7 Cara Merawat Wajah Kusam dan Berminyak

Loading...

Tips dan Cara Merawat Wajah Kusam dan Berminyak

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu hal yang harus diperhatikan jika ingin selalu tampil cantik dan sehat adalah perawatan kecantikan dan kesehatan. Lebih khusus lagi jika Anda memiliki kulit wajah kusam dan berminyak.

Kulit wajah yang berminyak adalah hasil ekskresi dari kulit wajah. Wajah yang berminyak terkadang membuat kita tidak percaya diri. Selain itu, penampilan juga pasti terlihat kurang menarik.

Sebagian orang percaya orang yang memiliki wajah yang berminyak akan terhindari dari keriput. Padahal sebaliknya, dengan memiliki wajah yang berminyak jerawat akan lebih mudah bagi tumbuhnya keriput, apalagi jika wajah tersebut jarang dibersihkan.

Semua orang pastinya tidak ingin mengalami hal tersebut, termasuk Anda bukan? Karena itu, perawatan kulit secara ekstra harus ditlakukan oleh mereka yang memiliki kulit wajah yang berminyak. Bagaimana caranya?

Nah, agar kulit wajah tetap terlihat cantik dan sehat, maka Anda bisa mencoba beberapa tips dan cara merawat kulit wajah kusam dan berminyak berikut ini:

Usap wajah secara rutin

Yang pertama adalah cara dalam mengusap kulit wajah yang berminyak. Gunakan kertas yang khusus digunakan untuk menyerap minyak ketika wajah sudah terlihat berminyak.

Untuk penggunaannya, Anda bisa menepuk-nepuk kertas tersebut dengan pelan. Jangan pernah mengusap kertas tersebut ketika kulit wajah sedang berminyak. Selain dapat merusak make up sehingga menjadi berantakan, kemungkinan besar kulit wajah Anda justru akan mengalami iritasi.

Rajin mencuci wajah

Cara yang kedua adalah dengan rajin mencuci muka. Jangan pernah malas untuk mencui muka, apalagi jika memiliki kulit wajah yang berminyak. Usahakan untuk mencuci wajah secara rutin dua kali sehari. Gunakan sabun wajah yang khusus dibuat untuk wajah yang berminyak.

Gunakan krim tabir surya

Cara selanjutnya dalam merawat kulit wajah yang berminyak adalah dengan menggunakan krim tabir surya, khususnya jika Anda berencana akan keluar rumah. Yang perlu diingat adalah jangan menggunakan krim tabir surya secara berlebihan karena akan membuat kulit wajah semakin tampak berminyak.

Gunakan make up secara wajar

Agar minyak pada wajah dapat terkontrol, gunakan make up secara wajar-wajar saja. Anda bisa menggunakan beberapa macam bahan make up, misalnya bedak dan foundation. Agar penggunaannya dapat maksimal, pilih jenis bedak bubuk atau bedak tabur agar dapat menyerap minyak dengan baik seperti spons.

Perhatikan asupan makanan

Produksi minyak pada wajah ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah makanan. Beberapa jenis makanan bahkan memicu produksi minyak pada kulit, seperti halnya makanan yang pedas-pedas. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan Anda agar produksi minyak di wajah tidak berlebihan.

Lakukan perawatan wajah secara rutin

Ada baiknya Anda melakukan perawatan wajah setiap seminggu sekali, misalnya saja dengan masker, scrub ataupun peeling. Untuk kulit wajah yang berminyak, pilih masker yang menggunakan baha-bahan alami seperti buah-buahan, dan sesuaikan dengan sensitivitas kulit Anda.

Gunakan krim malam jika perlu

Nah. Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan krim malam. Krim malam juga ternyata dibutuhkan untuk perawatan wajah yang berminyak. Mengapa? Karena ketika malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak yang terdapat pada wajah.

***

Nah, demikian beberapa tips dan cara yang bisa Anda lakukan agar tetap terlihat cantik dan sehat meski memiliki kulit wajah yang berminyak. Selama mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *