8 Tips Merawat dan Menjaga Keindahan Kuku

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebagian besar perempuan lebih memperhatikan wajah mereka dibanding kuku. Mungkin disebabkan wajah merupakan bagian tubuh yang paling utama yang terlihat oleh orang lain. Tak heran bila kemudian mereka mengalokasikan banyak waktu dan uang untuk mengurus wajah mereka. Sebagai bagian dari anggota tubuh, kuku seharusnya mendapat perhatian esktra juga seperti bagian tubuh lainnya.

Kuku tidak bisa disepelekan. Dari kuku, orang bisa membaca bagaimana kepribadian dan kebiasaan seorang perempuan. Selain itu, kecantikan wajah dan bagian tubuh lainnya tidak akan lengkap kalau kuku tidak terjaga kecantikan dan keindahannya.

Nah, berikut ini cara merawat dan menjaga keindahan kuku agar anda bisa tampil cantik maksimal.

Kuku panjang

Kuku pendek identik dengan sesuatu yang positif selama kebersihannya terjaga. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa perempuan berkuku panjang merupakan perempuan malas dan perempuan berkuku pendek merupakan perempuan yang rajin. Orang yang kukunya panjang memang cenderung malas mengerjakan sebuah pekerjaan karena takut kukunya akan rusak.

Jika memang ingin memanjangkan kuku, sebaiknya panjangkan sewajarnya. Kuku yang terlalu panjang juga kurang bagus dilihat dan bisa menakutkan sebagian orang. Hal ini akan mempengaruhi penampilan seseorang. Kuku yang panjang juga rentan dengan rasa sakit karena bisa saja terkena benda tertentu dan patah.

Pewarna kuku yang sesuai

Tidak semua pewarna kuku yang sesuai dengan seseorang. Warna kulit juga mempengaruhi pemakaian warna kuku. Jika kulit Anda berwarna gelap, sebaiknya hindari memakai pewarna kuku yang terlalu terang. Warna merah tua merupakan pilihan yang standar bagi siapapun.

Potong kuku secara teratur

Berbagai aktivitas membuat kuku dimasuki oleh kotoran. Oleh karena itu, jagalah kebersihannya dengan memotong kuku secara teratur. Kuku yang kotor menggambarkan perempuan yang kurang bisa menjaga dan merawat diri. Ini akan mempengaruhi citra diri dan kepercayaan diri. Jangan sampai penampilan oke tapi kuku malah hitam karena kotor dan lupa memotongnya. Selain itu, gunakanlah pemotong kuku khusus untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tenang dan tidak tergesa-gesa memotong kuku

Memotong kuku dianjurkan dalam keadaan tenang sehingga selain aman terhindar dari luka juga bisa membuat bentuk kuku lebih sempurna. Memotong kuku secara tergesa-gesa tidak akan maksimal. Kuku bisa rusak, bentuknya tidak teratur serta  juga ditakutkan melukai bagian jari sehingga perih dan berdarah.

Potong kuku ketika lembab

Memotong kuku ketika kuku kering akan sedikit susah karena kuku akan terasa lebih keras. Selain lebih banyak mengeluarkan energi, hasilnya juga kurang baik. Memotong kuku setelah mandi akan sangat membantu untuk mendapat hasil yang lebih baik. Disamping itu, untuk membuat kuku lembab dan mudah dipotong juga bisa dengan merendam dalam air hangat.

Memakai cream pelembab kuku

Kuku yang terlalu kering akan mudah patah. Sebaiknya gunakanlah pelembab agar kuku tetap dalam keadaan normal. Harus diketahui bahwa tidak semua orang kukunya kering dan mudah patah.  Jika kuku Anda tidak bermasalah, hindarilah penggunaan krim pelembab karena sama saja dengan pemborosan.

Menunjang pertumbuhan kuku

Tahukah Anda bahwa kuku juga memerlukan asupan vitamin tertentu untuk bisa terus tumbuh dengan baik. Keratin sangat membantu perkembangan kuku. Berbagai makanan, buah dan sayur yang mengandung Vitamin A, B, C, D dan K sangat baik untuk kuku.

Gunakan sesuai fungsinya

Rawatlah kuku sebaik mungkin dengan menggunakannya sesuai fungsinya. Jangan menggunakan dan memaksakan kuku untuk kegiatan berat yang bisa merusak kuku.  Juga ketika akan bersentuhan dengan zat-zat kimia, sebaiknya melindungi kuku dengan memakai sarung tangan pelindung.

**

Dari beberapa tips di atas dapat disimpulkan bahwa merawat dan menjaga keindahan kuku juga terkait dengan kebiasaan. Milikilah kebiasaan yang baik dan gunakan berbagai strategi yang bisa mendukung kebersihan, kekuatan dan keindahan kuku agar Anda bisa tampil percaya diri.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *