Cream Pemutih Wajah Yashodara

Tips dan Cara Memanjangkan Rambut

rambut hitam panjangMemiliki rambut yang panjang tebal, hitam dan lurus sangat didambakan hampir semua wanita. Tampil dengan rambut panjang terurai ke bawah pasti menjadi perhatian banyak lelaki. Rambut menjadi salah satu titik perhatian ketika lelaki bertemu dengan wanita.

Rambut sebagai mahkota bagi wanita sangat perperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka.

Untuk mewujudkan hal tersebut terkadang sangat sulit terutama bagi mereka yang memiliki pertumbuhan rambut yang lambat atau masalah kesehatan rambut lainnya.

Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang menginginkan rambut panjang tapi terkendala dengan masalah pertumbuhan rambut, berikut ini kami akan memberikan sejumlah tips dan cara memanjangkan rambut.

Olahraga

Olah raga secara rutin akan merangsang darah mengalir. Darah yang membawa nutrisi ini akan memelihara setiap folikel rambut dan akhirnya akan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Jika  aliran darah kurang lancar, maka akan menghasilkan pertumbuhan rambut kusam dan lebih rapuh. Selain memperlancar sirkulasi darah, olahragan secara rutin juga akan mengurangi stress sehingga menjaga rambut dari kerontokkan.

Hormon

Hormon yang berperan adalah androgen terutama testosteron yang merangsang pertumbuhan rambut, estrogen, tiroksin dan kortikosteroid. Makanan yang dapat meningkatkan produksi hormon testoteron antara lain tiram mentah, asparagus, daging sapi rendah lemak, kacang-kacangan, telur, daging unggas, bawang putih, nasi coklat, gandum, keju dan ikan.

Nutrisi

Diet dan nutrisi yang seimbang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut manusia. Asam lemak esensial omega-3, protein, vitamin B12, vitamin B3 dan besi yang banyak ditemukan pada berbagai jenis ikan, akan mencegah kekeringan pada kulit kepala dan warna rambut yang tidak normal. Selain itu, sayuran hijau gelap mengandung banyak vitamin A dan C, yang bisa membantu produksi sebum dan menyediakan kondisioner rambut alami.

Kacang-kacangan mengandung protein untuk meransang pertumbuhan rambut dan juga mengandung besi, seng, dan biotin. Biotin fungsi untuk mengaktifkan enzim tertentu yang membantu dalam metabolisme karbon dioksida serta protein, lemak, dan karbohidrat.

Kekurangan dalam asupan biotin dapat menyebabkan rambut rapuh dan dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk menghindari kekurangan biotin disarankan banyak mengkonsumsi gandum sereal, hati, kuning telur, tepung kedelai, dan ragi.

Kacang mengandung sumber selenium yang tinggi dan karena itu penting untuk kulit kepala yang sehat. Asam linoleat alfa dan seng juga ditemukan dalam beberapa kacang-kacangan dan bantuan kondisi rambut dan mencegah rambut penumpahan yang dapat disebabkan oleh kurangnya seng.

Kekurangan protein dapat menyebabkan rambut lemah dan rapuh, dan akhirnya dapat mengakibatkan kehilangan warna rambut. Produk susu rendah lemak adalah sumber yang baik untuk kalsium

Kekurangan nutrisi berpengaruh pada pertumbuhan rambut terutama malnutrisi protein dan kalori. Pada keadaan ini rambut menjadi kering dan kusam.Kekurangan vitamin B12, asam folat, dan zat besi juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Vaskularisasi

Peredaran darah yang baik akan mengedarkan nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh, termasuk daerah kepala. Sebagaimana diketahui, pertumbuhan rambut juga memerlukan oksigen. Untuk meningkatkan vascularisasi ke daerah rambut, lakukan pemijatan kepala secara rutin.

Suhu Kulit

Menjaga suhu kulit kepala dengan memakai pelindung kepala terutama pada suhu panas dapat menstabilkan pertumbuhan rambut dan menjaganya dari kerontokan dan rambut rusak.

*********

Itulah beberapa tips dan cara memanjangkan rambut yang bisa Anda coba. Tak ada cara alami yang lebih baik selain perawatan dari dalam diri sendiri.

Salam cantik!