6 Cara Alami Mengatasi Insomnia

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Susah tidur atau dikenal juga dengan istilah insomnia semakin banyak dialami orang saat ini. Tidak heran bila mulai menjamur komunitas atau kelompok yang anggotanya adalah orang-orang yang menderita insomnia. Pada umumnya, orang yang mengalami insomnia memiliki siklus hidup yang kurang normal. Mereka beraktivitas di malam hari dan tidur di siang hari.

Sekilas keadaan ini mungkin tidak masalah. Namun, telah banyak orang yang mengkaji bahwa pola hidup yang seperti itu berpengaruh buruk terhadap kesehatan.  Oleh karena itu, penderita insomnia seharusnya terus berupaya untuk bisa kembali hidup normal. Bagi orang yang insomnianya sudah mencapai tingkat tinggi, untuk mengatasinya tentu butuh usaha ekstra lagi.

Mengatasi insomnia dengan mengkonsumsi obat-obatan tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan. Mengatasi insomnia dengan cara yang alami boleh dibilang sebuah pilihan yang bijak. Berikut cara mengatasi insomnia secara alami yang perlu diketahui.

Hindari pikiran terlalu berat

Permasalahan hidup yang semakin kompleks dari hari ke hari, mobilitas sosial serta  berbagai tuntutan yang melekat pada seseorang, secara tidak langsung mempengaruhi pola tidur seseorang. Seperti apapun beratnya masalah yang Anda pikul, sebaiknya tetap menjaga pikiran. Hindari berpikir terlalu berat karena bisa membuat Anda stress. Cobalah berbagi dengan orang terdekat sehingga beban pikiran sedikit berkurang.

Miliki ketenangan jiwa

Selain disebabkan oleh pikiran yang berat, insomnia juga bisa dipicu oleh jiwa yang gelisah, tidak tenang dan jauh dari ketenteraman. Semakin gelisah seseorang, kadang semakin susah dirinya memejamkan mata. Milikilah ketenangan jiwa dengan menanamkan sifat ikhlas, berserah diri kepada Sang Pencipta, sabar dan yakinlah bahwa di setiap masalah pasti ada kemudahan.

Kesehatan yang terjaga

Tidur yang kurang berkualitas dan terganggu juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Bila tubuh sakit di bagian tertentu, orang cenderung tidak bisa tidur baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Rajinlah berolahraga, minum air putih yang cukup dan memakan makanan yang sehat sehingga siklus dalam tubuh juga normal.

Jaga kebiasaan tidur siang

Kebiasaan bergadang di malam hari baik itu membuat tugas, berkumpul dengan teman-teman, menonton dan sebagainya, membuat orang kekurangan tidur. Kemudian mereka tidur di siang hari dan tidak bisa tidur di malam hari. Tidak bisa tidur di malam hari ini disebabkan oleh terlalu lama tidur di siang hari.

Memang dibutuhkan pengaturan yang baik untuk tidur siang. Namun, kebiasaan yang seperti ini bagi sebagian orang juga menjadi pemicu munculnya susah tidur di malam hari berkepanjangan. Terlebih kalau mereka tidak bisa mengatur jam tidur siang dengan baik.

Sibukkan diri dengan aktivitas

Seseorang sulit memejamkan mata di malam hari juga disebabkan karena tubuh mereka tidak lelah dan belum butuh istirahat. Cobalah mengisi aktivitas di siang hari sedikit lebih padat. Kalau bisa hindari dulu tidur siang. Bila di siang hari, seseorang sibuk beraktivitas, dimungkinkan di malam hari tubuh membutuhkan istirahat karena merasa lelah. Tidurpun menjadi lebih mudah.

Fokus tidur

Sebaiknya, jika hendak tidur persiapkanlah segala sesuatu yang bisa membuat tidur lebih nyaman. Bersihkan kamar tidur dan miliki selimut maupun bantal yang bersih. Kalau bisa diberi aroma tertentu yang menyegarkan dan bisa membantu tidur. Selain itu, cobalah tidak menonton, internetan, telponan dan sms-an hingga larut malam karena ini bisa membuat mata Anda terjaga terus.

***

Insomnia terkadang muncul lebih banyak disebabkan oleh kebiasaan hidup yang kurang sehat. Hal-hal sepele yang tidak disadari bisa menganggu tidur seseorang. Semoga tips diatas berguna menjemput kembali tidur Anda yang berkualitas.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *