa mengakibatkan gangguan kesuburan dan gangguan haid.

Komsumsi Fitoestrogen

Menopause dini juga bisa dikarenakan kurangnya mengomsumsi fitoestrogen (phytoestrogen) yaitu zat yang terdapat dalam makanan yang strukturnya menyerupai estrogen. Zat ini dipercaya dapat menghambat menopause dini karena ia bisa menggantikan fungsi estrogen dan mengganti kekosongan estrogen sehingga organ reproduksi tetap berjalan normal. Sumber utama untuk mendapatkan fitoestrogen adalah kedelai dan jenis kacang-kacangan lainnya.

**

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah menopause dini. Dengan melakukan upaya pencegahan tersebut, maka Anda bisa menjauhi dampak buruk karena terlalu cepat mengalami menopause. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *